Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

  • Mareisa Kusumaningtyas Universitas Islam Balitar
  • Sutowo Universitas Islam Balitar
  • Nuryanti Universitas Islam Balitar
Abstract views: 188 , PDF downloads: 105
Keywords: Kualitas pelayanan, pengajuan, E-KTP

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hambatan dalam Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data),  serta conclusion drawing/verifications (menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan). Hasil penelitian Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar bisa dikatakan belum cukup baik, dapat dilihat dari beberapa kendala pada pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang diantaranya adalah kurangnya jumlah petugas, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai. Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dilihat dari indikator 1) Tangible (Bukti Fisik) berupa fasilitas pelayanan yang kurang memadahi seperti ruangan terbatas, kurangnya pendingin AC, jaringan tidak stabil, dan kurangnya meja pelayanan khusus untuk pengisian formulir, 2) Reliability (Kehandalan) kehandalan pegawai di Kantor Desa Suruhwadang dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan belum sepenuhnya baik, ditunjukkan dengan adanya beberapa petugas yang belum mahir dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan karena adanya rolling jabatan yang tidak sesuai dengan kemampuan SDM sehingga menghambat pelayanan yang mengakibatkan tidak maksimal, 3) Responsiviness (Ketanggapan) pegawai cukup tanggap dalam membantu masyarakat ketika menanggapi kebutuhan dan menunjukkan kepedulian saat merespon masyarakat, 4) Assurance (Jaminan) jaminan ketepatan waktu pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang masih belum sesuai dengan keinginan masyarakat, ditunjukkan dengan adanya keluhan mengenai estimasi waktu pembuatan E-KTP, 5) Emphaty (Empati) kesan yang menyenangkan pada saat proses pelayanan dapat dilihat dari sikap petugas yang ramah, tersenyum, tidak diskriminatif dan menghargai masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emilia, K., Deli A., & Junaidy. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Cintapuri Kabupaten Banjar.

Fitriyana, D., Muthia Z. F., Anita T., Muhammad R., & Ginung P. Dra,. M.Si. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan PembuatanKartu Tanda Penduduk (KTP). Karimah Tauhid. (2)3

Haq, S., Agus S., & Suji. (2014). Kualitas Pelayanan Pubik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa

Hardianto, W.T., Firman F., & Asih W. L. (2021). Fungsi E-KTP untuk Mendukung Pemerintah Daerah dalam Pendataan dan Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. (7)2

Hartanto, B. (2018). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Journal of Regional Public Administration. (3)2

Izzuddin, A. & Muhammad M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. (6)1

Mandiri, K. P. (2021). Kualitas Pelayanan dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/8276. Diakses pada 3 Maret 2024 pukul 9.30 WIB.

Maryam, N.S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. (6)1

Rachman, A. & Titik D. S.Sos M.Si. (2019). Kualitas Pelayanan dalam Proses Pembuatan E-KTP di TPDK Dispendukcapil Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Journal of public policy and management riview. (8)4

Rahayu, F.P., Enos P., Thalita R. K. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. eJournal Administrasi Publik. (9)2

Sriwidodo, U. & Rully T. I. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. (10)2

Suleman, S. (2019). Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Administrasi Publik. (5)1

Susanto, D., Risnita, & M. Syahran J. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora. (1)1

Taufan & Adi B. (2020). Kegiatan Pelayanan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pelayaran Kelas II Cilacap. KARYA TULIS.

Tiaji, F. (2019). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. (6)2

PlumX Metrics

Published
2024-07-31
How to Cite
Kusumaningtyas, M., Sutowo, & Nuryanti. (2024). Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 1(2), 49-60. https://doi.org/10.35457/transgenera.v1i2.3746

Most read articles by the same author(s)