PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA

PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA

  • Windy Talitha Iswari The London School of Public Relations
Abstract views: 7345 , PDF downloads: 7938
Keywords: Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Brand Image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi marketing communication terhadap brand image PT Tokopedia. Marketing Communication dapat dinilai dari 5 karakter yaitu advertising, sales promotion, event, public relations dan personal selling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuosioner kepada 48 responden yang merupakan karyawan Tokopedia divisi Marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Marketing Communication terhadap brand image PT Tokopedia yaitu sebesar 61,7%. Indikator yang paling mempengaruhi adalah advertising.

References

Arslan, M and Altuna. (2010). “The Effect of Brand Extentions on Product Brand Image”, Journal of Product Brand Management, Vol.19, No.3: 170-180.

Bungin, B. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada.

Cannon, J. P., Perreault, W.D ., McCarthy, E.J. (2012). 16 th edition. Basic Marketing. New York: Mc Graw-Hill.

Effendy, O, U. (2003). Ilmu Teori dan filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Febriani, K. (2008). Program Loyalitas Pelanggan dalam Meningkatkan Citra Merek Jurnal Bisnis dan Manajemen, Departemen Keuangan Republik Indonesia, Vol. IX No.1, Hal.39-49.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Indeks Kelompok PT. Gramedia.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Rehman, S. U., & Ibrahim, M. S. (2011). Integrated Marketing Communication and Promotion. International Refereed Research Journal, II(4), 187–191.

Ridwan, A. (2018). Hal Yang Mengejutkan Tentang Tokopedia. Diperoleh dari :https://medium.com/@ahmadridwan.biz/hal-mengejutkan-tentang-tokopedia-784b3150eeb9

SimiliarWeb. (2016). Diperoleh dari : https://www.similarweb.com/website/tokopedia.com

Soebijito, H. (2016, Agustus 18). Ulang Tahun Ketujuh Tokopedia Catat 16 Juta Pembeli Perbulan. Diperoleh dari : http://wartakota.tribunnews.com/2016/08/18/ulang-tahun-ketujuh-tokopedia-catat-16-juta-pembeli-perbulan

Sondoh, S.L. Omar, M.W., Wahid, N.A., Ismail, I., and Harun, A. (2007). The Effect Of Brand image On Overall Satisfaction And Loyalty Intention In The Context Of Color Cosmetic. Asian Academy of Management Journal, Vol. 12, No. 1, 83–107, January 2007. Malaysia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tokopedia. (2018). Diperoleh dari tokopedia.com: https://www.tokopedia.com

Umar H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Wardani, A.S. (2018, Juli 12). Ini 5 e-commerce Paling Top di Indonesia Versi iPrice, Siapa Saja?. Diperoleh dari : https://www.liputan6.com/tekno/read/3585699/ini-5-e-commerce-paling-top-di-indonesia-versi-iprice-siapa-saja

PlumX Metrics

Published
2020-06-08
How to Cite
Windy Talitha Iswari. (2020). PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA: PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(2), 24-34. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.978