Pelatihan Story Telling untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Kosakata bagi Guru Bahasa Inggris di SDN Mulyoagung 02 Kabupaten Malang

  • Siti Mafulah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rizky Lutviana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hesty Puspita sari Universitas Islam Balitar
Abstract views: 382 , PDF downloads: 245
Keywords: abdimas, storytelling, English for young Learners

Abstract

Bahasa Inggris dalam kurikulum sekolah dasar merupakan muatan lokal (mulok) dimana tiap-tiap sekolah mempunyai kebijakan tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kodisi masing-masing sekolah. Fakta yang ada bahwa pengajaran bahasa Inggris di SDN Mulyoagung 2 Kecamatan Dau hanyalah menggunakan metode yang tradisional dengan guru sebagai sentra pengajaran dan hanya menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran bahasa Inggris pada siswa SD yang seharusnya menyenangkan menjadi membosankan.  Terlebih di SDN Mulyoagung 2 tidak ada guru pengajar Bahasa Inggris yang merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris. Maka dari itu perlu diadakan pelatihan di sekolah ini.  Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah: pertama, Pemberian pengetahuan dan wawasan tentang motode pembelajaran unuk anak SD. Kedua, pengenalan Story telling sebagai metode yang dapat diterapkan dalam kelas, berikiutnya memberikan model dan yang terakhir adalah praktik menggunakan metode Story Telling dalam kelas. Hasil dari kegiatan ini adalah guru memiliki wawasan tentang pentingnya metode pembelajaran bagi siswa sesuai dengan usianya. Kedua, guru juga mampu membuat cerita dan mengembangkan ide mereka menjadi sebuah kegiatan siswa berdasarkan tema. Dari hasil evaluasi pada akhir kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan abdimas berjalan dengan lancar dan sukses, semua peserta mengikuti kegiatan dengan baik sampai kegiatan berakhir.

References

Amelia, D &Nurmaily, E. (2021).Upaya Melejitkan kosa kata Bahterasa Inggris melalui Story Telling slide dan Sound. JCSTCS: vol 2 no.1 :22-26
Ashadi, N. (2010). Pelatihan pengajran Bahasa Inggris interaktif bagi guru PAUD di wilayah sleman, yogyakarta: Unversitas Negeri Yogyakarta
Marfuaty, F. A., & Wahyudi, R. (2015). An analysis of thematic progression patterns: Opinion section texts of The Jakarta Post, 9(3), 109–130

Setyarini, S (2015). Pengembangan Metode pembelajaran berbasis story telling: sebuah terobosan dalam rangkah meningkatkan output pembelajaran Bahasa inggris anak usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 15 no.2. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1293
Suyanto, K. (2007). English for young learners: melejitkan potensi anak melalui English class yang fun, asyik,dan menarik. Jakarta: bumi aksara
Uzer, Y. (2020).Penerapan bBahsa inggris dengan menggunakan metode story telling untuk anak usia dini. PERNIK Journal PAUD. Vol 3 no.2
Zein, S. 2017. Elementary English education in Indonesia: Policy developments, current Practices, and future prospects. https://www.researchgate.net/publication/306107932
Wahyuni, A. Hartana, D.D., Rachmadi, S.S., (2020). Metode Pembelajaran yang digunakan oleh Guru Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. vol 2 no.1 p. 23-27
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
http://edukasi.kompas.om/read/2012/10/30/09472194/pelajaran.bahasa.inggris.di.sd.perlu.perbaikan

PlumX Metrics

Published
2022-12-07
How to Cite
Mafulah, S., Lutviana, R., & sari, H. P. (2022). Pelatihan Story Telling untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Kosakata bagi Guru Bahasa Inggris di SDN Mulyoagung 02 Kabupaten Malang. Science Contribution to Society Journal, 2(2), 33-45. https://doi.org/10.35457/scs.v2i2.2470