PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya lembaga asuransi, baik asuransi konvensional maupun asuransi syariah. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah yang dilakukan penelitian pada Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan hari tua dan mitra iqra plus di Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 yang berjumlah 3.120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitiannya yaitu 97 responden. Tahap selanjutnya data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 4,546 + 0,214 (X1) + 0,357 (X2) + 0,115 (X3) + 0,071 (X4)
Downloads
References
Amrin, Abdullah, Strategi Pemasaran Asuransi Syariah, Jakarta: Grasindo. 2007.
Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era
Globalisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi
Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Drucker, Peter F., 1973. Management: Tasks, Responsibilitices. New York:
Harper & Row.
Kasmir, 2003. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir, 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.
Kotler, Philip, 1987. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Intermedia.
Muhammad, 2000. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII
Press.
Negara, Anwar Prabowu Manku, 2001. Perilaku Konsumen. Bandung: PT Revika
Adiatam.
Oentoro, Deliyanti, 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laks
Bang Presindo.
Sopiah, & Eta Mamang Sangadji, 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktik
Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Sudarsono, Heri, 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah: Deskripsi dan
Ilustrasi. Yogyakarta: EKONISIA.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, Ahmad Tanzeh, 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.
Tjiptono, Fandy, 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Yogyakarta: UII Press.
Copyright (c) 2023 Dwi Wahyu Ningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License