ANALISIS UNSUR INSTRINSIK DAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN PADA CERITA FIKSI KONTEMPORER MAHASISWA
Abstract
Cerita fiksi kontemporer merupakan sastra anak yang menjadi bagian penting dalam proses pendewasaan anak. Cerita fiksi kontemporer menyajikan cerita dengan latar cerita berupa kehidupan yang dialami siswa secara realistis. Melalui fiksi kontemporer siswa dapat mengetahui wawasan, teladan, dan nilai-nilai dalam kehidupan. Sastra anak jenis ini memiliki berbagai unsur yang menyokong kelengkapan cerita sehingga memberikan dampak nyata bagi kehidupan anak. Unsur dalam cerita fiksi kontemporer meliputi unsur pembangun dari dalam dan luar cerita. Unsur dari dalam (intrinsik) meliputi tema, tokoh, alur, latar, dan amanat, sedangkan unsur luar cerita (ekstrinsik) adalah nilai-nilai yang terkandung dalam cerita. Tujuan pada penelitian ini adalah memaparkan unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai kehidupan dari cerita fiksi kontemporer karya mahasiswa PGSD Universitas Islam Balitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberagaman bentuk unsur pembangun yang ada dalam karya fiksi kontemporer mahasiswa. Selain itu, nilai-nilai kehidupan yang nampak dari karya adalah nilai moral, sosial, dan religius.
Downloads
References
Hasanah, M. 2012. Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-anak untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. LITERA, (Online), 11 (1): 98-109, (http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1150), diakses pada tanggal 2 Februari 2019
Huck, C.S., Hepler, S. &Hickman, J. 1987. Children’s Literature in the Elementary School. New York: Holt, Rinchat and Winston.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada
Stewig, J. W. 1980. Children and Literature. Chicago:Rand Menally College Publishing Company
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suratman. Munir, Salamah, Umi. 2014. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Malang: Intimedia
Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kumpulan Prosa Anak. Mahsiswa PGSD 2018/2019.
Copyright (c) 2019 Ida Putriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).