Implementasi Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto

  • Rhahmadanny Rhahmadanny Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Anwari Adi Nugroho Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Agus Purwanto Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara
Abstract views: 303 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 297
Keywords: Pengamatan, Penyelidikan, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah melalui model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode PTK dengan empat prosedur dalam pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan post test dengan indikator argumentasi ilmiah. Data dan sumber data berasal dari siswa dengan jumlah keseluruhan 36 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian dan guru mata pelajaran biologi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif . Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya pada siklus I 77% (28 siswa). Pada siklus II 90% (34 siswa). Pada siklus III 88% (32 siswa). Didalam pembelajaran disebutkan apabila telah mencapai ketuntasan secara klasikal > 75%. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry memiliki kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan sebuah gagasan didukung dengan bukti, dapat mengolah dan menyajikan data, dapat menuliskan dan menyampaikan argumen, dan dapat berdiskusi tentang penyelidikan yang diperoleh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Argument Driven Inquiry dapat meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Baǧ and M. Çalik, “A thematic review of argumentation studies at the K-8 level,” Egit. ve Bilim, vol. 42, no. 190, pp. 281–303, 2017.

Diniya and D. Rusdiana, “Improving Students’ Argumentation by Providing Analogical Mapping-Based Through Lab Inquiry for Science Class,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 288, no. 1.

P. Eggen and D. Kauchak, Strategies for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills, vol. 72, no. 508. Boston: Pearson HE, Inc., 2012.

N. Afni, A. Wahid, S. Hastati, A. M. Jumrah, and M. Mursidin, “Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba,” Madaniya, vol. 2, no. 2, pp. 137–142, 2021.

J. B. Manalu, P. Sitohang, N. Heriwati, and H. Turnip, “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” Mahesa Cent. Res., vol. 1, no. 1, pp. 80–86, 2022.

S. M. Brookhart, How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Class Room, vol. 88, no. 18. Alexandria: ASCD, 2010.

Y. M. Heong, W. B. Othman, J. B. M. Yunos, T. T. Kiong, R. Bin Hassan, and M. M. B. Mohamad, “The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 2, pp. 121–125, 2011.

S. Živkovic, “A Model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 232, no. April, pp. 102–108, 2016.

C. Rapanta, M. Garcia-Mila, and S. Gilabert, “What Is Meant by Argumentative Competence? An Integrative Review of Methods of Analysis and Assessment in Education,” Review of Educational Research, vol. 83, no. 4. pp. 483–520, 2013.

M. P. Jiménez-Aleixandre, A. Bugallo Rodríguez, and R. A. Duschl, “‘Doing the lesson’ or ‘doing science’: Argument in high school genetics,” Sci. Educ., vol. 84, no. 6, pp. 757–792, 2000.

F. A. Faize, W. Husain, and F. Nisar, “A critical review of scientific argumentation in science education,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 14, no. 1, pp. 475–483, 2018.

N. Hasanah, T. S. N. Asih, and ..., “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners,” … Nas. Mat., vol. 2, pp. 622–628, 2019.

J. Osborne, “Arguing to learn in science: The role of collaborative, critical discourse,” Science (80-. )., vol. 328, no. 5977, pp. 463–466, 2010.

D. R. Fatmawati, Harlita, and M. Ramli, “Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share,” Proc. Biol. Educ. Conf., vol. 15, no. 1, pp. 253–259, 2018.

N. Faiqoh, N. Khasanah, L. P. Astuti, R. Prayitno, and B. A. Prayitno, “Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati,” J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 3, p. 174, 2018.

B. Thornhill-Miller et al., “Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education,” Journal of Intelligence, vol. 11, no. 3. 2023.

O. S. Marhamah, I. Nurlaelah, and I. Setiawati, “Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (Adi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Ciawigebang,” Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 9, no. 2, p. 45, 2017.

K. L. McNeill, R. Katsh-Singer, M. González-Howard, and S. Loper, “Factors impacting teachers’ argumentation instruction in their science classrooms,” Int. J. Sci. Educ., vol. 38, no. 12, pp. 2026–2046, 2016.

N. Budi Tama, “Budi Tama,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 2, 2015.

K. L. Mcneill, “Teachers’ use of curriculum to support students in writing scientific arguments to explain phenomena,” Sci. Educ., vol. 93, no. 2, pp. 233–268, 2009.

S. E. Toulmin, The uses of argument: Updated edition. 2003.

D. Puspitarini, “Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 7, no. 1, 2022.

V. Sampson and L. Gleim, “Argument-driven inquiry to promote the understanding of important concepts & practices in biology,” Am. Biol. Teach., vol. 71, no. 8, pp. 465–472, 2009.

S. Kemmis, R. McTaggart, and R. Nixon, The action research planner: Doing critical participatory action research. 2014.

J. P. Walker and V. Sampson, “Learning to argue and arguing to learn: Argument-driven inquiry as a way to help undergraduate chemistry students learn how to construct arguments and engage in argumentation during a laboratory course,” J. Res. Sci. Teach., vol. 50, no. 5, pp. 561–596, 2013.

A. I. Anggraini, A. A. Nugroho, and T. Wiharti, “Penerapan Model Inquiry Lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 18, no. 1, pp. 1–5, 2021.

A. Weston, Kaidah Berargumentasi. 2007.

G. Keraf, Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.

J. Osborne, S. Erduran, and S. Simon, “Enhancing the quality of argumentation in school science,” J. Res. Sci. Teach., vol. 41, no. 10, pp. 994–1020, 2004.

D. Lazarou, S. Erduran, and R. Sutherland, “Argumentation in science education as an evolving concept: Following the object of activity,” Learn. Cult. Soc. Interact., vol. 14, pp. 51–66, 2017.

A. Zohar and F. Nemet, “Fostering students’ knowledge and argumentation skills through dilemmas in human genetics,” J. Res. Sci. Teach., vol. 39, no. 1, pp. 35–62, 2002.

R. Driver, P. Newton, and J. Osborne, “Establishing the norms of scientific argumentation in classrooms,” Sci. Educ., vol. 84, no. 3, pp. 287–312, 2000.

R. A. Duschl and J. Osborne, “Supporting and promoting argumentation discourse in science education,” Stud. Sci. Educ., vol. 38, no. 1, pp. 39–72, 2002.

PlumX Metrics

Published
2024-01-26
How to Cite
Rhahmadanny, R., Nugroho, A. A., & Purwanto, A. (2024). Implementasi Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 124-134. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.2936