Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 7 Ampenan Kota Mataram
Abstract
Sarana prasarana belajar dalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Keberadaan sarana prasarana diyakini dapat mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN 7 Ampenan, Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif. Sampel yang diteliti sebanyak 78 siswa sekolah dasar. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan model regresi linear sederhana berbantuan aplikasi SPSS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa bahwa nilai signifikansi < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara sarana dan prarasana terhadap motivasi belajar siswa di SDN 7 Ampenan Kota Mataram. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan meningkatkan sarana dan prasarana belajar di sekolah.
Downloads
References
S. N. Jannah and U. T. Sontani, “Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 3, no. 1, p. 210, Jan. 2018, doi: 10.17509/jpm.v3i1.9457.
S. Kartika, H. Husni, and S. Millah, “Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, p. 113, Jun. 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.360.
N. Aisyah, “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Murid SD Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa,” Universitas Muhammadiyah Makasar, 2016.
V. Gopalan, J. A. A. Bakar, A. N. Zulkifli, A. Alwi, and R. C. Mat, “A review of the motivation theories in learning,” in AIP Conference Proceeding, 2017, p. 020043, doi: 10.1063/1.5005376.
J. Condry and J. Chambers, “Intrinsic Motivation and the Process of Learning,” in The Hidden Costs of Reward, Psychology Press, 2015.
J. M. Froiland and F. C. Worrell, “Intrinsic Motivation, Learning Goals, Engagement, And Achievement In A Diverse High School,” Psychol. Sch., vol. 53, no. 3, pp. 321–336, Mar. 2016, doi: 10.1002/pits.21901.
F. Pratama, F. Firman, and N. Neviyarni, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 280–286, Dec. 2019, doi: 10.31004/edukatif.v1i3.63.
A. Sani and G. B. Ilyas, “Analisis Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Amar Sani, Gunawan Bata Ilyas, vol. 4, no. 3, pp. 71–86, 2021, doi: https://doi.org/10.2568/yum.v4i3.973.
S. Sitirahayu and H. Purnomo, “Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 164–168, Jun. 2021, doi: 10.54371/jiip.v4i3.242.
R. Khairunisa, “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Utara,” PENDAS MAHAKAM J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 146–151, May 2020, doi: 10.24903/pm.v4i2.404.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta, 2020.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Abdurrahman, Maman, and Muhidin, Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2007.
D. D. Unaradjan, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Atma Jaya, 2019.
H. Fischer, A History of the Central Limit Theorem. New York, NY: Springer New York, 2011.
R. Rasmuin and F. Fiana, “Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi,” J. Akad. Pendidik. Mat., pp. 124–130, Sep. 2020, doi: 10.55340/japm.v5i2.183.
Khatifah, Arnita, and Hermanto, “Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Quba Kota Sorong,” Al-Fikr J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 114–133, 2021.
S. Sakia, M. Nadir, and M. M. Zulmaizar, “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Ma Nurul Ilmi Panggalo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar,” J. Peqguruang Conf. Ser., vol. 4, no. 2, p. 495, Nov. 2022, doi: 10.35329/jp.v4i2.1094.
D. F. Pambudi and A. Ashari, “Pengaruh Sarana Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Belajar Materi Sistem Injeksi Siswa Kelas XI TBSB SMK YPT Sawunggalih Kutoarjo,” Auto Tech J. Pendidik. Tek. Otomotif Univ. Muhammadiyah Purworejo, vol. 16, no. 2, pp. 134–143, 2021.
D. Mas’udatul H, L. Sri Hariani, and W. Walipah, “Pengaruh pembelajaran online berbasis SPADA, lingkungan, dan sarana prasarana terhadap motivasi belajar,” J. Ris. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 2, pp. 86–95, Oct. 2021, doi: 10.21067/jrpe.v6i2.6161.
R. Miski, “Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Ta’dibi, vol. 4, no. 2, 2015, doi: https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341.
N. Nengsi, “Pengaruh Sarana prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII 9 MTS Negeri 1 Enrekang,” Dialektika, vol. 1, no. 1, pp. 47–58, 2022.
W. B. Sulfemi, “Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor,” J. Ilm. Edutecno, vol. 22, no. 1, pp. 1–19, 2020.
A. Angrainy, H. Fitria, and Y. Fitiani, “Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru,” J. Educ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 154–159, Oct. 2020, doi: 10.37985/joe.v1i2.15.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).