Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Menerapkan Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan
Abstract
Prospek ekonomi di Blitar yang bagus, menjadikan pertumbuhan kredit ritel komersial beberapa tahun ke depan diprediksi juga meningkat. Peluang yang besar tersebut harus direspon Maybank KCP Blitar dengan mempersiapkan tenaga marketing yang lebih kompetitif dalam melakukan Relationship Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan relationship marketing dan kualitas layanan pada kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Marketing (CRM) dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dapat memberikan kepuasan pada pelanggan, dan Customer Relationship Marketing dan kualitas layanan secara bersamaan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Hariyanto, & Nafi’ah, B. (2022). Pengaruh Aktivitas Lembaga Keuangan Syariah terhadap Pertumbuhan Pembiayaan UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 945–954.
Hariyono, P. A., Laely, N., & Prastiti, E. (2019). Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kab. Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 189. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314
Hill, N., & Alexander, J. (2017). The Handbook of Customer Satisfaction and Loyalty Measurement. Taylor \& Francis. https://books.google.co.id/books?id=Gd5ADgAAQBAJ
Klaudia, S., Riwayanti, D. R., & Aminatunnisa. (2017). Menggali Realitas Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi, 2(1), 49–64.
Luis, F., & Moncayo, G. (2016). STRATEGI PEMBINAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SUMENEP Rillia. Jurnal Manajemen, 9(1).
Panjaitan, H., & Djunaedi. (2017). Product Advantage , Customer Relationship Marketing , and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130.
Ratnawati, S. (2015). Ekonomi Kreatif dan Kaizen. 1–27.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ
Saputra, & Arinigsih. (2014). Masa Depan Penerapan Stategi Relantionship Marketing Pada Industri Jasa. Manajemen Dan Bisnis, 10(1).
Setyowati, T. (2016). ANALISIS KARAKTERISTIK INDIVIDUAL , KOMPETENSI DAN ( Studi Pada Perusahaan PT . Mangli Djaya Raya Jember ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 68–82.
Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], 1(1), 40–49.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Ustaahmetoğlu, E. (2020). The influence of different advertisement messages and levels of religiosity on attitude and purchase intention. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(2), 339–356. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2019-0064
Utami, V. W. S. L. R. (2019). The Master Book of SPSS. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=KdjyDwAAQBAJ
Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.