Pengaruh Pembelajaran Analogi Melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Luas di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran analogi melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap hasil belajar pada materi pengkuran luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah kelas V Sekolah Dasar sebanyak 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data terdiri dari data statistik deskriptif, validitas, realibilitas, pengujian normalitas, uji-t. Instrumen penelitian adalah tes yang terdiri dari masalah sumber dan masalah target. Hasil pembelajaran analogi melalui SPS diperoleh yaitu 0,90 < 0,05, yang menunjukkan bawah pembelajaran SPS berbasis analogi memiliki dampak pada kemampuan berpikir siswa. Pengaruh dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran analogi ini siswa mampu berfikir lebih kreatif dan memudahkan siswa untuk menemukan konsep yang akan meyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menyarankan agar siswa mampu berpikir secara analogi melalui model SPS pada materi pengukuran luas, sehingga dapat meminimalisir kesalahan konsep pada pengetahuan awal dan dapat mengidentifikasi konsep maupun proses penyelesaian pada masalah sumber untuk membantu menyelesaikan masalah target dengan tepat.
Downloads
References
M. P. Azmi, “analisis pengembangan tes kemampuan analogi matematis pada materi segi empat,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 2, p. 099, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i2.7490.
J. Sofiani, D. Nurjamil, and E. Nurhayati, “kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self- concept,” J. Inov. Pembelajaran Mat. PowerMathEdu, vol. 02, no. 01, pp. 17–30, 2023.
D. Agusantia and D. Juandi, “Kemampuan penalaran analogi matematis di Indonesia: systematic literature review,” Symmetry Pas. J. Res. Math. Learn. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 222–231, 2022, doi: 10.23969/symmetry.v7i2.6436.
G. Dwirahayu, Pendekatan Analogi dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa. 2018.
U. Sak, “selective problem solving (sps): a model for teaching creative problem-solving,” Gift. Educ. Int., vol. 27, no. 3, pp. 349–357, 2011, doi: 10.1177/026142941102700310.
U. Endardini, “Pengaruh model pembelajaran selective problem solving (SPS) terhadap kemampuan higher order thinking skill dan disposisi matematika,” p. 224, 2017.
A. Fauzan, “applying realistic mathematics education (RME) in teaching geometry in indonesian primary schools,” 2002. doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012049.
M. Nurwahid, “analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan permasalahan luas gabungan bangun datar berdasarkan watson’s error category,” J. Educ., vol. 3, no. 4, pp. 308–319, 2021, doi: 10.31004/joe.v3i4.388.
I. Fauzi and A. Arisetyawan, “analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri,” J. Mat. Kreat. Inov., vol. 1, no. 11, pp. 26–35, 2020, doi: 10.36418/jurnalsostech.v2i7.377.
R. Andriani and R. Rasto, “motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 80, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
A. Septian, D. Agustina, and D. Maghfirah, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 10, 2020, doi: 10.33365/jm.v2i2.652.
M. Nainggolan, D. S. Tanjung, and E. J. Simarmata, “pengaruh model pembelajaran savi terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2617–2625, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1235.
E. W. Bagus, I. Isnarto, A. Nur Cahyono, J. Kartini Bawen No, and J. Tengah, “mathematical problem solving ability of vocational school students reviewed from self regulated learning in selective problem solving (SPS) assisted learning management system (LMS) learning,” Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 11, no. 2, pp. 2022–171, 2022.
Z. Arifin, “kriteria instrumen dalam suatu penelitian,” J. Theorems (the Orig. Res. Math., vol. 2, no. 1, pp. 28–36, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta, 2018.
D. I. Rahmawati and R. H. Pala, “kemampuan penalaran analogi dalam pembelajaran matematika,” Euclid, vol. 4, no. 2, pp. 717–725, 2017, doi: 10.33603/e.v4i2.317.
R. H. Kaban, D. Anzelina, R. Sinaga, and P. J. Silaban, “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 102–109, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.574.
E. Evendi, “intervensi model pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan berpikir kreatif mahasiswa,” J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 93–102, 2022, doi: 10.36765/jp3m.v5i2.579.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).