PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA
PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi marketing communication terhadap brand image PT Tokopedia. Marketing Communication dapat dinilai dari 5 karakter yaitu advertising, sales promotion, event, public relations dan personal selling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuosioner kepada 48 responden yang merupakan karyawan Tokopedia divisi Marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Marketing Communication terhadap brand image PT Tokopedia yaitu sebesar 61,7%. Indikator yang paling mempengaruhi adalah advertising.
References
Arslan, M and Altuna. (2010). “The Effect of Brand Extentions on Product Brand Image”, Journal of Product Brand Management, Vol.19, No.3: 170-180.
Bungin, B. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada.
Cannon, J. P., Perreault, W.D ., McCarthy, E.J. (2012). 16 th edition. Basic Marketing. New York: Mc Graw-Hill.
Effendy, O, U. (2003). Ilmu Teori dan filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Febriani, K. (2008). Program Loyalitas Pelanggan dalam Meningkatkan Citra Merek Jurnal Bisnis dan Manajemen, Departemen Keuangan Republik Indonesia, Vol. IX No.1, Hal.39-49.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Indeks Kelompok PT. Gramedia.
Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Rehman, S. U., & Ibrahim, M. S. (2011). Integrated Marketing Communication and Promotion. International Refereed Research Journal, II(4), 187–191.
Ridwan, A. (2018). Hal Yang Mengejutkan Tentang Tokopedia. Diperoleh dari :https://medium.com/@ahmadridwan.biz/hal-mengejutkan-tentang-tokopedia-784b3150eeb9
SimiliarWeb. (2016). Diperoleh dari : https://www.similarweb.com/website/tokopedia.com
Soebijito, H. (2016, Agustus 18). Ulang Tahun Ketujuh Tokopedia Catat 16 Juta Pembeli Perbulan. Diperoleh dari : http://wartakota.tribunnews.com/2016/08/18/ulang-tahun-ketujuh-tokopedia-catat-16-juta-pembeli-perbulan
Sondoh, S.L. Omar, M.W., Wahid, N.A., Ismail, I., and Harun, A. (2007). The Effect Of Brand image On Overall Satisfaction And Loyalty Intention In The Context Of Color Cosmetic. Asian Academy of Management Journal, Vol. 12, No. 1, 83–107, January 2007. Malaysia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.
Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Tokopedia. (2018). Diperoleh dari tokopedia.com: https://www.tokopedia.com
Umar H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Wardani, A.S. (2018, Juli 12). Ini 5 e-commerce Paling Top di Indonesia Versi iPrice, Siapa Saja?. Diperoleh dari : https://www.liputan6.com/tekno/read/3585699/ini-5-e-commerce-paling-top-di-indonesia-versi-iprice-siapa-saja
Copyright (c) 2020 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License