PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII

  • Marhaeni Marhaeni Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nurmiati Nurmiati Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Maya Ekaningtiyas Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Abstract views: 236 , PDF downloads: 264
Keywords: development, media, learning, snakes and ladders, biology

Abstract

The purpose of this study was to test the feasibility of developing learning media for the snake and ladder game on the classification of living things. The development is carried out using the ADDIE development model only in three stages, namely analysis, design, and development. Learning media was developed and tested on class VII students of MTs Darussholihin NW Kalijaga. The object of this research is the snake and ladder game learning media and was validated by three validators. Based on the results of validation and testing on students, the average percentage of eligibility is 93%. The results of this study indicate that the learning media developed is suitable to be used as a medium to support the learning process, especially in the material classification of living things.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, Tina. 2010. Games Sains Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Ruang Kata.

Ghofar, M. Rohman dan Purnomo Hadi Susilo. 2019. Peran Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 8 (1). DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. Diakses Tanggal 23 Mei 2021.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 8 (2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949. Diakses Tanggal 13 Agustus 2021.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muyaroah, Siti dan Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curiculum and Educational Technology. 6 (2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19336. Diakses Tanggal 23 Mei 2021.

Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan. 36 (1). 35-44.

Salam, Nurfadillah. Safei, dan Jamilah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Syaraf. Jurnal Al-Ahya. 1(1), 52-69.

Semadiartha, I.K.S. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Microsoft Excel yang Berorientasi Teori Vab Hiele Pada Bahasan Trogonometri Kelas X SMA Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. 1 (2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/445. Diakses Tanggal 23 Mei 2021.

Sihkabuden (2002).Media Pembelajaran. Malang:Elang Mas.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Syifa, Nur Fitriana. 2018. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asma’ul Husna pada Pembelajaran Tematik. (Skripsi, PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018). http://repository.radenintan.ac.id/5056/. Diakses Tanggal 5 Januari 2021.

Published
2022-01-19
How to Cite
Marhaeni, M., Nurmiati, N., & Ekaningtiyas, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 23-30. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1842