Perbedaan Keaktifan Mahasiswa Menggunakan Metode Active Learning Tipe Team Quiz dengan Metode Konvensional Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

  • Silvia Adi Putri PRODI D-III Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Erpidawati Erpidawati PRODI D-III Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Abstract views: 23 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 27
Keywords: Sampel, Pengujian, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan mahasiswa menggunakan metode pembelajaran Active Learing Tipe Team Quis dengan metode Konvensional pada program studi administrasi rumah sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan pada subjek penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Administrasi Rumah Sakit yang berjumlah 26. Sampel pada mata kuliah komunikasi. Penelitian ini dilihat dari hasil pengamatan keaktifan pre-test mahasiswa. Dari hasil pengamatan keaktifan pre-test mahasiswa tersebut kemudian dianalisis secara statistik. Teknik pengumpulan data diambil dari pengamatan keaktifan mahasiswa yang uji dengan teknik Uji t Independent setelah perlakuan di kelas eksperimen dengan menerapkan Model Pembelajaran Active Learing Tipe Team Quis. Berdasarkan analisis data akhir diperoleh dari pengujian Uji t Independent terdapat nilai t hitung-1,007 lebih kecil dari 1,199 dengan nilai signifikasi sebesar 0,285 > 0,05 maka Ha ditolak Ho diterima. Yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Active Learing Tipe Team Quis dengan mahasiswa yang mengunakan metode Konvensional pada mata kuliah komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yulia D, Purnamasari R, Purnamasari R. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 8 Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Hist J Progr Stud Pendidik Sej. 2019;4(1):34–45.

Bahrian T, Romdhoni AA. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dengan Metode Team Quiz Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di MTs Negeri 12 Indramayu. Couns J Bimbing … [Internet]. 2023;4(2):142–52. Available from: https://counselia.faiunwir.ac.id/index.php/cs/article/view/75

Anggara RTP. Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Dapat Menuntaskan Hasil Belajar Mata Diklat Di Smk. J Kaji Pendidik Tek Bangunan. 2021;

Sri Parnayathi IGA. Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. J Educ Action Res. 2020;4(4):473.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2013.

Nasrulloh Ahmad EK. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dan Active Learning Pada Materi Larutan Penyangga. JournalUnnesAcId. 2015;4(2252):47–52.

Erpidawati E, Susanti E. Kontribusi Pengelolaan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kesehatan Dan Mipa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. J Benefita. 2019;1(1):70.

Erpidawati E, Putri SA. Penerapan Model SAVI (Somatic, Audiotory, Visualition, Intellectual) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Prodi Administasi Rumah Sakit. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2022;4(1):795–802.

Aswan DSB dan Z. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: PTRinekaCipta. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2010. 2010 p.

Wariani T, Hayon VHB. Kajian Tentang Keaktifan , Hasil Belajar , dan Produk yang Dihasilkan Mahasiswa Pada Perkuliahan yang Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek Study of Activity , Learning Outcomes , and Products Produced in Students that Apply Project-Based Learning. 2023;05:134–42.

Hadi OR, Yuliani E, Gunawan H. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA PGRI Prabumulih Oleh: J Pendidik dan Ilmu Ekon Akunt. 2022;6:1–6.

Siahaan FB. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Type Quis Team Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.pdf. Suluh Pendidik. 2014;

Rofiq MA. Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. J BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov Pendidikan). 2019;1(2):20–5.

Darmawan. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.

Darmadi H. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta;

Machmudha NA. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team Quiz Pada Pembelajaran Ips Terhadap Tanggung Jawab Siswa. Basic Educ. 2019;623–30.

Neraca J, Pendidikan J, Ekonomi I, Volume A. Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum Merdeka. J Neraca. 2023;7:143–54.

Amalia L. Pembentukan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Metode Think Pair Share. MOTEKAR J Multidisiplin Teknol dan Arsit. 2023;1(1):12–7.

Kamza M, Husaini, Ayu IL. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. J Basicedu [Internet]. 2021;5(5):4120–6. Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

PlumX Metrics

Published
2024-01-26
How to Cite
Putri, S. A., & Erpidawati, E. (2024). Perbedaan Keaktifan Mahasiswa Menggunakan Metode Active Learning Tipe Team Quiz dengan Metode Konvensional Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 135-141. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3432