Menyelami Mental Accounting Penggemar K-Pop Berbasis Gender

  • Zainatul Qodriyati Universitas Jember
  • Whedy Prasetyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
  • Nining Ika Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract views: 559 , pdf downloads: 299
Keywords: Mental Accounting, Penggemar K-Pop, Gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mental accounting penggemar k-pop yang didasarkan pada gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi kepada informan yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, yang dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang, dengan 2 laki-laki dan 2 perempuan sebagai informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mental accounting telah diterapkan dengan baik oleh penggemar, pada setiap tahapannya. Perbedaan yang terlihat untuk penggemar laki-laki dan perempuan terletak pada proses pencatatan yang dilakukan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Aditiya, I. M. (2023, May 19). Indonesia dalam Jajaran Penggemar BTS Terbesar 2022. Https://Goodstats.Id. https://goodstats.id
Authors. (2019, September 26). Financial Planning Standards Board. Https://Www.Fpsb.Org.
Authors. (2022). Circle Chart Music. Https://Circlechart.Kr.
Authors. (2023). BTS. Https://Bts.Bighit.Com. https://bts.bighit.com
Bungin, B. (2022). Post Qualitative Social Research Methods Kualitatif Kuantitatif Mixed Methods Positivism Kualitatif Mixed Metods Positivism Postpositivism Phenomenology Postmodern Filsafat, Paradigma, Teori, Metode dan Laporan. Surabaya: Prenadamedia Group Kencana.
Efferin, S. (2017). Sistem Pengendalian Manajemen berbasis Spiritualitas. Malang: Penerbit Peneleh.
Oktaviani, S. J., & Pramadya, T. P. (2021). Korean Wave (Hallyu) dan Persepsi Kaum Muda di Indonesia: Peran Media dan Diplomasi Publik Korea Selatan. Insignia Journal of International Relations, 8(1), 87–100.
Eldista, E., Sulistiyo, Agung Budi., & Hisamuddin, N. (2019). Mental Accounting: Memaknai Kebahagiaan dari Sisi lain Gaya Hidup Mahasiswa Kos. In Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 17(2). https://doi.org/10.19184/jauj.v17i2.15393
Ferricha, D. (2014). Sosiologi Hukum dan Gender Interaksi Perempuan dalam Dinamika Norma dan Sosio-Ekonomi. Malang: Bayumedia Publishing.
Kamayanti, A. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi Pengantar Religiositas Keilmuan. Malang: Penerbit Peneleh.
Kartikasari, H., & Sudrajat, A. (2022). Makna Pembelian Album Fisik bagi Penggemar Budaya Pop Korea. Universitas Negeri Surabaya 1 Email Korespondensi: hesty.19003@mhs.unesa.ac.id 405 Hesty Kartikasari 1 , Arief Sudrajat 2. In Jurnal Analisa Sosiologi, 11(3), 405-428. https://dx.doi.org/10.20961/jas.v11i3.59242
Saraswati, Ade Maya & Widodo Nugroho, A. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Article Info. Jurnal Warta LPM, 24(2), 309–318. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Kurnia, I. (2018). Kajian Fenomenologi tentang Personal Finance Management pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang [Http://repository.um.ac.id/id/eprint/37482]. Universitas Negeri Malang.
Mayssara, A., Hassanin A, & Affiifi. (2020). Pengertian Gender. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Pahlevi, R. (2022, January 25). Ini Jumlah Penjualan Album BTS dari Debut hingga 2021. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/01/25/Ini-Jumlah-Penjualan-Album-Bts-Dari-Debut-Hingga-2021.
Jeanette & Sinta Paramita. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS) Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Jurnal KONEKSI Universitas Tarumanegara, 2(2), 393-400. https://doi.or/10.24912/kn.v2i2.3915
Yulfiswandi, C., Kho, C., Valentina, M. A., Lim, J., Aurellia, A. (2023). Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. https://doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1908-1914
Prasetyo, W. (2020). Covid-19 Learning Concerning Financial Planning Importance and Household Accounting. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan. 10(3), 444-457. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103012
Prasetyo, W. (2020). Penghimpunan Pendapatan Ngefans Saweran : Mistik Semar Mesem Penyanyi Dangdut (Studi pada Penyanyi Orkestra Melayu New Kendedes). In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 5(1), 784-799. https://doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7037
Riyanto, A. D. (2022, February 19). Hootsuite We Are Social Indonesian. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2022/. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Rospitadewi, E., & Efferin, S. (2017). Mental Accounting dan Ilusi Kebahagiaan: Memahami Pikiran dan Implikasinya bagi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. https://doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7037
Sari, D. L., Pujiati, & Rahmah Dianti Putri. (2020). Literasi Keuangan Mahasiswa Ditinjau dari Gender, Teman Sebaya dan Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3(1), 1–9.
Thaler, R. H. (1999). Mental Accounting Matters. Journal of Behavioral Decision Making, 12(3), 183-206. https://doi.org/10.1002/(SICI)1099-0771(199909)12:3<183::AID-BDM31>3.0.CO;2-F
Wildan, W. K. S., Sulistiyo, A. B., & Prasetyo, W. (2022). Revealing Spiritual-Based Mental Accounting. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(1), 36–45. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i1.668

PlumX Metrics

Published
2024-05-13
How to Cite
Zainatul Qodriyati, Prasetyo, W., & Ika Wahyuni, N. (2024). Menyelami Mental Accounting Penggemar K-Pop Berbasis Gender. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 15(2), 46-56. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v15i2.3511