Kontribusi Pemikiran Burhanuddin Al-Biqa’i pada Kitab Nazhmu ar-Durar dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam di Era Modern
Abstract
Pendidikan Islam merupakan salah satu komponen utama dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa. Di era digital 4.0 ini dimana komunikasi yang asalnya partikular menjadi universal, pendidikan agama Islam harus dapat menjadi ruh yang mengarahkan teknologi agar senantiasa bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan Islam menurut Burhanuddin Al-Biqa’i dalam kitab tafsir Nazhmu ar-Durar. Riset ini menggunakan studi pustaka (Library Research) dengan cara membaca dan menelaah literatur yang menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan melalui dokumen dan teks yang berkaitan dengan topik kajian, baik berupa buku, artikel jurnal dan lainnya. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa pendidikan Islam tidak boleh bersifat monolitik, namun harus integratif dengan mata pelajaran non agama serta sains dan teknologi agar generasi muda saat ini berkeinginan dan tertarik untuk mempelajari agama dengan baik dan juga pendidikan Islam bisa menjadi nilai yang mewarnai setiap keahlian dan profesi warga negara Indonesia. Dengan demikian, akhlak dan karakter bangsa akan terbangun dengan baik sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dan dicita-citakan oleh undang-undang.
Downloads
References
Elvira, “Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada Sekolah Dasar Di Desa Tonggolobibi),” IQRA J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., vol. 16, no. 2, pp. 93–98, 2021, doi: 10.56338/iqra.v16i2.1602.
N. Afif, “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 01, pp. 117–129, 2019, doi: 10.37542/iq.v2i01.28.
S. Bahri, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah,” Ta’allum J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 57–76, 2015, doi: 10.21274/taalum.2015.3.1.57-76.
U. Faruq, “Ibrahim ’Umar Al-Biqa’i: Embracing Previous Traditions Through Intertextual Interpretation,” Mutawatir J. Keilmuan Tafsir Hadith, vol. 13, no. 1, pp. 77–95, 2023.
A. S. Mahmudin, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Tingkat Sekolah Dasar,” SITTAH J. Prim. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 95–106, 2021, doi: 10.30762/sittah.v2i2.3396.
Noorzanah, “Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam,” Ittihad J. Kopertais Wil. XI Kalimantan, vol. 15, no. 28, pp. 68–74, 2017.
A. H. Ar-Rifa’i, “Konsep Persaudaraan Intra Agama Islam dalam Tafsir Nadhmuddurar Karya Al-Biqa’i,” Ulumul Qur’an J. Kaji. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, vol. 2, no. 2, pp. 226–238, 2022, doi: 10.58404/uq.v2i2.115.
M. F. El Karimah, “Munasabah Dalam Perspektif Ilmu Al-Qur’an: Studi Atas Al-Burhan Fi Ulumul Quran Karya Al-Zarkasyi (W. 749 H),” Al-Risalah J. Stud. Agama dan Pemikir. Islam, vol. 14, no. 1, pp. 47–61, 2023, doi: 10.34005/alrisalah.v13i1.2209.
M. A. Somad, “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 13, no. 2, pp. 171–186, 2021, doi: 10.37680/qalamuna.v13i2.882.
M. Turmuzi, “Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia,” AL-ISHLAH J. Pendidik. Islam, vol. 19, no. 2, pp. 262–281, 2021.
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
M. B. Milles, M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcsbook. Los Angeles-London: Sage, 2014.
S. A. K. A. M. A. B. U. M. As-Sakhawi, Adh-Dhau’ al-Lami’ li Ahli al-Qarn at-Tasi. Beirut: Daar Maktabah al-Hayah, 1992.
M. Turmuzi, “Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia,” AL-ISHLAH J. Pendidik. Islam, vol. 19, no. 2, pp. 262–281, 2021.
K. M. M. A. F. Z. Ad-Dimasyqi, Al-A’lam, Beirut: Daar al-‘Ilmi li al-Malayin, 2002.
A. A. W. Al-Maushili, Al-Imam al-‘Allamah Burhanuddin al-Biqa’i wa Manhajuhu fî at-Tafsir, Amman: Daar al-Fath li ad-Dirasaat wa an-Nasyr, 2014.
R. P. Nanu, “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al Attas Terhadap Pendidikan Di Era Modern,” Tarbawi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 1, pp. 14–29, 2021, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3436.
R. Sholihin, “Munasabah Al-Quran: Studi Menemukan Tema yang Saling Berkorelasi Dalam Konteks Pendidikan Islam,” J. Islam. Law Stud., vol. 2, no. 2, pp. 1–20, 2018.
B. A. H. I. U. Al-Biqa’i, Nazhmu Al-Durar fi Tanasubi Al Ayat wa As Suwar, Kairo: Darol Kutob Al Islami, 1984
M. Rouf, “Manajemen Kurikulum Integratif Madrasah - Pesantren,” Al-Hikmah; J. Stud. Keislam., vol. 6, no. September, pp. 1–21, 2016
S. N. A. Unik Hanifah Salsabila, Prima Laillatul Ramadhan, Naufal Hidayatullah, “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, 2022.
R. Abawahida, Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).