Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis Pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace
Abstract
Kegiatan pengabdian ini melibatkan 13 orang UMKM dan 15 orang yang tergabung
dalam Pokdarwis Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan dilakukan
selama satu bulan pada bulan Agustus 2021 dengan membantu mengelola penjualan produk
dengan berjualan di marketplace dan menyusun strategi yang tepat untuk mengenalkan
wisata yang ada dengan menggunakan media youtube dan whatsaap grup. Respon UMKM
pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran online gratis melalui platform marketplace sangat baik, ditandai dengan ketertarikan 2 (dua) orang untuk menjalankan program yang
tersebut. Tim pengabdian membantu mendampingi pembuatan akun marketplace toko online
Shopee dan Blibli. Diharapkan akun toko online tersebut dapat digunakan dengan maksimal
dan membantu UMKM dalam berjualan di masa pandemi ini. Respon masyarakat di sekitar
Wisata Alam Sumber Banteng pada pelatihan digital marketing dalam pengelolaan
pariwisata juga sangat baik, ditandai dengan antusiasme masyarakat menonton pelatihan
online melalui youtube. Tim pengabdian juga telah membantu pembuatan akun instagram
dan tiktok Pesona Tempurejo. Diharapkan masyarakat umum tertarik untuk mengakses akun
yang telah dibuat dan masyarakat mengetahui berbagai hal yang disuguhkan dari wisata alam
ini.
References
UMKM Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit
Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas, 2(1), 43–51.
Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota
Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115.
https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In
Penerbit K-Media.
Sonny, P. M. K., & Harmadi, H. B. (2020). Menyiapkan Desa Wisata di Masa Pandemi.
Kemenkopmk, 10. https://www.kemenkopmk.go.id/menyiapkan-desa-wisata-di-masa-
pandemi
Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat
Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di
Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57.
https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226
Copyright (c) 2022 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License