Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Etnosains sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Pembelajaran etnosains diyakini dapat menumbuhkan sikap berpikir kritis siswa melalui sikap ilmiah yang mereka terapkan selama proses pembelajaran. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis etnosains sebagai upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis dengan mengumpulkan 8 artikel ilmiah yang bersumber dari Google Scholar dan Portal Garuda pada rentang tahun 2017-2024. Analisis artikel dilakukan dengan melihat tingkat literasi sains melalui kegiatan pretest dan posttes. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan metode konvensional, sebagaimana terlihat dari kenaikan skor posttes di kelas eksperimen. Efektivitas pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan bahwa nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan tingkat efektivitas sedang hingga tinggi, dengan gain terbesar sebesar 0,67. Faktor yang berkontribusi pada keberhasilan ini termasuk relevansi materi dengan konteks budaya siswa, peningkatan motivasi belajar, serta penggunaan modul berbasis etnosains yang dirancang dengan baik.
Downloads
References
D. K. N. Alfaeni and Y. Rachmawati, “Etnoparenting: Pola Pengasuham Alternatif Masyarakat Indonesia,” Aulad J. Early Child., vol. 6, no. 1, pp. 51–60, 2023, doi: 10.31004/aulad.v6i1.432.
N. Azizah and S. Premono, “Identifikasi Potensi Budaya Lokal Berbasis Etnokimia Di kabupaten Bantul,” J. Trop. Chem. Res. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 53–60, 2021, doi: 10.14421/jtcre.2021.31-06.
A. Musanna, “INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 1, pp. 117–133, 2017, doi: 10.24832/jpnk.v2i1.529.
D. Lidyawati, “Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasisetnosains terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran biologi diSMAN 14 bandar lampung,” Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.
N. Aza, R. Fine, and Mudzanatun, “Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 8, no. 3, pp. 457–467, 2020.
M. iman Sari, Sudarmin, and W. Sumarni, “Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 12, no. 2, pp. 2202–2211, 2018.
R. Widyaningrum, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar,” Widya Wacana J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 26–32, 2018, doi: 10.33061/ww.v13i2.2257.
W. Y, “Pembelajaran Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 140–147, 2017.
S. B. Sartika, N. Efendi, and F. E. Wulandari, “Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.24269/dpp.v10i1.4758.
OECD, PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). 2017.
L. Fradisa and K. Kartika, “Implementasi Modul Berbasis Etnosains Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan,” J. Kesehat. Tambusai, vol. 4, no. 4, pp. 6516–6523, 2023, doi: 10.31004/jkt.v4i4.22330.
Wiwin & Sudarmin.2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa.Unnes Science Education Journal.
Nurhasnah, Lufri, & Asrizal. 2022. Effect size analysis of the implications ethnoscience approach to the improvement of 21st century skills in science learning. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 6(3):287-299.
Sumalong, O., Kade, A., & Muslimin, M. 2021. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam strategi penalaran kausal berbasis etnosains terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Kreatif Online, 9(2):64–71.
Yuliana, I. 2021. The Effect of ethnoscience-themed picture books embedded within context-based learning on students’ scientific literacy. Eurasian Journal of Educational Research, 92:317–334.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).