Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun

  • Andreas Linggar Mahendra Program Studi Pendidikan Tenaga Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Sanata Dharma
  • Gregorius Ari Nugrahanta Program Studi Pendidikan Tenaga Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Sanata Dharma
Abstract views: 352 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 314
Keywords: Kefektifan, Kategori, Kebutuhan

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada fenomena perilaku anak yang kurang tanggung jawab dan memiliki sifat sosialisasi rendah, mencerminkan rendahnya pendidikan karakter yang seharusnya diperkenalkan secara lebih mendalam pada anak-anak. Dengan fokus tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan permainan tradisional sebagai sarana  menumbuhkan karakter  tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi pada anak berusia 10-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tipe ADDIE. Sepuluh guru sekolah dasar yang sudah bersertifikasi dari berbagai daerah yaituYogyakarta, Sleman, Bantul, Klaten, Batang, dan Bali, terlibat dalam analisis kebutuhan. Penilai ahli adalah sepuluh validator  dan delapan anak sebagai peserta dalam uji terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan dilakukan melalui lima tahap ADDIE. Buku panduan pendidikan karakter mencapai kualitas "Sangat Baik" dengan skor 3,82. Selain itu, buku panduan menumbuhkan karakter anak dalam peningkatan tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi dengan nilai sebesar t (7) = 24,949, p= 0,000, p < 0,05. Pengaruh besar dari penerapan permainan tradisional Nusantara tergambar dengan r = 0,994 atau setara dengan 98%, termasuk dalam kategori "Efek Besar." Keefektifan buku panduan juga terkonfirmasi melalui N-Gain Score sebesar 86,47%, menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prasetyo, N. (2011). Membangun karakter anak usia ini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan 113 karakter disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 286– 295.

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Mulyasa. (2016). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Peterson, & Seligman, M. E. . (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. Britania Raya: Oxford University Press.

Mu'min, S. A. (2013). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.

Ormrod, J. E. (2012). Human Learning. (6th ed.). United State of America: Pearson Education, Inc

Fitriastuti, W. (2014). Peningkatan Sikap Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Course Review Horay. Skripsi: FKIP, Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Peterson, & Seligman, M. E. . (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. Britania Raya: Oxford University Press.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini,

(1), 15-32. Diakses tanggal 22 Februari 2021, dari http://journal.unj.ac.id.

https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

S. Sugar and K. Sugar, Primary games: Experiental learning activities for teaching

children K-8. San Fransisco: Josey Bass, 2002.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking The Potentialof Technologi. Word Economic Forum

Jensen, E. (2011). Pemelajaran berbasis otak. Jakarta: PT Indeks.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media

Sukatni, K., & Nugrahanta, G. A. (2023). Inovasi pendidikan karakter rasa ingin tahu melalui buku pedoman pendidikan karakter berbasis permainan tradional. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 20. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.614

Kadek Swandewi, N., & Nugrahanta, G. A. (2023). Development of integrity character education guidebook based on traditional games for 10-12 year old children. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1).

https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3586

Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531.

Chrismantari, L., & Nugrahanta, G. A. (2023). Peran Permainan Tradisional terhadap Karakter Kepemimpinan Anak Usia 10-12 Tahun. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1).

Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional Terhadap Karakter Empati Anak 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1585

Fajarwati, Y. E., & Nugrahanta, G. A. (n.d.). Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Empati Anak Usia 9-12 Tahun. 4, 437–446. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3

Relita, H., Sekarningrum, V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Indonesia. In Elementary School (Vol. 8).

Adi, Banu Setyo, et al. Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 2020, 9.1: 33-39

Dybicz, P., & Pyles, L. (2011). The Dialectic Method: A Critical and Postmodern

Alternative to the Scientific Method. Advances in Social Work, 12(2), 301–317.

Hikmasari, Dyang Nur; Susanto, Happy; Syam, Aldo Redho. (2021) konsep pendidikan

karakter perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.

Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). Nilai karakter tanggung jawab dalam sajak-sajak subagio sastrowardoyo. Retorika: Jurnal Bahasa

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

J. M. Cooper and D. S. Hutchinson, Plato: Complete works. Indianapolis: Hackett

Publishing Company, 1997.

Widoyoko, S. E. P. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fakhrurrazi, F. Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 2018.

Sugrah, Nurfatimah. Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 2019, 19.2: 121-138.

Mulyani (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonsia. Diva Press

PlumX Metrics

Published
2024-01-04
How to Cite
Mahendra, A. L., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 1-16. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3272