Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis Pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace

  • Diana Ambarwati Universitas Islam Kadiri
Abstract views: 52 , PDF downloads: 73
Keywords: Digital Marketing, Marketplace, Pengelolaan Wisata Alam, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian ini melibatkan 13 orang UMKM dan 15 orang yang tergabung
dalam Pokdarwis Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan dilakukan
selama satu bulan pada bulan Agustus 2021 dengan membantu mengelola penjualan produk
dengan berjualan di marketplace dan menyusun strategi yang tepat untuk mengenalkan
wisata yang ada dengan menggunakan media youtube dan whatsaap grup. Respon UMKM
pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran online gratis melalui platform marketplace sangat baik, ditandai dengan ketertarikan 2 (dua) orang untuk menjalankan program yang
tersebut. Tim pengabdian membantu mendampingi pembuatan akun marketplace toko online
Shopee dan Blibli. Diharapkan akun toko online tersebut dapat digunakan dengan maksimal
dan membantu UMKM dalam berjualan di masa pandemi ini. Respon masyarakat di sekitar
Wisata Alam Sumber Banteng pada pelatihan digital marketing dalam pengelolaan
pariwisata juga sangat baik, ditandai dengan antusiasme masyarakat menonton pelatihan
online melalui youtube. Tim pengabdian juga telah membantu pembuatan akun instagram
dan tiktok Pesona Tempurejo. Diharapkan masyarakat umum tertarik untuk mengakses akun
yang telah dibuat dan masyarakat mengetahui berbagai hal yang disuguhkan dari wisata alam
ini. 

References

Nurdina, Ardhiani, M. R., Handayani, C. M. S., & Asj’ari, F. (2021). Strategi Pemberdayaan
UMKM Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit
Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas, 2(1), 43–51.
Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota
Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115.
https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In
Penerbit K-Media.
Sonny, P. M. K., & Harmadi, H. B. (2020). Menyiapkan Desa Wisata di Masa Pandemi.
Kemenkopmk, 10. https://www.kemenkopmk.go.id/menyiapkan-desa-wisata-di-masa-
pandemi
Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat
Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di
Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57.
https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226

PlumX Metrics

Published
2022-12-07
How to Cite
Ambarwati, D. (2022). Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis Pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace. Science Contribution to Society Journal, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.35457/scs.v2i2.1798