Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hambatan dalam Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), serta conclusion drawing/verifications (menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan). Hasil penelitian Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar bisa dikatakan belum cukup baik, dapat dilihat dari beberapa kendala pada pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang diantaranya adalah kurangnya jumlah petugas, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai. Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dilihat dari indikator 1) Tangible (Bukti Fisik) berupa fasilitas pelayanan yang kurang memadahi seperti ruangan terbatas, kurangnya pendingin AC, jaringan tidak stabil, dan kurangnya meja pelayanan khusus untuk pengisian formulir, 2) Reliability (Kehandalan) kehandalan pegawai di Kantor Desa Suruhwadang dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan belum sepenuhnya baik, ditunjukkan dengan adanya beberapa petugas yang belum mahir dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan karena adanya rolling jabatan yang tidak sesuai dengan kemampuan SDM sehingga menghambat pelayanan yang mengakibatkan tidak maksimal, 3) Responsiviness (Ketanggapan) pegawai cukup tanggap dalam membantu masyarakat ketika menanggapi kebutuhan dan menunjukkan kepedulian saat merespon masyarakat, 4) Assurance (Jaminan) jaminan ketepatan waktu pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang masih belum sesuai dengan keinginan masyarakat, ditunjukkan dengan adanya keluhan mengenai estimasi waktu pembuatan E-KTP, 5) Emphaty (Empati) kesan yang menyenangkan pada saat proses pelayanan dapat dilihat dari sikap petugas yang ramah, tersenyum, tidak diskriminatif dan menghargai masyarakat.
Downloads
References
Emilia, K., Deli A., & Junaidy. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Cintapuri Kabupaten Banjar.
Fitriyana, D., Muthia Z. F., Anita T., Muhammad R., & Ginung P. Dra,. M.Si. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan PembuatanKartu Tanda Penduduk (KTP). Karimah Tauhid. (2)3
Haq, S., Agus S., & Suji. (2014). Kualitas Pelayanan Pubik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa
Hardianto, W.T., Firman F., & Asih W. L. (2021). Fungsi E-KTP untuk Mendukung Pemerintah Daerah dalam Pendataan dan Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. (7)2
Hartanto, B. (2018). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Journal of Regional Public Administration. (3)2
Izzuddin, A. & Muhammad M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. (6)1
Mandiri, K. P. (2021). Kualitas Pelayanan dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/8276. Diakses pada 3 Maret 2024 pukul 9.30 WIB.
Maryam, N.S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. (6)1
Rachman, A. & Titik D. S.Sos M.Si. (2019). Kualitas Pelayanan dalam Proses Pembuatan E-KTP di TPDK Dispendukcapil Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Journal of public policy and management riview. (8)4
Rahayu, F.P., Enos P., Thalita R. K. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. eJournal Administrasi Publik. (9)2
Sriwidodo, U. & Rully T. I. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. (10)2
Suleman, S. (2019). Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Administrasi Publik. (5)1
Susanto, D., Risnita, & M. Syahran J. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora. (1)1
Taufan & Adi B. (2020). Kegiatan Pelayanan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pelayaran Kelas II Cilacap. KARYA TULIS.
Tiaji, F. (2019). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. (6)2
Copyright (c) 2024 Mareisa Kusumaningtyas, Sutowo, Nuryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License