Model Akuntansi Kejawen “Bongkaran” (Studi Pada Paguyuban Sambung Roso Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kab. Blitar)

  • Rumanintya Lisaria Putri Universitas Islam Balitar
  • Diana Elvianita Martanti Universitas Islam Balitar
Abstract views: 43 , pdf downloads: 33
Keywords: Paguyuban Kejawen, Akuntansi Kejawen, Bongkaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui model akuntansi kejawen pada paguyupan Sambung Roso Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kab. Blitar, Paguyuban kejawen merupakan paguyuban yang berhubungan kental dengan adat budaya jawa, aktivitas apapun pada paguyuban tersebut sangatlah erat dengan budaya lokal jawa. Salah satu aktivitas yang ada dalam paguyuban yaitu aktivitas ekonomi, selain demi kesejahteraan anggotanya, aktivitas ekonomi sanagt bermanfaat dan berguna bagi kelangsungan jalannya segala macam bentuk kegiatan yang ingin diadakan sebuah paguyuban. Sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi dan uang pastilah erat kaitannya dengan sistem akuntansi yang pada dasarnya dalam segala macam aktivitas dalam proses pengelolaan keuangan akan sangat membutuhkan sistem akuntansi dalam menjalankannya. Penelitian ini ditujukan untuk melihat model proses pengelolaan keuangan dengan konsep akuntansi kejawen yang disebut “bongkaran” pada paguyuban kejawen yang bernama paguyuban kejawen sambung roso yang berada di kecamatan garum. Penelitian ini dalam prosesnya menggunakan teknik deskristif kualitatif dengan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, dan analisis data. Sedangkan dalam proses analisis data dalam penelitian ini yaitu pemahaman materi, pegumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menilai konsep bongkaran sangat membantu dalam menyejahterakan anggota dan efektih dalam mendapatkan kas untuk paguyuban kejawen sambung roso.

 

References

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sumarsan, Thomas. 2013. Perpajakan Indonesia (Vol 3). Jakarta: PT. Indeks

Sugiri, Slamet dan Bogat Agus Riyono. 2008. Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta: STIM

Surakhmad, Winarno. 1983. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Transito

Geertz, Clifford. 1989. Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka Jay

Martopangrawit. 1975. Pengetahuan Karawitan I. Surakarta: ASKI Surakarta.

Soedarjono, Harjo. 2007. Pemikiran Religius Budaya Spiritual Penghayat Kepercayaan Kejawen. Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

LJ, Moleong, Taylor. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Moh Nazir. 2011. Metode Penelitian Cetakan 6. Bogor: Ghalia Indonesia
Published
2020-06-20
How to Cite
Putri, R. L., & Martanti, D. E. (2020). Model Akuntansi Kejawen “Bongkaran” (Studi Pada Paguyuban Sambung Roso Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kab. Blitar). AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(1), 71-80. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i1.1060