Workshop Robotika untuk Penunjang Ekstrakurikuler bagi Siswa Paud Al Ghifari Kota Blitar
Abstract
Taman Pendidikan Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal yang memiliki peranan penting bagi masyarakat dalam peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik. Salah satu pendidikan yang diberikan dalam tingkat usia dini adalah peningkatan daya imajinasi dan kreativitas anak-anak seperti dalam kegiatan ekstrakurikuler robotika. Pada proses pembelajaran robotika sangat penting merencanakan penggunaan media yang tepat dan dapat diaplikasikan untuk anak usia dini. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian masyarakat memberikan solusi berupa pelatihan dan workshop untuk pengajar terkait dengan robotika sebagai media peningkatan imajinasi dan pengembangan syaraf motorik anak didik. Dalam kit robot ini dilengkapi dengan petunjuk pembacaan gambar, perakitan dan instalasi pada perangkat dan penggunaan langsung. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan di PAUD Alam Al-Ghifari dengan jumlah peserta sebanyak 20 guru dari kelas A dan kelas B. Dari hasil pengabdian masyarakat ini diperoleh data bahwa 87% peserta merasa puas dengan adanya program workshop robotika ini.
References
Cahyono, G. H., 2015. Internet of Things. Forum Teknologi, Vol.06 No.3, 35-41.
Efendi, Yoyon. 2018. Internet of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer. Vol. 4, No. 1, 19- 26.
Hassanalian, M., & Abdelkefi, A. (2017). Classifications, applications, and design challenges of drones: A review. Progress in Aerospace Sciences, 91, 99-131.
Krisnanda, M., Kembuan, O. (2021). Buku Ajar Pemrograman Web. Lakeisha.
Nidhom, A. M. (2019). KOMPUTER TERAPAN JARINGAN SERTA PENGAPLIKASIANNYA. Ahlimedia Book.
Prihatmoko, Dias. 2016. Penerapan Internet Of Things ( Iot ) Dalam Pembelajaran Di Unisnu Jepara. Jurnal SIMETRIS. Vol 7, No 2. 567-574.
Setiadi, David, dkk. 2018. Penerapan Internet Of Things (Iot) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi). Jurnal Infotronik. Volume 3, No. 2. 95-102.
Copyright (c) 2022 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License