Pengembangan Model Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, dan Assesing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP
Abstract
Perkembangan pendidikan abad 21 pada revolusi 4.0 mengharapkan siswa memiliki keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA di SMP melalui pengembangan model pembelajaran RGOSA. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) tipe 4-D dengan melibatkan 10 siswa kelompok kecil dan 30 siswa kelompok besar di SMP Darussalam Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman RGOSA dikembangkan berdasarkan 4-D, memiliki kategori sangat valid dan meningkatkan nilai berpikir kritis siswa dengan nilai homogenitas pada hasil pretest dan posttest, yaitu uji kelompok kecil sebesar 0.052 > 0.05 dan kelompok besar 0.156 > 0.05. Nilai homogenitas > 0.05 menunjukkan bahwa populasi penyebaran data homogen atau sama.
Downloads
References
Andrian. Y dan Rusman. 2019. Implementasi Pembejalaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 12(1) : 14-23.
Astuti. E. R. P dan M. H. Baysha. 2021. Pelatihan Virtual Model Blended Learning Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Pijar Mandiri Indonesia. 1(4): 113-119.
Ennis, R.H. 1993. Critical Thinking. Theory Into Practice, 3(32):179-186.
Nainggolan, S. D., C. Suriani, dan E. Sianturi. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(3): 174-178.
Rahardhian A. 2022. Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Fisafat. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(2) : 87-94.
Gompi. M., N. Bito, dan D. R. Isa. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3): 3287-3295.
Astutik, S., I.K. Mahardika, Sepeno., Indrawati., dan Sigianto. F. 2020. Development of reqol (real quest outdoor learning) learning model to improve critical thinking skills (criticall thinking skill) in physics education. IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science.1-8.
Karomah. S. A., H. C. Kurniawan, dan N. Sunarmi. 2022. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Mambaul Hisan Ngadikuwih Kediri Dalam Pemecahan Masalah Materi Tekanan Zat. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 4(1): 30-46.
Rhedana, I.W. 2019. Mengembangkan keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1): 2239-2253.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.
Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Thiagarajan S., D. S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University Bloomington
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Indrawati. 2011. Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran.
Jember: Universitas Jember Press.
Nuryanti. L., S. Zubaidah, dan M. Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.
Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 7 (1): 50-62.
Sari. R. A., Wana. P. R., dan Khusniyah. T. W. 2022. Pengaruh Metode Demontrasi Pada Materi perubahan Wujud Benda Tema 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Tambakromo 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 7 (1): 148-156.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).