PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH

  • Dwi Wahyu Ningtyas
Abstract views: 172 , PDF downloads: 115
Keywords: produk, harga, tempat, promosi, keputusan nasabah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya lembaga asuransi, baik asuransi konvensional maupun asuransi syariah. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah yang dilakukan penelitian pada Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan hari tua dan mitra iqra plus di Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 yang berjumlah 3.120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitiannya yaitu 97 responden. Tahap selanjutnya data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:

Y = 4,546 + 0,214 (X1) + 0,357 (X2) + 0,115 (X3) + 0,071 (X4)

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Zainudin, 2008. Hukum Asuransi Syariah, Jakarta: Sinar Grafika.
Amrin, Abdullah, Strategi Pemasaran Asuransi Syariah, Jakarta: Grasindo. 2007.
Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era
Globalisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi
Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Drucker, Peter F., 1973. Management: Tasks, Responsibilitices. New York:
Harper & Row.
Kasmir, 2003. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir, 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.
Kotler, Philip, 1987. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Intermedia.
Muhammad, 2000. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII
Press.
Negara, Anwar Prabowu Manku, 2001. Perilaku Konsumen. Bandung: PT Revika
Adiatam.
Oentoro, Deliyanti, 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laks
Bang Presindo.
Sopiah, & Eta Mamang Sangadji, 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktik
Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Sudarsono, Heri, 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah: Deskripsi dan
Ilustrasi. Yogyakarta: EKONISIA.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, Ahmad Tanzeh, 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.
Tjiptono, Fandy, 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Yogyakarta: UII Press.

PlumX Metrics

Published
2023-10-03
How to Cite
Ningtyas, D. W. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 22-43. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3227