Inovasi Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Mempermudah Pembelajaran Huruf Hijaiyah
DOI:
https://doi.org/10.35457/scs.v5i2.5284Keywords:
Kecerdasan Buatan, Huruf Hijaiyah, Pendidikan Anak Usia Dini, SiPuTiH, Pengenalan Tulisan TanganAbstract
Pembelajaran huruf Hijaiyah pada anak usia dini di TK Pertiwi Wonorejo 02, Blitar masih menghadapi kendala akibat penggunaan metode konvensional yang cenderung pasif dan kurang interaktif, sehingga motivasi serta efektivitas belajar siswa belum optimal. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan inovasi teknologi berupa aplikasi edukasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) bernama SiPuTiH (Sistem Pengenalan Tulisan Tangan Hijaiyah). Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap: (1) Persiapan, meliputi survei, koordinasi dengan mitra, dan finalisasi aplikasi berbasis Convolutional Neural Network (CNN); (2) Implementasi, berupa pelatihan dan pendampingan guru serta uji coba aplikasi oleh siswa; (3) Evaluasi, melalui pre-test, post-test, observasi, wawancara, dan angket respon. Hasil menunjukkan bahwa SiPuTiH berhasil diimplementasikan secara efektif, dengan peningkatan signifikan pada motivasi dan pemahaman siswa dalam menulis huruf Hijaiyah. Guru memberikan respon sangat positif, menilai aplikasi ini modern, interaktif, dan memudahkan pemantauan perkembangan siswa.
References
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:219069701
Amartama, S. N., Hidayah, A. N., Sari, P. K., & Ramadhani, R. A. (2024). Implementasi Convolutional Neural Network (CNN) dalam Pengenalan Pola Tulisan Tangan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains.
Budiman, S. N. (2025). SiPuTiH, Inovasi AI dari Unisba Blitar yang Bikin Anak TK Melek Hijaiyah. Jatim Times.
Hafidhoh, N., Lestariningsih, T., Atmaja, A. P., Fajar, M. S., Sumafta, I. B., & Izzah, D. N. (2023). Recognition of Hijaiyah Letters with Punctuation Using Augmented Reality. TIERS Information Technology Journal. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:262189675
Handoko, A. A., Rosid, M. A., & Indahyanti, U. (2024). Implementasi Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Bima. SMATIKA - STIKI Informatika Jurnal, 14, 96–110.
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 116–126.
Kurniawan, H., W.U, A. S., & Tambunan, R. W. (2024). Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JAMI - Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5, 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.285
Mahalaya, S. T., & Putri, S. F. (2024). AI Learning: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Evaluasi Proyek Investasi. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economic (NSAFE), 94–106.
Narpila, S. D., Pitaloka, D. D., Ramadhan, R., & Rusydi, A. M. (2025). Perbandingan Kegiatan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa(Studi Kasus pada Kls VIII A SMP Cerdas Bangsa, Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3, 210–220.
Ni’mah, I. K., & Roziqin, A. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Ummi di TK Kreatif Al-Furqon. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 151–159.
Nurjannah, N., & Rahmansyah, S. (2024). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AL-HARBI. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:277980715
Putri, D. E., Jumadi, & Nurlatifah, E. (2025). Klasifikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Bahasa Isyarat Arab Menggunakan Transfer Learning EfficentNetB1. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 10, 1371–1384.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Science Contribution to Society Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

