Designing a Digital Al-Qur’an Application for Featuers Color Tajwid Using Personal Extreme Programming Method
Keywords:
Tajwid Berwarna, Al-Qur’an Digital, React Native, Personal Extreme Programming (PXP), Automated Testing, User Acceptance Testing (UAT)Abstract
Abstract: Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Al-Qur'an digital dengan fitur tajwid berwarna interaktif menggunakan metode Personal Extreme Programming (PXP). Aplikasi dirancang agar pengguna dapat membaca Al-Qur'an sekaligus mempelajari hukum tajwid secara visual melalui sistem pewarnaan. Pengembangan dilakukan iteratif selama 5 siklus dalam 34 hari kerja menggunakan framework React Native dan integrasi API Quran.com. Evaluasi dilakukan melalui dua metode pengujian. Automation testing menggunakan Jest menunjukkan hasil unit test dengan capaian rata-rata 77,34% (statements), 69,33% (branches), 81,97% (functions), dan 77,70% (lines). File translationCleaner.js mencapai 100% coverage, sedangkan CompactMusicPlayer.js hanya 56,31%. Integration test menunjukkan hasil sangat baik dengan sebagian besar file di atas 90% coverage, meskipun TabNavigator.js hanya mencapai 55,31%. User Acceptance Testing (UAT) terhadap 24 responden dengan 21 pertanyaan menunjukkan 20 pertanyaan berkategori "Sangat Baik" (>80%). Nilai tertinggi 91,67% pada aspek bantuan materi tajwid untuk kemampuan membaca, nilai terendah 75% pada kualitas materi tajwid. Penelitian menyimpulkan metode PXP efektif untuk membangun aplikasi edukatif skala kecil dengan pendekatan iteratif yang memungkinkan respons cepat terhadap kebutuhan pengguna, menghasilkan aplikasi yang memenuhi ekspektasi.
References
Di bawah ini adalah daftar referensi yang sudah diatur sesuai perintah, di mana setiap referensi diletakkan pada baris yang terpisah.
Afrianto, I., Heryandi, A., Finadhita, A., & Atin, S. (2021). User Acceptance Test For Digital Signature Application In Academic Domain To Support The Covid-19 Work From Home Program. 5(36).
Kasoni, D., Liesnaningsih, L., & Afif, F. F. (2024). Perancangan Sistem Pembelajaran Al-Quran Berbasis Android Dengan Metode Extreme Programming. JIKA (Jurnal Informatika), 8(1), 89. [https://doi.org/10.31000/jika.v8i1.10270](https://doi.org/10.31000/jika.v8i1.10270)
Kumar, D., & Mishra, K. K. (2016). The Impacts of Test Automation on Software’s Cost, Quality and Time to Market. Procedia Computer Science, 79, 8–15. [https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.03.003](https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.03.003)
Kurniawan, K., & Yulhendri, Y. (2023). Pemanfaatan Framework React Native dalam Perancangan Aplikasi Penjualan Merchandise. NUCLEUS, 4(2), 84–97. [https://doi.org/10.37010/nuc.v4i2.1369](https://doi.org/10.37010/nuc.v4i2.1369)
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur′an. (2011). Pedoman Tajwid Sistem Warna. [https://tashih.kemenag.go.id/uploads/1/2019-08/buku_pedoman_tajwid_sistem_warna.pdf](https://tashih.kemenag.go.id/uploads/1/2019-08/buku_pedoman_tajwid_sistem_warna.pdf)
M. Alagrami, A., & M. Eljazzar, M. (2020). Smartajweed Automatic Recognition of Arabic Quranic Recitation Rules. Computer Science & Information Technology (CS & IT), 145–152. [https://doi.org/10.5121/csit.2020.101812](https://doi.org/10.5121/csit.2020.101812)
Mahkfudz, Nurpriatna, A., & Palah. (2021). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur`an. Rayah Al-Islam, 5(02), 779–791. [https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.714](https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.714)
Melia, S., & Putra, F. P. (2023). Comparative Analysis of Automated Testing Tools on GUI WEB-Based Applications.
Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan Membaca Al-Quran dengan Tajwid. Serambi Tarbawi, 8(2), 147–162. [https://doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5072](https://doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5072)
Oladapo Adeboye Popoola, Henry Ejiga Adama, Chukwuekem David Okeke, & Abiodun Emmanuel Akinoso. (2024). Conceptualizing Agile Development In Digital Transformations: Theoretical Foundations And Practical Applications. Engineering Science & Technology Journal, 5(4), 1524–1541. [https://doi.org/10.51594/estj.v5i4.1080](https://doi.org/10.51594/estj.v5i4.1080)
Sari, I. P., Purnama, I., & Ritonga, A. A. (2021). Implementasi API pada Aplikasi Al-Qur’an Berbasis Android dengan Metode UCD. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(2), 615. [https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2913](https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2913)
Setiawan, R. (2021, October 19). Apa Itu React Native? Apa Kelebihan dan Kekurangannya? Dicoding Blog. [https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-react-native/](https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-react-native/)
Sholeh, M., Ridhoni, I. W., & Basuki, U. J. (2022). Pengembangan Aplikasi Alquran Online Dengan Memanfaatkan Rest Api. Device, 12(2), 1–9. [https://doi.org/10.32699/device.v12i2.2861](https://doi.org/10.32699/device.v12i2.2861)
Syaifullah, M., Jannah, M., Fradila, N., Ningrum, P. P., & Nasution, W. (2022). The Implementation Of The Science Of Tajwd In Learning Of The Al-Qur’an With The Tajwid Wheel Method To Develop The Reading Of The Qur’an In.
Ulfi, M., Marthasari, G. I., & Nuryasin, I. (2020). Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan. 2(3).
Wibowo, M. I., Brata, A. H., & Brata, K. C. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pengobatan Tuberculosis Berbasis Android Menggunakan Personal Extreme Programming (Studi Kasus: Puskesmas Polowijen).
Yani, A., Putra, H., Andika, A., Nisa, M. K., & Yunus, E. M. (2021). Studi Perbandingan Fitur-Fitur Aplikasi Al-Quran Digital Karya Greentech Apps Foundation dan Aplikasi Al-Quran Muslim Media untuk Mengetahui Perbedaan Kedua Fitur aplikasi.Jurnal Riset Agama, 1(3), 132–156. [https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15089](https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15089)
Yaqin, Moh. A. (2022). Aplikasi Go-Qur’an Berbasis Web dan android. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 3(1), 18–21. [https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3644]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nugroho Nurwanda Zakaria, Zunita Wulansari , Abdi Pandu Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
