Pemasaran Produk IKM Kripik Tempe "Putri Sekar Arum" Berbasis Digital Marketing di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang

  • Putri Maharani Kusuma Riyanto Universitas Darul Ulum Jombang
  • D. Annisah Dwi Farhani universitas darul ulum jombang
  • Nur Qomariyah Al Laili universitas darul ulum jombang
  • Prayoga universitas darul ulum jombang
  • Rimawati Ningtyas universitas darul ulum jombang
  • Ria Khoiriyah universitas darul ulum jombang
Abstract views: 188 , PDF downloads: 148
Keywords: kripik tempe, digital marketing, IKM

Abstract

Pengabdian masyarakat  ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran berbasis digital marketing bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kripik Tempe "Putri Sekar Arum" yang berlokasi di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas produk, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan kripik tempe yang dihasilkan oleh IKM setempat. Metode pelaksanaanyang digunakan meliputi analisis situasi awal, perancangan strategi pemasaran digital, implementasi strategi, serta evaluasi efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital marketing melalui penggunaan media sosial, website, dan platform e-commerce berhasil meningkatkan kesadaran merek dan volume penjualan secara signifikan. Selain itu, program pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pemilik IKM mengenai penggunaan teknologi digital telah berhasil meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola pemasaran secara online. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digital marketing merupakan alat yang efektif dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan IKM Kripik Tempe "Putri Sekar Arum". Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut strategi digital marketing yang lebih terintegrasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna memperluas jangkauan pasar dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal

References

Al-Kautsari, Mirza Maulana. 2019. “Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat.” Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 4(2): 259.
Sofia, Maya. et al. 2022. “Edukasi Masyarakat IKM Tentang Pengaruh Trend Pasar Digital Di Desa Sukomulyo” Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum.
Ali, Mahrus. et al. 2024. Panduan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Darul „Ulum Jombang.
Teufel-Shone, Nicolette I. et al. 2019. “Supporting New Community-Based Participatory Research Partnerships.” International Journal of Environmental Research and Public Health 16(1).

PlumX Metrics

Published
2024-07-12
How to Cite
Kusuma Riyanto, P. M., Dwi Farhani, D. A., Al Laili, N. Q., Prayoga, Ningtyas, R., & Khoiriyah, R. (2024). Pemasaran Produk IKM Kripik Tempe "Putri Sekar Arum" Berbasis Digital Marketing di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Science Contribution to Society Journal, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.35457/scs.v4i1.3609