Pengaruh Pembelajaran Analogi Melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Luas di Sekolah Dasar

  • Nelly Kholifatur Rosyida Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan http://orcid.org/0009-0003-4090-2180
  • Mohammad Faizal Amir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan
  • Mahardika Darmawan Kusuma Wardana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan http://orcid.org/0000-0002-9035-0092
Abstract views: 143 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 121
Keywords: Deskriptif, Pengukuran, Materi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran analogi melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap hasil belajar pada materi pengkuran luas. Penelitian  ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah kelas V Sekolah Dasar sebanyak 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data terdiri dari data statistik deskriptif, validitas, realibilitas, pengujian normalitas, uji-t. Instrumen penelitian adalah tes yang terdiri dari masalah sumber dan masalah target. Hasil pembelajaran analogi melalui SPS diperoleh yaitu 0,90 < 0,05, yang menunjukkan bawah pembelajaran SPS berbasis analogi memiliki dampak pada kemampuan berpikir siswa.  Pengaruh dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran analogi ini siswa mampu berfikir lebih kreatif dan memudahkan siswa untuk menemukan konsep yang akan meyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menyarankan agar siswa mampu berpikir secara analogi melalui model SPS pada materi pengukuran luas, sehingga dapat meminimalisir kesalahan konsep pada pengetahuan awal dan dapat mengidentifikasi konsep maupun proses penyelesaian pada masalah sumber untuk membantu menyelesaikan masalah target dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. P. Azmi, “analisis pengembangan tes kemampuan analogi matematis pada materi segi empat,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 2, p. 099, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i2.7490.

J. Sofiani, D. Nurjamil, and E. Nurhayati, “kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self- concept,” J. Inov. Pembelajaran Mat. PowerMathEdu, vol. 02, no. 01, pp. 17–30, 2023.

D. Agusantia and D. Juandi, “Kemampuan penalaran analogi matematis di Indonesia: systematic literature review,” Symmetry Pas. J. Res. Math. Learn. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 222–231, 2022, doi: 10.23969/symmetry.v7i2.6436.

G. Dwirahayu, Pendekatan Analogi dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa. 2018.

U. Sak, “selective problem solving (sps): a model for teaching creative problem-solving,” Gift. Educ. Int., vol. 27, no. 3, pp. 349–357, 2011, doi: 10.1177/026142941102700310.

U. Endardini, “Pengaruh model pembelajaran selective problem solving (SPS) terhadap kemampuan higher order thinking skill dan disposisi matematika,” p. 224, 2017.

A. Fauzan, “applying realistic mathematics education (RME) in teaching geometry in indonesian primary schools,” 2002. doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012049.

M. Nurwahid, “analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan permasalahan luas gabungan bangun datar berdasarkan watson’s error category,” J. Educ., vol. 3, no. 4, pp. 308–319, 2021, doi: 10.31004/joe.v3i4.388.

I. Fauzi and A. Arisetyawan, “analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri,” J. Mat. Kreat. Inov., vol. 1, no. 11, pp. 26–35, 2020, doi: 10.36418/jurnalsostech.v2i7.377.

R. Andriani and R. Rasto, “motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 80, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

A. Septian, D. Agustina, and D. Maghfirah, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 10, 2020, doi: 10.33365/jm.v2i2.652.

M. Nainggolan, D. S. Tanjung, and E. J. Simarmata, “pengaruh model pembelajaran savi terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2617–2625, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1235.

E. W. Bagus, I. Isnarto, A. Nur Cahyono, J. Kartini Bawen No, and J. Tengah, “mathematical problem solving ability of vocational school students reviewed from self regulated learning in selective problem solving (SPS) assisted learning management system (LMS) learning,” Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 11, no. 2, pp. 2022–171, 2022.

Z. Arifin, “kriteria instrumen dalam suatu penelitian,” J. Theorems (the Orig. Res. Math., vol. 2, no. 1, pp. 28–36, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta, 2018.

D. I. Rahmawati and R. H. Pala, “kemampuan penalaran analogi dalam pembelajaran matematika,” Euclid, vol. 4, no. 2, pp. 717–725, 2017, doi: 10.33603/e.v4i2.317.

R. H. Kaban, D. Anzelina, R. Sinaga, and P. J. Silaban, “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 102–109, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.574.

E. Evendi, “intervensi model pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan berpikir kreatif mahasiswa,” J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 93–102, 2022, doi: 10.36765/jp3m.v5i2.579.

PlumX Metrics

Published
2023-09-06
How to Cite
Rosyida, N. K., Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Analogi Melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Luas di Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 269-277. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2929
Section
Articles