Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI dan XII MIA melalui Discovery Learning Berbasis Lesson Study

  • R. Didi Kuswara Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Maya Ekaningtias Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Lume Lume Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nurmiati Nurmiati Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Abstract views: 375 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 313
Keywords: deskriptif; pengalaman; observasi; kualitas

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu Penelitian Tindakan Kelas berbasis lesson study. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan discovery learning pada aktivitas belajar seperti melakukan percobaan, pengamatan, merancangan percobaan, analisis dan studi literatur dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan analisis data pada setiap pertemuan serta analisis lembar kerja siswa dan analisis hasil observasi pembelajaran secara langsung oleh observer. Selain itu, dampak lain dari implementasi lesson study memberikan pengalaman dan pelajaran berharga bagi peneliti lesson study dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta melihat perkembangan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Greenstein, Assessing21st Century Skills, A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. 2012.

R. Septikasari, R. N. Frasandy, “Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar,” Tarbiyah al-Awlad, vol. 8, no. 2, p.107-117, 2018.

Zakaria, “Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi COVID-19,” Dirasah, vol. 4, no. 2, 2021.

R. M. Abdelrahman, “Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students,” Heliyon, vol. 6, no. 9, 2020.

T. Hashimoto, Y. Hayashi, and K. Seta, “Metacognitive inference activity support by visualizing eye-movement graph during critical reading,” in Procedia Computer Science, 2019, vol. 159, pp. 1995–2004.

A. D. Memiş and H. Kandemir, “The Relationship Between the Study Habits and Attitudes and Metacognitive Reading Comprehension Self-Awareness, Reading Comprehension, Reading Attitudes,” World Journal of Education, vol. 9, no. 4, p. 133, 2019.

M. Sumadyo and L. Purwantini, “Penilaian Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Dengan Menggunakan Algoritma K-Means.” Seminar Nasional Sinergi Energy dan Teknologi, 2018.

R. D. Kuswara, S. Fediana. T. Dipalaya, I. Sholiha, “Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Pada Matakuliah Pengembangan Kurikulum IPA SMP,” Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, vol. 9, no. 2, 2021.

M. Fitri and Derlina. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor”, Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 89-96, 2015.

C. Windasari, H. dan H, “Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.” Jurnal Biotik, vol 4, no .1, pp. 66-74, 2016.

K. Jaya, R. R. T. Marpaung, D. Sikumbang, “Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 14 Bandar Lampung.” Jurnal Bioterdidik, 2018.

D. Andriani, R. Betta Rudibyani, E. Sofya, “Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, vol. 6, no.2, pp. 308- 320, 2017.

A. R. Azura, N. Kamariyah, M. Taufiq, “Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SD Al-Islah Surabaya,” Journal of Natural Science Education Reseach, vol. 1, no. 2, 2019.

R. Mariyana, M. Crie Handini, and M. Akbar, “Early Childhood Education Journal of Indonesia Effectiveness of Guided-Discovery and Instructional Media on Early Mathematical Skills,” Early Childhood Education Journal of Indonesia IJECES, vol. 8, no. 1, 2019.

W. Walidin, Saifullah, Tabrani, Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. 2015.

M. Nazir, Metode Penelitian. 2014.

W. Saputri and A. D. Corebima, “The Correlation between Metacognitive Skills and Cognitive Learning Results of Biology Pre-service Teachers on Different Learnings,” Journal of Turkish Science Education, vol. 17, no. 4, pp. 487–503, 2020.

M. Sholihah, S. Zubaidah, and S. Mahanal, “Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (REMAP RT).” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 4, pp. 628-623, 2016.

G. Arika Istiana, A. S. Nugroho Catur, and dan J. Sukardjo, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014,” Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 4, no. 2, pp. 65-73, 2015.

C. Orr, “Using Discovery Learning Pedagogies to Develop Science Capabilities in New Entrant and Year One Students,” New Zealand Journal of Teachers' Work, vol. 13, no. 1, pp. 8-21, 2016.

M. Lukitasari, H. Susilo, I. Ibrohim, and A. Duran Corebima, “Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehension: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia,” Am J Educ Res, vol. 2, no. 10, pp. 919–924, 2014.

PlumX Metrics

Published
2023-01-07
How to Cite
Kuswara, R. D., Ekaningtias, M., Lume, L., & Nurmiati, N. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI dan XII MIA melalui Discovery Learning Berbasis Lesson Study. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 27-40. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2544