Persepsi Followers Terhadap Konten Akun Instagram @pmbunisba_blitar

  • Yofa Meilia Putri
Abstract views: 57 , PDF downloads: 29

Abstract

Media sosial memiliki kekuatan sosial dan berdampak signifikan dalam membentuk opini publik, sehingga sangat diperlukan strategi yang tepat untuk membentuk opini positif publik. Setiap konten yang terunggah, dapat berpengaruh secara langsung terhadap pandangan publik terhadap akun media sosial tersebut. Bagaimana persepsi followers terhadap akun Instagram @pmbunisba? Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, peneliti menyajikan data berbentuk angka-angka sebelum mendeskripsikan dan menganalisis data untuk menarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram @pmbunisba_blitar. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling dan ditetapkan 100 followers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @pmbunisba_blitar mengunggah konten mengenai informasi pendaftaran, prosedur akademik, hingga konten hiburan. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya mampu membentuk persepsi positif followers terhadap konten akun Instagram @pmbunisba_blitar. Dibuktikan pada nilai mean seluruh indikator persepsi, yang menunjukkan bahwa konten akun Instagram @pmbunisba_blitar tidak cukup interaktif, inspiratif, atraktif, dan entertain. Sedangkan persepsi followers terhadap konten akun Instagram @pmbunisba pada sisi relevan, informatif, dan edukatif sudah cukup positif.

References

Ardianto, E. (2017). Komunikasi Massa Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
Basarah&Gustina, F. F. (2020). Perancangan Konten Edukatif di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat, 5, 24.
Edib, L. (2020). Menjadi Kreator Konten di Era Digital. Yogyakarta: Diva Press.
Enterprise, J. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fahmi, D. (2021). Persepsi:Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Helianthusonfri, J. (2015). Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Blogger. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.
Hermayanto, R. (2023). Strategi Pemasaran UMKM. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Kadarudin. (2020). Cerdas Bermedia Sosial dari Kacamata Hukum. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Keller, P. K. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.
NN. (22 Januari 2022). Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. Retrieved Maret 13, 2023 from Dari https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Qurotul Aini, U. R. (2021). Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan dengan Metode Systematics Review. Journal of Computer Engineering System and Science, 6.1.
Said Ahmad, F. F. (2020). Persepsi Followers terhadap Relationship Goals dalam Video Selebgram Alfy Saga. eJournal Ilmu Komunikasi, 31.
Soesanto, E. A. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Surabaya: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zein, M. F. (2022). Serenade Penyiaran Indonesia. Depok: Mohamad Fahilah Zein Digital Publishing.

PlumX Metrics

Published
2024-03-30
How to Cite
Putri, Y. M. (2024). Persepsi Followers Terhadap Konten Akun Instagram @pmbunisba_blitar. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(1), 35-46. https://doi.org/10.35457/translitera.v13i1.3618
Section
Articles