Implementasi Pemikiran Pragmatisme dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS SD
Abstract
Cakupan keilmuan IPS merupakan berkehidupan sosial manusia dalam bermasyarakat. Oleh sebab itu, bermasayarakat menjadi unsur penting dalam cakupan IPS faktor berkehidupan sosial dapat dipelajari dengan mengenali keterikatan sosial, ekonomi, budaya, psikologis, histori, geografi, dan politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi pemikiran pragmatisme dan kontruktivisme dalam pembelajaran IPS SD sehingga tidak hanya dapat mengembangkan kreativirtas dan pengalaman dari guru akan tetapi dapat menciptakan suasana nyaman di kelas. Pengunaan metode dilakukan denganMetode yang digunakan adalah meta-analisis dari sepuluh artikel di jurnal nasional. Artikel tersebut diabstaksi dan dibandingkan hasil kajiannya dengan penelitian ini. Hasil penggabungan dari kedua pemikiran ini terbukti sesuai dan tepat diterapkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS sehingga dalam penerapannya dapat berupa praktik langsung ke lapangan, seperti menciptakan kreativitas, pengalaman dan kenyamanan dalam dalam pembelajaran IPS SD.
Downloads
References
B. Kesowo, Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003, pp. 1–38.
R. M. Gagne and L. J. Briggs, Principles of instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston., 1973.
B. S. Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukaktif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Invatif Progresif. Surabaya: Kencana, 2009.
Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran, 12th ed. Jakarta: Prenadamedia, 2016.
Saidah, “Pemikiran Essensialisme, Eksistensialisme, Perenialisme, dan Pragmatisme dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Jurnal Asas, vol. V, no. 2, pp. 15–28, 2020.
D. Moher, A. Liberati, J. Tetzlaff, and D. G. Altman, “Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement,” International Journal of Surgery, vol. 8, no. 5, pp. 336–341, 2010, doi: 10.1016/j.ijsu.2010.02.007.
B. N. Argaheni, “Sistemik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia,” Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya: PLACENTUM, vol. 8, no. 2, pp. 99–108, 2020.
N. M. Rosyada and H. Retnawati, “Elementary school: A review of evaluation selementary school: A review of evaluations,” in AIP Conference Proceedings, 2022, pp. 1–9.
Yuliani, “Pendidikan Progresif Jhon Dewey,” UIN Syaif Hidayatullah, Jakarta, 2019.
N. Sugrah, “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains,” Humanika, vol. 19, no. 2, pp. 121–138, 2019.
Sapriya, Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, 8th ed. Remaja Rosdakarya, 2017.
A. Muttaqin, “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam,” Dinamika, vol. 1, no. 1, pp. 68–92, 2016.
Sukirno, “Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme,” Seuneubok Lada, vol. 2, no. 1, pp. 21–33, 2015.
P. H. Martorella, Social Studies for Elementary School Children. London: Mav Millan, 1994.
S. Nu’man, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI dan Remaja Rosdakarya, 2001.
D. Kosasih, Membina PIPS / PLS dan PPS Yang Menjawab Tantangan Hari Esok. Bandung: Forum Komunikasi FPIPS / IPS Indonesia, 1993.
N. Asmarani, “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar,” Bahana Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 503–831, 2014, doi: https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3791.
R. Gunawan, Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta, 2021.
M. Febriani, “IPS dalam Pendekatan Kontruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi),” Aksara, vol. 7, no. 1, pp. 61–55, 2021.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.
Ernawati, N. Hairunisya, and Manab. Abdul, “Strategi Implementasi Kurikulum Darurat IPS Era Kenormalan Baru SMP Negeri Kabupaten Blitar,” Kontrutivisme, vol. 14, no. 2, pp. 117–124, 2022, doi: DOI: 10.35457/konstruk.v14i2.2079.
E. Mulyasa, Kurikulum berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Impelementasi, dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
S. I. Telaumbanua and M. Siahaan, “Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme bagi Pembelajaran PAK Anak Usia 8 sampai 10 Tahun dengan Menggunakan Media Online ,” Dinamika Pendidikan, vol. 15, no. 2, pp. 90–100, 2022, doi: DOI: 10.51212/jdp.v15i2.108.
V. E. Anggis, “Teknik Penyusunan Modul Materi Sistem Eksresi dengan Model Problem Based Learning Biologi SMA,” Kontruktivisme, vol. 9, no. 2, pp. 210–216, 2017.
Anggraini, F. Surya, and Erfandi, “IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI ERA NEW NORMAL DAN PARADIGMA KONSTRUKTIVISME,” in International Conference on Islamic and Social Education Interdisciplinary , 2020, pp. 278–292.
D. V. Ertanti, “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 19 Kota Jambi,” Universitas Jambi, Jambi, 2020.
A. Haerullah and S. Hasan, Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Lintas Nalar, 2017.
Safrina, “Aliran Prgamatisme dan Implikasinya dalam Pengembangan Kurikulum 2013,” in Pengembangan Kurikulum, Aceh: FTK Ar-Raniry Press, 2016, pp. 1–160.
S. Wiranata, Satria Ricky; Maragustam; Abrori, “Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam,” TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, pp. 110–133, 2021, doi: DOI: 10.21274/taalum.2021.9.1.110-133.
Rosnaeni, Sukiman, A. Muzayanati, and Y. Pratiwi, “Model-Model Pengembangan Kurikulum di Sekolah,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 467–473, 2022.
R. Retnaningsih, “E-Learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19,” Taman Vokasi, vol. 8, no. 1, p. 28, 2020, doi: 10.30738/jtv.v8i1.7751.
Q. A’yun, “Internalisasi Nilai Karakter Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah di MAN Purwokerto 2,” IAIN Purwokerto, Purwokerto, 2017.
D. Salirawati, “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah,” Jurnal Sains dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 1, pp. 17–27, 2021.
M. Kamil, Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta, 2012.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).