Hasil Belajar Statistika Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI dengan Metode Hybrid Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pembelajaran statistika dengan metode hybrid learning. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI yang sudah menyelesaikan mata kuliah Statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 6 orang mahasiswa Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek pada penelitian berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan sangat baik. Siswa dengan kemampuan sedang dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan baik. Siswa dengan kemampuan rendah dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan cukup baik.
Downloads
References
Muh. N. Akbar, L. Dama, M. A. Ibrahim, S. A. Mabuia, dan A. H. Uno, “Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.31605/ijes.v4i2.1483.
L. R. A. Agnes, “Optimalisasi Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) di SMP Negeri 50 Surabaya,” Jurnal Pendidikan Sendratasik, vol. 11, no. 2, hlm. 276–290, 2022.
A. R. Riyanda, T. Agnesa, A. Wira, A. Ambiyar, S. Umar, dan U. Hakim, “Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2794.
M. Li, “Learning Behaviors and Cognitive Participation in Online-Offline Hybrid Learning Environment,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 17, no. 1, 2022, doi: 10.3991/ijet.v17i01.28715.
V. Verawati dan D. Desprayoga, “Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning,” dalam Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.
H. H. Alsowat, “Hybrid Learning or Virtual Learning? Effects on Students’ Essay Writing and Digital Literacy,” Journal of Language Teaching and Research, vol. 13, no. 4, 2022, doi: 10.17507/jltr.1304.20.
R. T. Rodrigo dan L. H. Platon, “Hybrid learning for the digital natives: Impacts on academic performance and learning approaches,” Kasetsart Journal of Social Sciences, vol. 43, no. 1, 2022, doi: 10.34044/j.kjss.2022.43.1.27.
S. V. Sitepu, O. P. Sijabat, T. Naibaho, dan R. M. Simanjuntak, “Evaluasi Psikomotorik dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Hybrid Learning,” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.46229/elia.v2i2.487.
F. I. Sari, I. G. P. A. Buditjahjanto, dan L. Nurlaela, “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Computer Aided Fashion Design,” Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Aplikasi Komputer, 2018.
J. Jumarniati dan S. Ekawati, “Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Hybrid Learning,” Jurnal Literasi Digital, vol. 2, no. 3, 2022, doi: 10.54065/jld.2.3.2022.242.
E. D. Krisna, “Efektivitas Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Matematika di INSTIKI,” Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, vol. 2, no. 2, hlm. 237–247, Sep 2022, doi: 10.36733/pemantik.v2i2.5930.
A. Zainullah, E. T. Wisudaningsih, dan F. H. Ahnaf, “Efektivitas Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ainul Hasan,” JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, vol. 12, no. 2, hlm. 48–55, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs
T. Andayani, H. Sitompul, dan J. Situmorang, “Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi,” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 12, no. 2, 2020, doi: 10.24114/jupiis.v12i2.20155.
A. Aristika, Darhim, D. Juandi, dan Kusnandi, “The effectiveness of hybrid learning in improving of teacher-student relationship in terms of learning motivation,” Emerging Science Journal, vol. 5, no. 4, 2021, doi: 10.28991/esj-2021-01288.
M. Harlanu, A. Suryanto, T. A. Achmadi, dan B. Oktaviani, “Model Determinan Hasil Belajar Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Strategi Pembelajaran Hybrid Learning,” dalam Konservasi Pendidikan, vol. 4, 2023, hlm. 29–51. doi: https://doi.org/10.1529/kp.v1i4.124.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).