Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatan keterampilan proses sains siswa dan hasil beljaar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SDN 1 Tikonu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 1 Tikonu pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan dari siklus I dengan skor rata-rata keterampilan proses sains 2,6 pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II skor rata-rata 3,4 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 46,6% sedangkan pada sikluss II meningkat menjadi 83,3%.
Downloads
References
W. Sri Anitah, Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Press, 2018.
Rustaman, Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.
R. W. Dahar, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011.
N. Y. Rustaman, “Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains,” Semin. Nas. II Himpun. Ikat. Sarj. dan Pemerhati IPA Indones., 2005.
F. Beichumila, B. Bahati, and E. Kafanabo, “Students ’ Acquisition of Science Process Skills in Chemistry through Computer Simulations and Animations in Secondary Schools in Tanzania,” vol. 21, no. 3, pp. 166–195, 2022.
L. Robiatul, S. Setiono, and S. Suhendar, “Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem,” Biodik, vol. 6, no. 4, pp. 519–525, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i4.10295.
M. Mahmud, “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantukan Media Card Sort Sdn 6 Menteng,” Pros. Pendidik. Profesi Guru …, vol. 1, pp. 395–404, 2022, [Online]. Available: https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/994
S. O. Kondoalumang, M. E. Rindengan, and J. M. Sumilat, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2710–2716, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2492.
Sanjaya, Model Pegajaran dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
S. Ayuningrum, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi …,” J. Ilm. Edunomika, vol. 4, no. 1, pp. 22–30, 2022, [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/mlnxr6ogevfxtdjr5pcbt4sunm/access/wayback/https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/download/5698/pdf
A. Setyandari, “Inovasi Pemanfaatan Media Film Untuk Peningkatan Kemampuan Listening Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.,” Magistra, vol. 1, no. 2, 2015.
Istarani, Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 2016.
A. dan Rusman, Classroom Action Research : Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada, 2020.
A. Suharsimi, Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.
S. Nurdin, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI MIN Rukoh Banda Aceh,” Pionir J. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 159–179, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/10621
R. Y. Putri, S. Sudarti, and T. Prihandono, “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 497–502, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3145.
W. Indah Purnamasari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun Ajaran 2016/2017,” Simki-Pedagogia, vol. 01, no. 02, pp. 1–11, 2017.
Rahmawati, N. Azmi, and R. Y. Gloria, “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Ekosistem Kelas VII di MTs Salafiah Bode Plumbon Cirebon,” J. Ilmu Alam Indones., vol. 1, no. 2, pp. 82–93, 2018.
D. Agnafia, Q. Anfa, and A. Rizkia, “Improvement of Science Attitude Through Scientific Aproach in Environmental Science Course,” Journnal Biol. Learn., vol. 4, no. 1, pp. 45–53, 2022.
A. N. Laely, S. Nurohman, and P. Widhy, “Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Dipadu Dengan Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Vii Smp,” E-Jurnal Pendidik. IPA, vol. 7, no. 7, pp. 337–347, 2018.
Sabar Ahmad and Napitulu Efendi, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD,” J. Teknol. Pendidikan, vol. 15, no. 2, pp. 138–146, 2022.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).