Pengembangan Model Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, dan Assesing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP

  • Nurmania Irmala Sari Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember
  • Indrawati Indrawati Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember
  • Sri Astutik Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember
Abstract views: 140 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 76
Keywords: Buku, Homogenitas, Valid

Abstract

Perkembangan pendidikan abad 21 pada revolusi 4.0 mengharapkan siswa memiliki keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA di SMP melalui pengembangan model pembelajaran RGOSA. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) tipe 4-D dengan melibatkan 10 siswa kelompok kecil dan 30 siswa kelompok besar di SMP Darussalam Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman RGOSA dikembangkan berdasarkan 4-D, memiliki kategori sangat valid dan meningkatkan nilai berpikir kritis siswa dengan nilai homogenitas pada hasil pretest dan posttest, yaitu uji kelompok kecil sebesar 0.052 > 0.05 dan kelompok besar 0.156 > 0.05. Nilai homogenitas > 0.05 menunjukkan bahwa populasi penyebaran data homogen atau sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian. Y dan Rusman. 2019. Implementasi Pembejalaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 12(1) : 14-23.

Astuti. E. R. P dan M. H. Baysha. 2021. Pelatihan Virtual Model Blended Learning Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Pijar Mandiri Indonesia. 1(4): 113-119.

Ennis, R.H. 1993. Critical Thinking. Theory Into Practice, 3(32):179-186.

Nainggolan, S. D., C. Suriani, dan E. Sianturi. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(3): 174-178.

Rahardhian A. 2022. Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Fisafat. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(2) : 87-94.

Gompi. M., N. Bito, dan D. R. Isa. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3): 3287-3295.

Astutik, S., I.K. Mahardika, Sepeno., Indrawati., dan Sigianto. F. 2020. Development of reqol (real quest outdoor learning) learning model to improve critical thinking skills (criticall thinking skill) in physics education. IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science.1-8.

Karomah. S. A., H. C. Kurniawan, dan N. Sunarmi. 2022. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Mambaul Hisan Ngadikuwih Kediri Dalam Pemecahan Masalah Materi Tekanan Zat. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 4(1): 30-46.

Rhedana, I.W. 2019. Mengembangkan keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1): 2239-2253.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.

Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Thiagarajan S., D. S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University Bloomington

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Indrawati. 2011. Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran.

Jember: Universitas Jember Press.

Nuryanti. L., S. Zubaidah, dan M. Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.

Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 7 (1): 50-62.

Sari. R. A., Wana. P. R., dan Khusniyah. T. W. 2022. Pengaruh Metode Demontrasi Pada Materi perubahan Wujud Benda Tema 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Tambakromo 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 7 (1): 148-156.

PlumX Metrics

Published
2023-08-27
How to Cite
Sari, N. I., Indrawati, I., & Astutik, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, dan Assesing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 246-256. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2850
Section
Articles