Android-Based Learning Media Animation for Recognizing Letters and Numbers (Case Study: SDN 175740 Aeksiansimun)


Abstract
Media pembelajaran pengenalan huruf dan angka yang diajarkan untuk pendidikan anak kelas I pada SDN 175740 Aeksiansimum selama ini umumnya masih menggunakan buku besar ataupun buku tematik. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan agar membuat suatu inovasi baru dalam membuat media pembelajaran yang akan menarik minat belajar dan pengetahuan siswa didalam megenal huruf dan angka diterapkan kedalam media pembelajaran berbasis animasi. Media pembelajaran pengenalan huruf dan angka yang ditampilkan akan diimplementasikan kedalam animasi sehingga siswa tidak bosan dan aktivitas belajar menjadi menyenangkan. Animasi adalah gambar bergerak, dimana dapat membuat sebuah gambar ataupun tulisan menjadi terlihat hidup karena memiliki gerakan, Gerakan inilah yang merupakan salah satu daya tarik dari media animasi. Media pembelajaran yang dimaksud adalah Aplikasi pembelajaran pengenalan huruf dan angka berbasis animasi.
Downloads
References
[2] Trisiana, A. (2020) ‘Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), p.
[3] Aji, W.N. (2020) ‘Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam’, Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp. 57–66. Available at: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/download/2201/1610.
[4] Putra, G.L.A.K. (2019) ‘Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube’, Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2, pp. 259–265. Available at: https://cashbac.com.
[5] Zebua, T., Nadeak, B. and Sinaga, S.B. (2020) ‘Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D’, Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), pp. 18–21.
[6] Theresia Wihelmina Mado, Yohanes Jibrail Mado, G. (2021) ‘APLIKASI MULTIMEDIA PEMBALAJARAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK - ANAK’.
[7] Bahtiar, L.S. and Raya, U.P. (2022) ‘Rancangan Aplikasi Profile Berbasis Android’, (May), pp.
[8] Rati, R.A. (2022) ‘Perancangan Aplikasi Mobile Menggunakan Android Studio dan Demo Perancangan Aplikasi Mobile Menggunakan Android Studio dan Demo Aplikasi CRUD Biodata’, (May).
[9] Amandus Hutasoit, S. (2021) ‘PenPembelajaran Teacher Centered Learning ( Tcl) Dan Project Based Learning ( Pbl ) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah Dan Peninjauan Karakter Siswa’, Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi) Indonesia ( Japendi ), 2(10), pp. 1775–1799.
[10] Aprilia, N. et al. (2020) ‘APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS’, pp. 967–980.
[11] Aurora, A. and Effendi, H. (2019) ‘JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang’, Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), pp. 11–16. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.
[12] Gunawan, V.A. et al. (2021) ‘Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang’, 7(3). Hardika, R.T. (2021) ‘Pengembangan Learning Management System (Lms) Dalam Implementasi Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi’, Perspektif, 1(2), pp. 143–150. doi:10.53947/perspekt.v1i2.14.
[13] Harefa, D. et al. (2020) ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika’, JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), p. 13. doi:10.30998/jkpm.v6i1.6602.
[14] Hoetamy, D.M., Nugroho, A. and Harris, A. (2020) ‘Perancangan E-Learning Pada SMK Veteran Kota Jambi Berbasis Android’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 2(2), pp. 172–185. Available at: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/849.
[15] Hutabri, E. (2019) ‘Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia’, Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(2), pp. 57–62. doi:10.37058/innovatics.v1i2.932.
[16] Luis, F. and Moncayo, G. (no date) ‘Menerjemahkan Perubahan Dari TCL (Teacher Center Learning) Ke SCL (Student Center Learning) I Ketut Muliarta Sekolah Dasar Negeri 2 Seraya Barat’, 1(9), pp. 76–86.
[17] Melya Nur Yati, N.R. (2018) ‘Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android’, Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), pp. 89–97.
[18] Panggabean, T.E. (2021) ‘Model Intelligence Computer Assisted Instruction PjBL berorientasi High Order Thinking Skill.’, (1996), p. 6.
Copyright (c) 2023 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License