Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang
Abstract
Karakter merupakan identitas bagi setiap individu yang terbentuk dari tingkah laku dan kerangka berpikir. Komponen penting yang harus ada pada diri peserta didik adalah pendidikan karakter. Pihak sekolah harus konsisten mendidik karakter peserta didik, sehinggapeserta didik lambat laun terbiasa dengan budaya disekolah yang diterapkan melalui program P5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter berkebinekaan global, gotong royong dan kreatif, semangat kebangsaan berpikir dan bertindak, dan tanggung jawab pada peserta didik melalui program P5. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menentukan fakta dan menggambarkan objek yang diteliti. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada peserta didik SMAN 1 Malangdalam projek P5 batik malangan , yaitu pendidikan karakter yang mengacu pada dimensi profil pelajar pancasila, diantaranya adalah dimensi berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, semangat kebangsaan berpikir dan bertindak, dan tanggung jawab.
Downloads
References
S. Judiani, “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 9, pp. 280–289, 2010.
and S. I. Angga, Angga, Yunus Abidin, “Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1046–1054, 2022.
T. M. Suryaman, M., Widyastuti Purbani, “Kurikulum dalam Perspektif Inovasi Pembelajaran,” J. Kependidikan, vol. 3, no. 1, pp. 165–176, 2020.
Mariati, “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi.,” Semin. Nas. Teknol. Edukasi Sos. Dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 749–761, 2021.
N. Ningsih, “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik,” Didakt. J. Pemikir. Pendidik., vol. 29, no. 1, p. 144, 2023.
D. R. dan A. Hartoyo, “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 2247–2255, 2022.
D. M. Sulistyati, Proyek Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek, 2021.
N. Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru, 2002.
D. N, Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Salemba Jaya, 2007.
& I. H. ( Sufyadi, S., T. Y. Harjatanaya., P. Adiprima., M. R. Satria., A. Andiarti., Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek, 2021.
Diah Ayu Saraswati et al., “Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Mipa, vol. 12, no. 2, pp. 185–191, 2022.
D. dkk Kesuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
T. Penyusun, Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 1. Malang, 2022.
A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, p. 81, 2019.
Elmubarok, Pengantar Pendidikan Berbasis Karakter. Yogyakarta: Adi Karya, 2008.
A. Sudrajat, “Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS,” Disertasi, Sekol. Pascasarjana, Univ. Pendidik. Indones., 2014.
M. Mery, M. Martono, S. Halidjah, and A. Hartoyo, “Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 7840–7849, 2022.
A. M., “Upaya Peningkatan Karakter Gotong Royong melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Warung Saptu,” Fak. Ilmu Tarb. dan Keguruan, Inst. Agama Islam Sahid Bogor, 2018.
S. Sulastri, S. Syahril, N. Adi, and E. Ermita, “Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar,” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 7, no. 3, p. 583, 2022.
U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
A. B. Priyambodo, “Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang Islam Di Kota Pasurua,” Sains Psikol., vol. 6, no. 1, pp. 9–15, 2017.
D. dan Mudjiono., Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
and N. H. A. Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5. 0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, 2022.
M. N. & I. N. Rachmawati, N., A. Marini., “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3613–3625, 2022.
L. Mahliana and I. D. Mustikarini, “Pendidikan Karakter Anak Melalui Seni Batik,” Citizsh. J. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 2, p. 119, 2013.
M. F. Hidayatullah, Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).