Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Trigonometri di SMKN 3 Bangkalan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun Langkah-langkah yang digunakan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi massal. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yang digunakan untuk memperoleh data, yaitu instrumen validasi ahli, angket respons siswa, dan tes. Instrumen validasi ahli terdiri dari tiga validasi, yaitu validasi media tampilan, validasi materi, dan validasi media information technology (IT). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Artciulate Storyline 3 pada materi trigonometri dinyatakan sangat efektif berdasarkan persentase keberhasilan hasil belajar siswa, yaitu 80%.
Downloads
References
S. Arifin, “Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik,” Multilater. J. Pendidik. Jasm. dan Olahraga, vol. 16, no. 1, 2017, doi: 10.20527/multilateral.v16i1.3666.
R. Yektyastuti and J. Ikhsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 1, pp. 88–99, 2016.
M. Istiqlal, “Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 43–54, 2017, [Online]. Available: https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1480/1241
R. A. Pratama, “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based on Articulate Storyline 2 on Drawing Function Graphs Lesson in SMP Patra Dharma 2 Balikpapan,” DIMENSI, vol. 7, no. 1, pp. 19–35, 2018.
Intisari, “Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika,” J. Pendidik. Pascasarj. Magister PAI, vol. 1, no. 1, pp. 62–71, 2017.
I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 68, 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
K. Kamarullah, “Pendidikan Matematika di Sekolah Kita,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.
N. Suryani, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.
A. P. Febrianti, R. Sesanti, and A. Gutama, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang,” 2021. [Online]. Available: https://conference.unikama.ac.id/artikel/
M. A. Hamid, Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis, 2020.
I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, p. 57, 2017, doi: 10.21009/1.03108.
A. N. Yasin and N. Ducha, “Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA,” BioEdu, vol. 6, no. 2, pp. 169–174, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
H. Pujiastuti and R. Haryadi, “Interactive Math E-Book: An Alternative Learning Resources for 21st Century Learners,” 2019, doi: 10.4108/eai.21-11-2018.2282046.
A. Buchori and L. R. Masduki, “Pengembangan CD Pembelajaran Berbantu Cabri 3D dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Menengah Atas,” Euclid, vol. 2, no. 2, pp. 296–305, 2015, doi: 10.33603/e.v2i2.364.
A. Nurafni, H. Pujiastuti, and A. Mutaqin, “Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal,” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 4, no. 1, p. 71, Jan. 2020, doi: 10.31331/medivesveteran.v4i1.978.
N. Nurcikawati, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 4, no. 2, pp. 114–121, 2018, doi: 10.30738/sosio.v4i2.2766.
A. A. Jeheman, B. Gunur, and S. Jelatu, “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 191–202, 2019, doi: 10.31980/mosharafa.v8i2.454.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).