Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi
Abstract
Pendidikan Indonesia berkembang sangat pesat dilihat dari perubahan kurikulum yang digunakan dalam proses peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan kurikulum pendidikan telah berubah dan diperbaiki sejak Indonesia merdeka. Kurikulum 2013 saat ini merupakan kurikulum utama yang belum lama digunakan di Indonesia. Namun, menurut Kemendikbudristek, kurikulum merdeka akan diterapkan pada tahun 2022. Fenomena ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada bidang studi IPA, dan mengevaluasi tantangan dan tantangan yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA di SMPN 5 Ngawi. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi belum maksimal. Terdapat hambatan yang dialami guru dalam penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka meliputi hambatan internal dan eksternal.
Downloads
References
N. Agustin, M. Ibrahim, and W. Widodo, “Pengembangan Bahan Pembelajaran IPA Berbasis Biotechnopreneurship untuk Melatih Life Skills Siswa SMP,” Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 4, no. 1, p. 1, 2016, doi: 10.33394/j-ps.v4i1.978.
A. Angga, C. Suryana, I. Nurwahidah, A. H. Hernawan, and P. Prihantini, “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5877–5889, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3149.
F. E. Siahaan, S. Siahaan, B. L. Siahaan, and S. A. Situmeang, “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU IPA di KELAS RENDAH,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Nommensen Siantar (JP2NS, vol. 3, no. 1, p. 2023, 2023.
H. Setiadi, “PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 telah mulai diberlakukan Kurikulum 2013 di selu- ruh Indonesia yang merupakan pembaharu- an dan penyempurnaan Ku,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 166–178, 2016.
A. Fauzi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak,” Pahlawan J. Pendidikan-Sosial-Budaya, vol. 18, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.57216/pah.v18i2.480.
L. M. Arjani, I. W. Subagia, and P. Sarini, “Implementasi kurikulum 2013 dan faktor-faktor yang memengaruhi pada pembelajaran ipa kelas VII di smp negeri Kubutambahan tahun ajaran 2018/2019,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., vol. 3, no. 1, pp. 21–30, 2020.
Y. N. L.kanga, Aloisius Harso, “Analisis Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Keliwumbu Lusia,” J. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 160–175, 2022.
M. Marisa, “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ di Era Society 5.0,” Santhet (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), vol. 5, no. 1, p. 72, 2021, doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
P. Kurniati, A. L. Kelmaskouw, A. Deing, B. Bonin, and B. A. Haryanto, “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, pp. 408–423, 2022, doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.
R. Anwar, “Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013,” Humaniora, vol. 5, no. 1, p. 97, 2014, doi: 10.21512/humaniora.v5i1.2987.
Sudarto, A. Hafid, and M. Amran, “Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA,” Semin. Nas. Has. Penelit. 2021, vol. 1, no. 1, pp. 406–417, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268
S. Syamsudin, L. Safitri, and M. Musdalifah, “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ipa; Studi Kasus Di Mi Roudlotul Ulum Surabaya,” At-Thullab J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 2, p. 63, 2020, doi: 10.30736/atl.v3i2.205.
S. Sinulingga, “Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Menghadapi Perkembangan Tekhnologi di Era Revolusi Industri 4.0,” Semin. Nas. Pendidik., vol. 1, no. November, pp. 142–147, 2022.
W. Iskandar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta Timur, 2019.
Insani, Pengembangan Kurikulum. Jakarta Timur, 2019.
Permendikbud No.66 Tahun 2013. Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendiknas No.20 Tahun 2007. Indonesia, 2007.
Lingga, Metro, "Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP LKIA Pontianak", Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 2018.
Arjani, L. M., Subagia, I. W., dan Sarini, P., "Implementasi urikulum 2013 dan Faktor-Faktor yang memengaruhi pada Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 4 Kubutambahan Tahun Ajaran 2018/2019", Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indoensia, Volume 3, Nomor 1, 2020.
Abory, Mizan dan Kartoeagiran, Badrun, "Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Selman", Jurnal Evaluasi Pendidikan, Volume 2, No. 1, 2014.
Ary, Yisry dan Muniarti, Erni, "Perencanaan Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Balusu Menggunakan Kurikulum Merdeka", Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol.16, No.2, 2023.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Supartama, I. N. W., Pujani, N. M., dan Priyanka, L. M., "Analisis Motivasi Belajar IPA dapa Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja", Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Volume 6, Nomor 2, 2023.
Fauzi, A., "Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak". Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18-22. 2022.
Yuniar, R. H., dan Umami, N., "Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka SMP Negeri 1 Rejotangan", Jurnal Penelitian Multidisiplin, Vol. 1, No. 8. 2023.
Sugiyono, "Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D", Bandung : Alfabeta. 2019.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).