Implementasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Memahami Kitab Kuning

  • Bibah Roji
  • Salamah Noorhidayati
  • Khoirul Anam
Abstract views: 356 , PDF downloads: 157

Abstract

Sekalipun pendidikan agama Islam dapat dipelajari dan tersedia dalam internet dapat diakses kapanpun dan dimanapun, namun kehadiran seorang kyai, ustaz, guru adalah hal yang tidak kalah penting sebagai sumber informasi dan pendidik mengenai ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode bandongan, metode diskusi dan mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam memahami kitab Kuning. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Peneliti menggunakan tiga pendekatan berbeda untuk memperoleh data: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Temuan penelitian dapat diperoleh dengan menganalisis data yang dikumpulkan yakni mereduksi data, menyajikan fakta, dan menarik kesimpulan untuk mengkaji hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode bandongan dilakukan pada perkuliahan yang berkaitan dengan hadis, fiqh, nahwu, dan tauhid. 2) memasukkan teknik debat ke dalam kelas hadis, nahwu, dan fiqh. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap kitab kuning pada pembelajaran tauhid, nahwu fiqh, dan hadis dengan menekankan nilai-nilai kognitif, emosional, dan psikomotorik.

References

Aly, Abdullah. 2015. “Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta.” Jurnal VARIDIKA 24(4): 23–33.
Am, Qurratul A’yuni, Rohimin, and Nurlalili. 2023. “Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(3): 80–90.
Cahaya Nasution, Nur. 2024. “Penerapan Metode Menghafal Dan Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Nahwu Di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi.” Nur Cahaya Nasution] Dirasatul Ibtidaiyah 4(1): 1–18.
Chandra, Pasmah. 2020. “Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 243.
Creswell, John W. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage.
Dhuha, Mohammad Syamsud, Anwar Sa’dullah, and Dian Mohammad Hakim. 2021. “VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 4 Tahun 2023 ISSN:” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 6(4).
Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Hair, Moh Afiful, and S Wahyuni. 2023. “Desain Pendidikan Agama Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Ziyadatut Taqwa Pamekasan.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 10(4): 394–403.
Halid, Ahmad. 2019. “Kurikulum Pendidikan Pesantren: Mengurai Pembentukan Karakter Nasionalisme Santri.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2): 111.
Haryanti, Nik. 2019. Metode Penelitian Ekonomi. Bandung: Manggu.
Haryanti, Nik, and Luluk Indarti. 2022. “Strategi Pembelajaran Kiai Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Disiplin Santri.” TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam Volume 10(1): 121–36.
Haryanti, Nik, Liatul Rohmah, and Danar Nanda Rachmawati. 2024. “Pengaruh Istighosah Terhadap Pengendalian Emosi Jama’ah Majelis Ta ’ Lim Miftahul Huda Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.” JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama 7(1): 1–14.
Hidayah, Ridho. 2023. “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dalam Metode Sorogan Pada Santri Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (J-PMas) 2(1): 28–35.
Husna, Muhammad Ahsanul. 2018. “Metode Diskusi Dalam Pemebelajaran Kitab Kuning Klasik Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas 6(2): 114–35.
Ifendi, Mahfud. 2021. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 6(2): 85.
Ma’duali, Firman, Siskandar, and Akhmad Sunhaji. 1970. “Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2(02): 232–53.
Miles, matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.
Murtafiah, Nurul Hidayati. 2021. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Al Jurumiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.” An Nida 1(1): 18–25.
Nafsah, Nor Holis bin, and Ahmad Royhan. 2022. “Pengembangan Kemampuan Membaca Kitab Dengan Metode Sorogan Di Madrasah Assunniyyah Kencong Jember.” An-Nuqthah 3(1): 30–38.
Pranata, Sungguh Ponten, and Husriani Husain. 2022. “Pembuatan Mural Islami Sebagai Sarana Edukasi Pada Pesantren Taruna Alqolam Creation Of Islamic Murals As A Means of Education The Alqolam Taruna Islamic Boarding School Universitas Mahkota Tricom Unggul , Medan , Indonesia Institut Turatea Indonesia , Ma.” 2(1): 96–104.
Siregar, Muammar Kadafi. 2018. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3(2): 16–27.
Sufa, Azuma Fela. 2014. “Efekti Fi Tas Metode Pembelajaran Kitab Kuning Azuma Fela Sufa.” Literasi 5(2): 169–86.
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Yoga, Salman. 2019. “Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi.” Jurnal Al-Bayan 24(1): 29–46.

PlumX Metrics

Published
2024-03-30
How to Cite
Roji, B., Noorhidayati, S., & Anam, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Memahami Kitab Kuning. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(1), 81-89. https://doi.org/10.35457/translitera.v13i1.3641
Section
Articles