Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Etnosains sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis

  • Anis Zahrotin Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi
  • Army Al Islami Ali Putra Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi
  • Lucky Amatur Rohmani Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi
  • Ratna Tri Widyawati Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi
Abstract views: 91 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 54
Keywords: Budaya; Artikel; Literasi

Abstract

Pembelajaran etnosains diyakini dapat menumbuhkan sikap berpikir kritis siswa melalui sikap ilmiah yang mereka terapkan selama proses pembelajaran. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis etnosains sebagai upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis dengan mengumpulkan 8 artikel ilmiah yang bersumber dari Google  Scholar dan  Portal Garuda pada  rentang tahun 2017-2024.  Analisis artikel dilakukan dengan melihat tingkat literasi sains melalui kegiatan pretest dan  posttes. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan metode konvensional, sebagaimana terlihat dari kenaikan skor posttes di kelas eksperimen. Efektivitas pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan bahwa nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan tingkat efektivitas sedang hingga tinggi, dengan gain terbesar sebesar 0,67. Faktor yang berkontribusi pada keberhasilan ini termasuk relevansi materi dengan konteks budaya siswa, peningkatan motivasi belajar, serta penggunaan modul berbasis etnosains yang dirancang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. K. N. Alfaeni and Y. Rachmawati, “Etnoparenting: Pola Pengasuham Alternatif Masyarakat Indonesia,” Aulad J. Early Child., vol. 6, no. 1, pp. 51–60, 2023, doi: 10.31004/aulad.v6i1.432.

N. Azizah and S. Premono, “Identifikasi Potensi Budaya Lokal Berbasis Etnokimia Di kabupaten Bantul,” J. Trop. Chem. Res. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 53–60, 2021, doi: 10.14421/jtcre.2021.31-06.

A. Musanna, “INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 1, pp. 117–133, 2017, doi: 10.24832/jpnk.v2i1.529.

D. Lidyawati, “Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasisetnosains terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran biologi diSMAN 14 bandar lampung,” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.

N. Aza, R. Fine, and Mudzanatun, “Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 8, no. 3, pp. 457–467, 2020.

M. iman Sari, Sudarmin, and W. Sumarni, “Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 12, no. 2, pp. 2202–2211, 2018.

R. Widyaningrum, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar,” Widya Wacana J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 26–32, 2018, doi: 10.33061/ww.v13i2.2257.

W. Y, “Pembelajaran Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 140–147, 2017.

S. B. Sartika, N. Efendi, and F. E. Wulandari, “Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.24269/dpp.v10i1.4758.

OECD, PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). 2017.

L. Fradisa and K. Kartika, “Implementasi Modul Berbasis Etnosains Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan,” J. Kesehat. Tambusai, vol. 4, no. 4, pp. 6516–6523, 2023, doi: 10.31004/jkt.v4i4.22330.

Wiwin & Sudarmin.2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa.Unnes Science Education Journal.

Nurhasnah, Lufri, & Asrizal. 2022. Effect size analysis of the implications ethnoscience approach to the improvement of 21st century skills in science learning. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 6(3):287-299.

Sumalong, O., Kade, A., & Muslimin, M. 2021. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam strategi penalaran kausal berbasis etnosains terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Kreatif Online, 9(2):64–71.

Yuliana, I. 2021. The Effect of ethnoscience-themed picture books embedded within context-based learning on students’ scientific literacy. Eurasian Journal of Educational Research, 92:317–334.

PlumX Metrics

Published
2025-01-28
How to Cite
Zahrotin, A., Ali Putra, A. A. I., Rohmani, L. A., & Widyawati, R. T. (2025). Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Etnosains sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 156-163. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4115