Inovasi Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Mempermudah Pembelajaran Huruf Hijaiyah

Authors

  • Sri Lestanti Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Universitas Islam Balitar
  • Sandi Widya Permana Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.35457/scs.v5i2.5284

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Huruf Hijaiyah, Pendidikan Anak Usia Dini, SiPuTiH, Pengenalan Tulisan Tangan

Abstract

Pembelajaran huruf Hijaiyah pada anak usia dini di TK Pertiwi Wonorejo 02, Blitar masih menghadapi kendala akibat penggunaan metode konvensional yang cenderung pasif dan kurang interaktif, sehingga motivasi serta efektivitas belajar siswa belum optimal. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan inovasi teknologi berupa aplikasi edukasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) bernama SiPuTiH (Sistem Pengenalan Tulisan Tangan Hijaiyah). Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap: (1) Persiapan, meliputi survei, koordinasi dengan mitra, dan finalisasi aplikasi berbasis Convolutional Neural Network (CNN); (2) Implementasi, berupa pelatihan dan pendampingan guru serta uji coba aplikasi oleh siswa; (3) Evaluasi, melalui pre-test, post-test, observasi, wawancara, dan angket respon. Hasil menunjukkan bahwa SiPuTiH berhasil diimplementasikan secara efektif, dengan peningkatan signifikan pada motivasi dan pemahaman siswa dalam menulis huruf Hijaiyah. Guru memberikan respon sangat positif, menilai aplikasi ini modern, interaktif, dan memudahkan pemantauan perkembangan siswa.

References

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:219069701

Amartama, S. N., Hidayah, A. N., Sari, P. K., & Ramadhani, R. A. (2024). Implementasi Convolutional Neural Network (CNN) dalam Pengenalan Pola Tulisan Tangan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains.

Budiman, S. N. (2025). SiPuTiH, Inovasi AI dari Unisba Blitar yang Bikin Anak TK Melek Hijaiyah. Jatim Times.

Hafidhoh, N., Lestariningsih, T., Atmaja, A. P., Fajar, M. S., Sumafta, I. B., & Izzah, D. N. (2023). Recognition of Hijaiyah Letters with Punctuation Using Augmented Reality. TIERS Information Technology Journal. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:262189675

Handoko, A. A., Rosid, M. A., & Indahyanti, U. (2024). Implementasi Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Bima. SMATIKA - STIKI Informatika Jurnal, 14, 96–110.

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 116–126.

Kurniawan, H., W.U, A. S., & Tambunan, R. W. (2024). Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JAMI - Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5, 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.285

Mahalaya, S. T., & Putri, S. F. (2024). AI Learning: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Evaluasi Proyek Investasi. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economic (NSAFE), 94–106.

Narpila, S. D., Pitaloka, D. D., Ramadhan, R., & Rusydi, A. M. (2025). Perbandingan Kegiatan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa(Studi Kasus pada Kls VIII A SMP Cerdas Bangsa, Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3, 210–220.

Ni’mah, I. K., & Roziqin, A. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Ummi di TK Kreatif Al-Furqon. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 151–159.

Nurjannah, N., & Rahmansyah, S. (2024). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AL-HARBI. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:277980715

Putri, D. E., Jumadi, & Nurlatifah, E. (2025). Klasifikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Bahasa Isyarat Arab Menggunakan Transfer Learning EfficentNetB1. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 10, 1371–1384.

Downloads

Published

2025-12-01

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

Inovasi Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Mempermudah Pembelajaran Huruf Hijaiyah. (2025). Science Contribution to Society Journal, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.35457/scs.v5i2.5284