Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Masyarakat Sumenep

  • Oktavianda Riyantini Puteri Universitas Trunojoyo Madura
  • Arie Purnomo Universitas Trunojoyo Madura
  • Prasetyo Nugroho Universitas Trunojoyo Madura
Abstract views: 694 , pdf downloads: 654
Keywords: Digital Payment, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Minat Penggunaan

Abstract

Penggunaan teknologi digital telah meningkat di semua kelompok umur dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, teknologi telah merasuki setiap aspek kehidupan manusia. Teknologi keuangan menyederhanakan proses pembelian dan penjualan uang dan produk keuangan lainnya melalui penggunaan perangkat elektronik. Fintech mengacu pada bidang transfer uang elektronik yang berkembang pesat. Pembayaran digital, atau transaksi moneter yang dilakukan secara elektronik, menjadi semakin umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan finansial konsumen dan kebiasaan membeli berpengaruh signifikan terhadap keinginan mereka untuk melakukan pembayaran digital. Masyarakat Sumenep menyediakan 100 peserta untuk penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Agustin, Indah, and Fityan Izza Noor Abidin. 2023. “The Influence of Financial Literacy, Financial Behavior, Digital Payment and Paylater on Student Consumptive Behavior in the Era of the Covid-19 Pandemic [Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Digital Payment Dan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Era Pandemi Covid-19].” : 1–8.
Ema, Prasetyorini, and eka suprajan Sandi. 2023. “Keputusan Pembelian Online Terhadap Efektivitas Iklan Pada Konsumen Traveloka.Com.” Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi 15: 104–12.
Puspitasari, Siska Dwi, and Rachma Indrarini. 2021. “Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4(2): 64–74.
Setyawati, nanda ayu et al. 2022. “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINTECH PAYMENT ( PAYLATER ) PADA SHOPEE Pada Gambar 1 . 1 Dapat Diperoleh Dalam Penelitian Ini Model Regresinya Yaitu Sebagai Berikut :” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri 10(4): 883. https://peneliti.net/index.php/IJEIT.
Setyo, Arie et al. 2023. “THE INFLUENCE OF FINANCIAL TECHNOLOGY AND E-COMMERCE ON MSME INCOME IN SUMENEP.” Jurnal Ekonomi 12(01): 503–7.
Setyo, Arie, Dwi Purnomo, and Della Dwi Ramadani. 2022. “Pengaruh Manfaat , Kemudahan Terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Penggunaan Pembayaran Digital UMKM Di Sumenep Transaksi Keuangan Lainnya . Di Era Digital Saat Ini Pada Usaha Mikro , Kecil , Dan Memperluas Komoditas Penjualan , Serta Sebaga.” Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi 14: 17–30.
Sugiyono. 2003. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.”

PlumX Metrics

Published
2023-12-04
How to Cite
Oktavianda Riyantini Puteri, Purnomo, A., & Nugroho, P. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Masyarakat Sumenep. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 15(2), 1-13. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v15i2.3331