Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada fenomena perilaku anak yang kurang tanggung jawab dan memiliki sifat sosialisasi rendah, mencerminkan rendahnya pendidikan karakter yang seharusnya diperkenalkan secara lebih mendalam pada anak-anak. Dengan fokus tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan permainan tradisional sebagai sarana menumbuhkan karakter tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi pada anak berusia 10-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tipe ADDIE. Sepuluh guru sekolah dasar yang sudah bersertifikasi dari berbagai daerah yaituYogyakarta, Sleman, Bantul, Klaten, Batang, dan Bali, terlibat dalam analisis kebutuhan. Penilai ahli adalah sepuluh validator dan delapan anak sebagai peserta dalam uji terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan dilakukan melalui lima tahap ADDIE. Buku panduan pendidikan karakter mencapai kualitas "Sangat Baik" dengan skor 3,82. Selain itu, buku panduan menumbuhkan karakter anak dalam peningkatan tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi dengan nilai sebesar t (7) = 24,949, p= 0,000, p < 0,05. Pengaruh besar dari penerapan permainan tradisional Nusantara tergambar dengan r = 0,994 atau setara dengan 98%, termasuk dalam kategori "Efek Besar." Keefektifan buku panduan juga terkonfirmasi melalui N-Gain Score sebesar 86,47%, menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi.
Downloads
References
Prasetyo, N. (2011). Membangun karakter anak usia ini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan 113 karakter disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 286– 295.
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Mulyasa. (2016). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Peterson, & Seligman, M. E. . (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. Britania Raya: Oxford University Press.
Mu'min, S. A. (2013). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Ormrod, J. E. (2012). Human Learning. (6th ed.). United State of America: Pearson Education, Inc
Fitriastuti, W. (2014). Peningkatan Sikap Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Course Review Horay. Skripsi: FKIP, Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Peterson, & Seligman, M. E. . (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. Britania Raya: Oxford University Press.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini,
(1), 15-32. Diakses tanggal 22 Februari 2021, dari http://journal.unj.ac.id.
https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
S. Sugar and K. Sugar, Primary games: Experiental learning activities for teaching
children K-8. San Fransisco: Josey Bass, 2002.
World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking The Potentialof Technologi. Word Economic Forum
Jensen, E. (2011). Pemelajaran berbasis otak. Jakarta: PT Indeks.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media
Sukatni, K., & Nugrahanta, G. A. (2023). Inovasi pendidikan karakter rasa ingin tahu melalui buku pedoman pendidikan karakter berbasis permainan tradional. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 20. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.614
Kadek Swandewi, N., & Nugrahanta, G. A. (2023). Development of integrity character education guidebook based on traditional games for 10-12 year old children. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1).
https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3586
Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531.
Chrismantari, L., & Nugrahanta, G. A. (2023). Peran Permainan Tradisional terhadap Karakter Kepemimpinan Anak Usia 10-12 Tahun. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1).
Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional Terhadap Karakter Empati Anak 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1585
Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (n.d.). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. 4, 437–446. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3
Relita, H., Sekarningrum, V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Indonesia. In Elementary School (Vol. 8).
Adi, Banu Setyo, et al. Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 2020, 9.1: 33-39
Dybicz, P., & Pyles, L. (2011). The Dialectic Method: A Critical and Postmodern
Alternative to the Scientific Method. Advances in Social Work, 12(2), 301–317.
Hikmasari, Dyang Nur; Susanto, Happy; Syam, Aldo Redho. (2021) konsep pendidikan
karakter perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.
Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). Nilai karakter tanggung jawab dalam sajak-sajak subagio sastrowardoyo. Retorika: Jurnal Bahasa
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
J. M. Cooper and D. S. Hutchinson, Plato: Complete works. Indianapolis: Hackett
Publishing Company, 1997.
Widoyoko, S. E. P. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fakhrurrazi, F. Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 2018.
Sugrah, Nurfatimah. Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 2019, 19.2: 121-138.
Mulyani (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonsia. Diva Press
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).