PEMBINGKAIAN MEDIA ONLINE TENTANG KOREAN WAVE

(Analisis Framing Berita di Kompas.com dan Republika.com)

  • Lukman Hakim IAIN Kediri
  • Maghfirotus Sa’idah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Abstract views: 515 , PDF downloads: 439

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis framing berita Korean Wave di media pemberitaan online Kompas.com dan Republika.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis framing Robert N Entmant. Peneliti menganalisis proses media dalam membingkai dan menyeleksi suatu berita yang kemudian isu apa yang akan ditonjolkan oleh media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online Kompas.com dan Republika.com menyampaikan informasi serta bingkai berita yang berbeda. Media Kompas.com membingkai isu Korean wave sebagai sesuatu yang lumrah terjadi dan sedang digemari oleh para remaja. Sedangkan Republika.com dalam membingkai berita tentang Korean wave sebagai budaya yang bisa mempengaruhi cara berpikir bahkan menggerus identitas keIndonesiaan. Kedua media, sama-sama memberitakan Korean wave yang sedang banyak digemari remaja

References

Alimuddin, Muhammad, Yuline, and Luhur Wicaksono. n.d. Analisis Dampak Menonton Drama Korea Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS N 2 Pontianak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP Untan Pontianak. 9: 11

Anggraini, Ranti Tri, and Fauzan Heru Santhoso. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology. (3) 3: 21.

Astiwi Kurniati, Indiati, Nofi Nur Yuheita. (2015). Dampak Demam Virus Korea Terhadap Identias Diri Remaja. Transformais Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek. (11)1: 17.

Ayu Zahra, Rahmat Dede Afrianto. (2019). Pengolahan Dan Penyajian Makanan Korea. Jurnal Pendidikan, Tata Boga Dan Teknologi. (1)1: 17.

Eka Wenats Wuryanta. (2012). UMN Di Antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop Di Indonesia). IV: 11.

Emqi, Muhammad Fauzy. 2018. Pengaruh Drama Korea Dengan Rasa Syukur Dan Kepercayaan Diri. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora. (2)1: 16.

Fridha, Merry, Tri Palupi, and Rahmat Edi Irawan. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Kebijakan Pemerintah Terkait Ketenagakerjaan Sebagai Dampak Covid 19 Di Kompas.Com Dan Malaysiakini. Jurnal Representamen. (6)2: 10.

Frulyndese K. Simbar. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Jurnal Holistik. (10)18: 7.

Iflachah Lailatul Riha. (2021). Analisis Perbandingan Minat Konsumen Remaja Putri Siswa SMK Pariwisata Terhadap Produkk Kosmetik Skincare Antara Produk Lokal Di Surabaya Dan Produk Luar Negeri (Korea). E-Jurnal. (10)3: 15.

Latif Fianto, Akhirul Aminulloh. (2014). Analisis Framing Berita Kasus Korupsi Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar Di Vivanews.Com Dan Detik.Com. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. (3)1: 8.

Lydia, Francis, and Irene Sitompul. (2020.) The Hallyu Effect: Persebaran Budaya Pop Hallyu Sebagai Ancaman Terhadap Juche. Journal of International Relations. (6)2: 14.

Neng Tika Harnia, Ferina Meliasanti, Hendra Setiawan. (2021). Analisis Framing Berita Perundungan Pada Media Online Detik. Com Dan Tribunnews. Com Sebagai Bahan Ajar Teks Berita Di SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. (3)5: 5.

Novchi, Raja idya, Khusnul Hanafi, Raja Desril, and Nurudin Abd Halim. (2020). Hallyu Di Tanah Melayu (Cultural Studies Pada Korean Lovers Di Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. (5)2: 10.

Oktaviani, Jusmalia. (2021). Korean Wave (Hallyu) Dan Persepsi Kaum Muda Di Indonesia : Peran Media Dan Diplomasi Publik Korea Selatan. Insignia Journal of International Relations. (8)1: 25.

Olivia M Kaparang. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi (Studi Pada Siswa SMA Negeri 9 , Manado). Journal Acta Diurna. (3)2: 6.

Prasanti, Rahayu Putri, and Ade Irma Nurmala Dewi. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) Terhadap Pendidikan Remaja. Lectura: Jurnal Pendidikan (11)2: 5.

Sarah Fella, Abdus Sair. (2020). Menjadi Korea : Bagi Remaja Di Surabaya. Journal of Urban Sociology. (3)2: 15.

Setyani, Aulia Hillar, and Muhammad Zakky Azhari. (2021). Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. (4)58: 22.

Zakiah, Kiki, Dian Widya Putri, Nila Nurlimah, and Dadan Mulyana. (2019). Menjadi Korean Di Indonesia : Mekanisme Perubahan Budaya Indonesia - Korea. Jurnal Media Tor. (12)1: 7.

PlumX Metrics

Published
2022-09-25
How to Cite
Hakim, L., & Sa’idah, M. (2022). PEMBINGKAIAN MEDIA ONLINE TENTANG KOREAN WAVE: (Analisis Framing Berita di Kompas.com dan Republika.com). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 11(2), 63-77. https://doi.org/10.35457/translitera.v11i2.2406