Persepsi Followers Terhadap Konten Akun Instagram @pmbunisba_blitar
Abstract
Media sosial memiliki kekuatan sosial dan berdampak signifikan dalam membentuk opini publik, sehingga sangat diperlukan strategi yang tepat untuk membentuk opini positif publik. Setiap konten yang terunggah, dapat berpengaruh secara langsung terhadap pandangan publik terhadap akun media sosial tersebut. Bagaimana persepsi followers terhadap akun Instagram @pmbunisba? Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, peneliti menyajikan data berbentuk angka-angka sebelum mendeskripsikan dan menganalisis data untuk menarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram @pmbunisba_blitar. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling dan ditetapkan 100 followers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @pmbunisba_blitar mengunggah konten mengenai informasi pendaftaran, prosedur akademik, hingga konten hiburan. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya mampu membentuk persepsi positif followers terhadap konten akun Instagram @pmbunisba_blitar. Dibuktikan pada nilai mean seluruh indikator persepsi, yang menunjukkan bahwa konten akun Instagram @pmbunisba_blitar tidak cukup interaktif, inspiratif, atraktif, dan entertain. Sedangkan persepsi followers terhadap konten akun Instagram @pmbunisba pada sisi relevan, informatif, dan edukatif sudah cukup positif.
References
Basarah&Gustina, F. F. (2020). Perancangan Konten Edukatif di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat, 5, 24.
Edib, L. (2020). Menjadi Kreator Konten di Era Digital. Yogyakarta: Diva Press.
Enterprise, J. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fahmi, D. (2021). Persepsi:Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Helianthusonfri, J. (2015). Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Blogger. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.
Hermayanto, R. (2023). Strategi Pemasaran UMKM. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Kadarudin. (2020). Cerdas Bermedia Sosial dari Kacamata Hukum. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Keller, P. K. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.
NN. (22 Januari 2022). Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. Retrieved Maret 13, 2023 from Dari https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Qurotul Aini, U. R. (2021). Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan dengan Metode Systematics Review. Journal of Computer Engineering System and Science, 6.1.
Said Ahmad, F. F. (2020). Persepsi Followers terhadap Relationship Goals dalam Video Selebgram Alfy Saga. eJournal Ilmu Komunikasi, 31.
Soesanto, E. A. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Surabaya: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zein, M. F. (2022). Serenade Penyiaran Indonesia. Depok: Mohamad Fahilah Zein Digital Publishing.
Copyright (c) 2024 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License