Analisis Resepsi Edukasi Keuangan dalam Akun Tik Tok @Raymondchins
(Studi pada Mahasiswa Sulawesi Selatan di Yogyakarta)
Abstract
Memasuki zaman modern seperti sekarang ini manusia sudah tidak bisa lepas dari sosial media. Platform tik tok berasal dari negeri Tiongkok September 2016 oleh Zhang Yiming. Dalam pembelajaran sendiri terdapat 5 pokok yang penting yaitu pendidik, peserta didik, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Akun tik tok @raymondchins, akun ini merupakan akun yang memiliki pengikut sebanyak 740.0 ribu pengikut dengan jumlah suka 17.0 juta, akun tik tok ini berfokus pada pemberian pemahaman bagi khalayak masyarakat pengguna tik tok atau yang yang ingin belajar tentang investasi dan keuangan. Dalam peneliti kali ini, peneliti memilih 6 sampel video tik tok dan juga 6 narasumber dari mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang berkuliah di Yogyakarta. Analisis kali ini digunakan adalah analisis resepsi dengan metode kualitatif. Dan dari hasil penelitian kali ini kami dapat menempatkan narasumber berdasarkan tiga tipe posisi khalayak. Posisi dominan, posisi pembaca yang dinegosiasikan, dan posisi pembaca yang oposisi.
References
Adella Aninda Devi. (2021). “PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.” Jurnal EPISTEMA 3(1):83–88. doi: https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990.
Ahmad Setiadi. (2016). “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI.” Cakrawala XVI(02):1–7.
Ambar. (2017). “20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli.” Https://Pakarkomunikasi.Com/. Retrieved November 11, 2022 (https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli).
Ardiansah, Aan. (2020). “Analisis Resepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya Tentang Pesan Youtube Bangga Surabaya.” Skripsi 129.
Febrian. (2012). “ANALISIS RESEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEMARANG TERHADAP TAYANGAN IKLAN TELEVISI LAYANAN SMS PREMIUM VERSI RAMALAN PARANORMAL Febrian.” IV:50-.
Kemp, Simon. (2022). DIGITAL 2022: GLOBAL OVERVIEW REPORT. Amerika Serikat.
Luhfi, Muhammad, Ansor Putra, and Arman Arman. 2021. “Framing of Covid-19 Vaccine News on CNN Website.” ELITE: Journal of English Language and Literature 4(2):234–45. doi: 10.33772/elite.v4i2.1298.
Mahdi, M. Ivan. (2022). “Pengguna Media Sosial Di Indonesia Capai 191 Juta Pada 2022”. Dataindonesia.Id. Retrieved May 1, 2022 (https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022).
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Monavia ayu rizaty. 2022. “Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua Didunia.” Dataindonesia.Id 1. Retrieved May 11, 2022 (https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia).
Mondry. (2008). Pemahaman Teori Dan Praktik Jurnalistik. 1st ed. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pawaka, Dian, and Wahyuni Choiriyati. 2020. “Analisis Resepsi Followers Milenial@ Indonesiafeminis Dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme.” AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi I(1):70–86.
Rachmat Kriyantono. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Ed.1, cet. Jakarta: Kencana.
Rulli Nasrullah. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. edited by N. S. Nurbaya. Bandung.
Umam. (2021). “Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, Dan Perkembangannya.” Gramedia Blog. Retrieved May 1, 2022 (https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/).
Walidin, W., Saifullah, &. Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Winarso, Bambang. (2021). “No TiApa Itu TikTok Dan Apa Saja Fitur-Fiturnya?” Dailysocial. Retrieved May 11, 2022 (https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok).
Yanuar Surya Putra. (2016). “THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI.” Makarti 9(1952):123–34.
Copyright (c) 2023 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License