PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DIPADU MIND MAPPING MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

  • Mar’atus Sholihah Dosen Pendidikan Biologi Universitas Islam Balitar Blitar
  • Susriyati Mahanal Dosen Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
  • Triastono Imam Prasetyo Dosen Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
Abstract views: 455 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 262

Abstract

Observasi di kelas menunjukkan adanya permasalahan terkait motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah akibat pembelajaran kurang bervariasi dan siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran quantum teaching dipadu mind mapping dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Motivasi belajar diukur dengan angket dan observasi sedangkan hasil belajar diukur dengan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan quantum teaching dipadu mind mapping meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 8,5% (angket) dan sebesar 10% (observasi) serta meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 41% ranah kognitif dan 56% ranah psikomotorik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, I.S. 2016. Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. (Online). (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/download/39/37), diakses 2 April 2019.
Ariana, M., dan Mirabela, A. 2012. Mind Mapping And Brainstorming As Methods Of Teaching Business Concepts In English As A Foreign Language. Academica Science Journal Psychologica Series, 1(1): 75-83
Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Deporter, B., Reardon, M., dan Nourie, S.S. 2002. Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifia.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pengembangan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.
Jhonson, B. & Jhonson. 1991. Learning Together an Alone: Cooperatif, Competitive and Indi¬vidualistic Learning 3rd, Boston: Allyn Acon. (Online). (http://www.nactateachers.org/attachments/article/1439/Smith_ NACTA_Journal_Sept_1979-2.pdf), diakses 2 April 2019.
Keller, J. M. 2010. Motivational Design for Learning and Performance. New York: Springer. (Online). (http://link.springer.com/book), diakses 5 April 2019.
Kusuma, A. S. H. M. 2011. Implementasi Pembelajaan Berbasis Lesson study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.
Lisnawati. 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut. (Online). (http://repository.unpas.ac.id/37046/), diakses 2 April 2019.
Luthfiana, A. 2016. Penerapan Mind Mapping dalam Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun 2015/2016. (Online). (http://digilib.unila.ac.id/21724/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 2 April 2019.
Mukhtar, R. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/18297/1/SKRIPSI%20RA DINAL%20MUKHTAR%20%2809208241033%29.pdf), diakses 2 April 2019.
Rahmawan, A. 2015. Pengaruh Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. (Online). (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2131/), diakses 2 April 2019.
Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sari, R.I.P. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik, II (1): 26-32.
Sholihah, M. 2014. Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang
Suciati & Irawan. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka
Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar IPA Berbasis Konstruktivisme. Malang: JICA.
Syahidah, N. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Prosiding seminar nasional Universitas Negeri Yogyakrta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/21693/1/12%20Nuris%20Syahidah.pdf), diakses 2 April 2019.
Uno, H. B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yahya, H. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1): 155-166
Yosefa, B, dan Nurjanah, E. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Mind Mapping terhadap Kemampuan Penalaran Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2): 146-15.
Yuliany, N. 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SDN Emmy Saelan Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (2): 126-137.
Yunarti, T. 2009. Fungsi dan Pentingnya Pertanyaan dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/7023/1/ output.pdf), diakses 14 April 2019.

PlumX Metrics

Published
2019-01-01
How to Cite
Sholihah, M., Mahanal, S., & Prasetyo, T. I. (2019). PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DIPADU MIND MAPPING MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 78-92. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.672