PERANAN POSYANDU HARAPAN BUNDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARKAT (Studi pada Dusun Paraan Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)

  • Khusnul Nur Hidayah
  • Diana Elvianita Martanti
Abstract views: 247 , PDF downloads: 1466
Keywords: Peran, Posyandu, Kesehatan

Abstract

Posyandu merupakan organisasi yang di buat oleh pemerintah baik secara struktural maupun pendanaan dibidang kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat guna meningkatkan kualitas kesehatan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Posyandu Harapan Bunda telah memiliki peranan penting dalam melakukan penyuluhan masyarakat terutama dikalangan bawah untuk ikut serta dalam program - program kesehatan masyarakat yang ada di Dusun Paraan supaya kesehatan di dusun Paraan semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan dan program di Posyandu Harapan Bunda dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di dusun Paraan desa Plosorejo yang ada di kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, wawancara, dan dokumen - dokumen lainnya. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2016 di Dusun Paraan Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang telah dilakukan warga di Dusun Paraan adalah melalui program posyandu. Kegiatan-kegiatan di posyandu Harapan Bunda adalah posyandu Balita, Ibu Hamil, dan posyandu lansia. Warga dapat dengan mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan seperti Imunisasi, pemeriksaan tensi, pemeriksaan kesehatan, Keluarga berencana (KB), penimbangan bayi dan balita, penyuluhan, program Kebun Sayur Sehat Balita, Ibu Hamil Sehat, pemantauan jentik, program kolam sehat balita, program senam sehat lansia serta kebun TOGA sehat. Suksesnya program posyandu Harapan Bunda di dusun Paraan tergantung dari aktif atau tidaknya partisipasi masyarakat di dusun Paraan untuk menyukseskan program tersebut. Peran aktif masyarakat penting untuk kelancaran dan keberhasilan program posyandu Harapan Bunda di Dusun Paraan Desa Plosorejo.

PlumX Metrics

Published
2018-03-29
How to Cite
Hidayah, K. N., & Martanti, D. E. (2018). PERANAN POSYANDU HARAPAN BUNDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARKAT (Studi pada Dusun Paraan Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 4(2), Hal. 49-62. https://doi.org/10.35457/translitera.v4i2.352