The Effect of Public Service Advertisements on The Use of Masks on Public Awareness in The Face of Covid-19
Abstract
Di era digital saat ini, media sosial khususnya youtube memiliki peran dan manfaat yang sangat penting sehingga berpengaruh dalam kehidupan manusia sebagai makhluk hidup, yaitu sebagai wadah berkomunikasi dan agen perubahan. Karena media sosial dapat mempengaruhi masyarakat melalui pesan yang dikemas dalam bentuk hiburan, informasi, promosi, kampanye dan pesan-pesan lainnya yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Tidak hanya itu, sebagian besar periklanan sudah banyak yang menggunakan Youtube sebagai tempat untuk menyampaikan sebuah promosi dalam bentuk barang, jasa, atapun kampanye. Salah satunya yaitu iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker dikanal Youtube Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di masa pandemi ini, perlunya edukasi dalam menghadapi wabah virus COVID-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memanfaatkan media sosial menjadi wadah penyampaian informasi tentang COVID-19. Dan diharapkan iklan tersebut mampu mengedukasi masyarakat untuk menghadapi COVID-19. Dengan begitu, penelitian ini mengenai pegaruh iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker dikanal Youtube Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terhadap kesadaran masyarakat untuk menghadapi COVID-19 menjadi penting. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivistik dan pada tingkat level pengaruh. Sedangkan metode penelitian spesifiknya menggunakan survey. Dengan responden mahasiswa Institute Business and Communication, jurusan periklanan yang mengetahui iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker dikanal Youtube Kemenetrian Kesehatan Republik Indonesia. Stimulus Organism Response adalah teori dalam penelitian ini dengan variabel Independen (X) yaitu iklan layanan masyarakat dan variabel Y yaitu kesadaran. Dan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker dikanal Youtube Kementrian Kesehatan Republik Indonesia terhadap kesadaran masyarakat dalam menghadapi COVID-19
References
Hasma Hasma, M. M. (2021). Penerapan Kebijakan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 357.
BBC.Com. (2020). Virus corona diduga sudah menyebar sebelum pertama kali dilaporkan di China. Retrieved from BBC: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55197612/2020/12/05/
Dewi Maryani W, A. W. (2016). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK ORANG BERUSIA 18-25 TAHUN AGAR KRITIS DALAM MENERIMA INFORMASI DI MEDIA SOSIAL. media neliti, 2.
dinas tenaga kerja. (2020). KADIS : PENTINGNYA PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENYEBARAN INFORMASI. Retrieved from disnakertrans.ntbprov: https://disnakertrans.ntbprov.go.id/kadis-pentingnya-peran-media-sosial-dalam-penyebaran-informasi/2020/05/20/
Haryanto, A. (2021). Iklan Layanan Masyarakat Adalah – Pengertian, Fungsi, dan Contohnya. Retrieved from jojonomic.com: https://www.jojonomic.com/blog/iklan-layanan-masyarakat-adalah/2021/01/06/
kemlu.go.id. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA TERKAIT WABAH COVID-19. Retrieved from Kemlu: https://kemlu.go.id/brussels/id/news/6349/kebijakan-pemerintah-republik-indonesia-terkait-wabah-covid-19/2020/04/22/
Pittara, d. (2022). Virus Corona. Retrieved from alodokter.com: https://www.alodokter.com/virus-corona/2022/06/22/
Puspita, A. D. (2015). TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA MODERN. Retrieved from web.ugm.com: https://annisadiaz.web.ugm.ac.id/2015/02/22/14/
Putri, G. S. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global Halaman all. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/
Rifka, I. (2022). Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Ciri Iklan sebagai Media Pemasaran . Retrieved from money.kompas.com: https://money.kompas.com/read/2022/02/10/161200726/
Copyright (c) 2022 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License