Model Mutu Layanan Pendidikan Agama Islam

  • Yusroh El Yasmin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Betty Adinda Wijaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Meliza Putri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lisa Ariani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 407 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 433
Keywords: kualitas; pelanggan; standar; persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan model-model mutu layanan dan implikasinya pada ranah Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan merupakan referensi dari kajian pustaka seperti buku, jurnal penelitian terdahulu dan sumber berita dari internet yang mendukung fokus penelitian ini. Peneliti mencatat semua temuan yang berkaitan dengan fokus penelitian kemudian memadukan berbagai referensi yang diperoleh untuk dianalisis menjadi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat teori model mutu layanan yang dapat diimplikasikan dalam Pendidikan Agama Islam yaitu: a) Technical and Functional Model yaitu dalam pelayanan mutu perlu memperhatikan tiga komponen yaitu mutu teknis, fungsional dan reputasi. b) Servqual Model, yaitu model kualitas pelayanan yang memformat terdapat lima gaps (kesenjangan) yang dapat memengaruhi perusahaan atau instansi tidak mampu memberikan pelayanan yang diharapkan pelanggan, yaitu gap persepsi manajemen, gap persepsi kualitas, gap kinerja pelayanan, gap komunikasi pemasaran, gap dalam pelayanan yang dirasakan. c) Attribute Service Quality Model yaitu suatu layanan yang memiliki “high quality” apabila memenuhi harapan pelanggan secara konsisten. d) Idea Value Model of Service yaitu model mutu layanan yang mengusulkan penggunaan standar ideal persepsi berhadapan langsung dengan pengalaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. N. Farida, “Menilik Kualitas Pendidikan Indonesia Menurut PISA 3 Periode Terakhir,” kumparan sains, 2019. https://kumparan.com/kumparansains/menilik-kualitas-pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir-1sO0SlXNroC/full (accessed Nov. 20, 2022).

N. Martasubrata and S. Suwatno, “Mutu Layanan Akademik Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, p. 138, 2016, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3266.

Nur Latifah Fitriyani, Fajar Nor, and Abdurrahman Auf R., “Model-Model Pendekatan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam,” Turots J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 38–49, 2021, doi: 10.51468/jpi.v3i1.59.

A. Romadhona and A. Haedari, “Manajemen Mutu Layanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Greged Kabupaten Cirebon,” Eduvis, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/reader/323992397

D. Deviana, S. Suyoto, M. Mahjudin, and F. A. Permana, “Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Dengan Model Service Quality,” J. Ris. Entrep., vol. 4, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.30587/jre.v4i1.2281.

R. Hidayat, “Implementasi Sevqual Dalam Meningkatkan Mutu Layanan pada Manajemen Pemasaran Pendidikan,” JIEMAN J. Islam. Educ. Manag., vol. 1, no. 2, 2020.

Wahju Wibowo and Imam Nuryanto, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik dengan Metode Integrasi Servqual dan Diagram Kartesius,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 195–200, 2022, doi: 10.51903/e-bisnis.v15i1.808.

J. S. Albi Anggito, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

M. Sari and Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” Penelit. Kepustakaan (Library Res. dalam Penelit. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 1, p. 43, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

N. Hidayah, “Model Manajamen Mutu terpadu Pelayanan Kesehatan Untuk Pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar,” J. Adm. Publik, vol. 5, no. 1, 2015.

S. Winarsih, “Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah,” Int. Conf. Moslem Soc., vol. 1, p. 59, 2019, doi: 10.24090/icms.2016.2409.

J. Jamaludin, S. Rahayu, S. Sulistiani, H. Prasetyo, and G. Ishak, “Pengenalan Standar Iso Dalam Meningkatkan Kinerja Sdm Pada Yayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Nurul Ihsan,” J. Abdimas Tri Dharma Manaj., vol. 1, no. 2, p. 251, 2020, doi: 10.32493/abmas.v1i2.p42-55.y2020.

A. Nugraha, Lutfi; Yuniar; Harsono, “Pendidikan Bahasa Inggris Menggunakan Metode Service Quality ( Servqual ),” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 03, no. 01, p. 62, 2015.

A. Farida, R. Wahyono, and F. Supanto, “Model Sistem Informasi Manajemen Terpadu Untuk,” JAMP J. Adm. Pendidik., vol. 4, pp. 24–31, 2021, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Jamaluddin, Manajemen Mutu Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan, 1st ed. Jambi: Pusaka Jambi, 2017.

R. Khaliq, “Importance Performence Analysis Dalam Kasus Kepuasan Konsumen Usaha Laundry Restu Khaliq UIN Antasari Banjarmasin,” J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 34, pp. 47–64, 2018.

H. J. Astuti, “Analisis Kepuasan Konsumen (SERVQUAL Model dan Important Performance Analysis Model,” J. Media Ekon., vol. 7, no. 1, p. 22, 2007, [Online]. Available: http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9606

Y. Yulianti, “Gap Analysis Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi,” J. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 2, p. 127, 2017.

PlumX Metrics

Published
2023-01-31
How to Cite
El Yasmin, Y., Wijaya, B. A., Putri, M., & Ariani, L. (2023). Model Mutu Layanan Pendidikan Agama Islam . Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 65-81. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2617