Penekanan Peraturan Kelas untuk Melatih Kedisiplinan Sejak Dini pada Siswa Prasekolah

  • Jesica Albertha Mone Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Teachers College Universitas Pelita Harapan
  • Wiputra Cendana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Teachers College Universitas Pelita Harapan
Abstract views: 261 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 171
Keywords: Regulasi, Manajemen Kelas, Prasekolah

Abstract

Kedisiplinan membantu dalam mencapai hal-hal baik seperti tujuan, harapan, dan tanggung jawab siswa yang merupakan persiapan bagi masa dewasa. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk melatih kedisiplinan adalah menekankan peraturan dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di salah satu TK di kota Tangerang, menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa prasekolah masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tetap melakukan pelanggaran seperti duduk menyimpang dari matras, tidak mengangkat tangan sebelum bicara, dan berbicara ketika guru menjelaskan meskipun peraturan telah diterapkan. Oleh karena itu, tujuan penulisan paper untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa prasekolah melalui penekanan peraturan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penekanan peraturan kelas yang sesuai dengan tahapan usia anak berhasil melatih siswa disiplin dari 62,5% menjadi 100%. Penekanan peraturan disertai dengan peran guru sebagai penuntun membantu siswa memahami batasan, belajar mengontrol perilaku dan emosi mereka, dan pada akhirnya mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses. Saran penelitian antara lain guru perlu konsisten dalam penekanan peraturan dan guru dapat menambahkan crowded breaker untuk menarik kembali perhatian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. D. Y. Manik dan Y. Tanasyah, “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK,” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, vol. 2, no. 1, hlm. 50–62, Des 2020, doi: 10.55076/didache.v2i1.41.

D. Irawati, A. Iqbal, A. Hasanah, dan B. Arifin, “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa ,” Jurnal Edumaspul, vol. 6 (1), hlm. 1224–1238, 2022.

I. Iriany, “Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa,” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 8 (1), hlm. 54–85, 2014.

H. Putra, D. Setiawan, dan N. Fajrie, “Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas,” Jurnal Prakarsa Paedagogia , vol. 3 (1), hlm. 97–104, 2020.

C. Aulina, “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini,” PEDAGOGIA, vol. 2 (1), hlm. 36–49, Feb 2013.

R. Abdullah, “Urgensi Disiplin dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal, vol. 3 (1), hlm. 18–33, 2015.

S. F. N. Inayah dan N. A. Wiyani, “Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini,” Asghar: Jurnal of Children Studies, vol. 2(1), hlm. 12–25, 2022.

S. Mardikarini dan L. C. K. Putri, “Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa kelas III,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2 (01), hlm. 30–37, 2020.

L. Gultom dan M. F. Siahaan, “Penerapan Reward dan Konsekuensi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II SD Sekolah Kristen ABC [The Implementation of Rewards and Consequences to Improve Students’ Discipline in Grade II of Christian School ABC],” Polyglot: Jurnal Ilmiah, vol. 12 (2), hlm. 100–116, 2016.

L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 1(2), hlm. 77–92, 2017.

Y. Novitasari dan D. Prastyo, “Egosentrisme anak pada perkembangan kognitif tahap praoperasional,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 7(1), hlm. 2407–4454, 2020.

C. M. Naibaho, W. Cendana, dan T. K. Araini, “Penerapan Peraturan dan Prosedur terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Daring,” GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, vol. 2(2), hlm. 165–174, 2021.

K. Debora dan C. Han, “Pentingnya peranan guru Kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan Kristen: Sebuah kajian etika Kristen,” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, vol. 2(1), hlm. 1–14, 2020.

E. H. Nadeak dan D. Hidayat, “Karakteristik pendidikan yang menebus di suatu sekolah Kristen [The characteristics of redemptive education in a Christian school],” Polyglot: Jurnal Ilmiah, vol. 13(2), hlm. 87–98, 2017.

I. F. Rochimi dan S. Suismanto, “Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini,” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 3(4), hlm. 231–246, 2018.

J. Alimuddin, “Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 2(2), hlm. 108–116, 2015.

Sugiyono, Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.

Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif, Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.

M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7(1), hlm. 2896–2910, 2023.

W. Wahidmurni, Pemaparan metode penelitian kualitatif. 2017.

R. C. Sproul, Kebenaran-kebenaran dasar iman Kristen. Malang: Departemen Literatur SAAT, 2023.

M. K. Purba dan I. A. W. Chrismastianto, “Peran guru Kristen sebagai penuntun siswa memulihkan gambar dan rupa Allah dalam kajian etika kristen,” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, vol. 3(1), hlm. 83–92, 2021.

I. Nuban, R. Triposa, dan Y. A. Arifianto, “Deskripsi Pemahaman Siswa terhadap Kedisiplinan sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kristen,” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 2(2), hlm. 221–241, 2021.

A. Parnawi, Psikologi perkembangan. Deepublish, 2021.

P. Hermoyo, “Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini,” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1(1), 2015.

N. S. Kumayas dan W. Cendana, “Penerapan peraturan dan prosedur kelas guna mendisiplinkan siswa sekolah dasar dalam pembelajaran virtual,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 4(1), hlm. 25–30, 2021.

C. E. Juniarti, PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG SUKSES. 2023.

V. Y. R. Seco dan W. Cendana, “Penerapan refleksi pribadi untuk membantu guru menjalankan peran sebagai fasilitator pada pembelajaran daring,” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1(02), hlm. 103–116, 2022.

M. M. Fawaid, “Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa,” Jurnal Civic Hukum, vol. 2(1), hlm. 9, 2017.

A. N. Esmiati, N. Prihartanti, dan P. Partini, “Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa,” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol. 8(1), hlm. 85–95, 2020.

PlumX Metrics

Published
2024-02-01
How to Cite
Mone, J. A., & Cendana, W. (2024). Penekanan Peraturan Kelas untuk Melatih Kedisiplinan Sejak Dini pada Siswa Prasekolah. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 190-200. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3429