PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES MAHASISWA PADA MATERI FERMENTASI

  • Dwi Kameluh Agustina
  • Dian Puspita Anggraini
Abstract views: 314 , PDF downloads: 327
Keywords: praktikum, inkuiri terbimbing, fermentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan proses
mahasiswa melalui penerapan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri
terbimbing materi Fermentasi. Jenis penelitian yang digunakan
penelitian tindakan kelas. dengan subyek penelitian mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah Pengantar Bioteknologi materi Fermentasi
Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 berjumlah 25 orang
mahasiswa. Teknik pengambilan data dalam bentuk observasi aktivitas
dosen dan ketrampilan proses mahasiswa pada pemebelajaran
praktikum berbasis inkuri terbimbing. Data dianalisis menggunakan
analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas
dosen selama pembelajaran pada siklus 1 dengan nilai 61 pada kriteria
cukup dan meningkat di siklus 2 dengan nilai 72 pada kriteria baik. Nilai
ketuntasan klasikal pada ketrampilan proses mahasiswa di siklus 1
adalah 0% (sangat baik), 0% (baik), 24% (cukup), dan 76% (kurang
baik), sedangkan pada siklus 2 adalah 0% (sangat baik), 80% (baik),
12% (cukup), dan 8% (kurang baik) bedasarkan nilai ketuntasan
klasikal 80% di siklus 2 maka indikator keberhasilan telah tercapai.
Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing mendapatkan
tanggapan yang positif dari mahasiswa untuk diterapkan pada materi
fermentasi. berdasarkan hasil yang diperoleh maka penerapan
pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan
ketrampilan proses mahasiswa pada materi Fermentasi

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-06-30
How to Cite
Agustina, D. K., & Anggraini, D. P. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES MAHASISWA PADA MATERI FERMENTASI. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 144-153. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i2.508
Section
Articles