Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Perguruan Tinggi

  • Febi Dwi Widayanti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana
  • Eko Yuniarto Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Eny Wahyu Suryanti Program Studi Pendidikan PPKN Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Sri Rahayuningsih Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana
Abstract views: 82 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 62
Keywords: Kegiatan, Kualitatif, Wawancara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola manajemen pembelajaran berbasis e-learning di Perguruan Tinggi. e-learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan teknologi internet. Dengan penggunaan strategi pembelajaran berbasis e-learning maka dapat menjadi salah satu solusi untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tidak selalu harus di dalam ruang kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah deskripsi tentang pola manajemen pembelajaran berbasis e-learning yang dapat memberikan kontribusi sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi Perguruan Tinggi tentang pola manajemen pembelajaran berbasis e-learning dalam kegiatan pembelajaran agar terlaksana secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Aisy, S. R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Untuk Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 73. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.14303

Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Carter Jr, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Sciences, 121(5/6), 321–329. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Dabbagh, N., & Bannan-Ritland, B. (2005). Online learning: Concept, strategies, and application. Pearson education, Inc.

Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan pemberian reward dan punishment dengan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468.

Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2011). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. In A Practitioner Handbook on Evaluation (4th ed.). Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.4337/9781849808026.00007

Handoko, T. H. (2013). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (2nd ed.). BPFE.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep dan Manajemen. In UNY Press. UNY Press.

Hasanah, Y. M., & Husnul, N. R. I. (2019). Strategies In Alleviating Gepeng (Homeless People And Beggars) In Jabodetabek. ICOLEESS, 295–303. https://proceedings.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/icoleess/article/view/41.

Husnul, N. R. I., & Retnawati, H. (2017). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 189–198.

Husnul, N. R. I., & Suharyadi, A. (2021). Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p34-48

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kevin Tangkuman, Bernhard Tewal, & Irvan Trang. (2015). Penilaian Kinerja, Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pertamina (PERSERO) Cabang Pemasaran Suluttenggo. Jurnal EMBA, 3(2), 884–895. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/9245

Khan, B. H. (2005). Managing e-learning strategies: Design, delivery, implementation, and evaluation. Idea Group, Inc.

Koencoro, G. D. (2013). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA (Survei Pada Karyawan PT. INKA (Persero) Madiun). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2).

Kristiawan, M., Safitri, D., & Rena Lestari. (2017). Manajemen Pendidikan. In Deepublish (Issue February). Deepublish.

Mahmud. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi berbasis Nilai-niai Spiritualitas (D. Jamaluddin (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Manullang, M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika martua manullang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(2), 1–6.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51–66. https://doi.org/10.21009/pip.321.7

Muhlasin. (2019). Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar. Akademika, 15(1), 62–75.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185–195.

Nawawi, H. (2009). Manajemen Punishment Untuk Bisnis yang Kompetitif (4th ed.). Gajah Mada University Press.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembalajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia. Uwais Inspirasi Indonesia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management. In Suparyanto dan Rosad (2015 (7th ed., Vol. 5, Issue 3). Prentice Hall.

Rumiris, S. (2013). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III Rambutan. Jurnal Ilmiah Business Progress, 1(1), 17–26.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Stufflebeam, D. L. (1965). Toward A Science of Educational Evaluation. Educational Technology Publications.

Suharyadi, A. (2013). Implementasi E-Learning di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Hanata Widya, 2(3).

Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90

Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. CV. Mandar Maju.

Suryanti, E. W., & Bariyah, K. (2021). Model Pembelajaran berbasis E-Learning di Sekolah. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 23(2), 176–183.

Widayanti, F. D., Rahayuningsih, S., & Suryanti, E. W. (2022). Pelaksanaan Perkuliahan Microteaching berbasis E-Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 344–352. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13357

Widoyoko, S. E. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidikan Dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.

Yuniarto, E., Widayanti, F. D., & Khasanah, R. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 68–76. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.49

Zain, R., Ahmad, Z. A., & Kalijaga, F. (2017). Manajemen Perkuliahan Berbasis Elearning di Perguruan Tinggi. In Yogyakarta: NCIE CDIE &Kurnia Kalam …. National Consortium for Implementing Elearning (NCIE). https://core.ac.uk/download/pdf/323104937.pdf

PlumX Metrics

Published
2024-01-20
How to Cite
Dwi Widayanti, F., Yuniarto, E., Wahyu Suryanti, E., & Rahayuningsih, S. (2024). Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Perguruan Tinggi. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 64-82. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3016