Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Group Investigation pada Materi Lingkaran Sekolah Dasar

  • Firman Cahyadi SD Negeri 3 Kauman
  • Nur Widyawati UPT SD Negeri Modangan 01
  • Rahadian Sofianto SDN Sambi 1
  • Azizatus Zahro Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Abstract views: 345 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 257
Keywords: Pembelajaran, Kooperatif, Kelompok.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Kauman Tulungagung dengan melibatkan 15 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik deskriptif komparatif yaitu membandingkan ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dilihat dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari pre-test sebesar 48,67%, pada siklus I meningkat menjadi 67,17% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,67%. Model group investigation dapat meningkatkan kemampuan kritis peserta didik pada materi lingkaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wagner, T. (2010). The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don’t Teach the New Survival Skills Our Children Need-And What We Can Do about It. ReadHowYouWant.com, Limited. https://books.google.co.id/books?id=mqlZleSjOzEC

Sulistyo, L., & Dwidayati, N. K. (2019). Literasi Matematika Indonesia Perlu Bercermin Literasi Matematika Cina: Tinjauan Literatur. PRISMA, 4, 282–288. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Lestari, F., Agustiany, D. P., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(2), 2581–0480.

Irawan, T. A., Sentot, B. R., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. 232–236.

Azizah, M., Sulianto, J., Cintang, N., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 35).

Sulistio, A., Pd, M. I., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Marlisa, S., & Jailani, J. (2023). Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis, Kolaborasi Dan Berpikir Kritis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2264. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6005.

Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61–72.

Supriyanto, I., & Mawardi, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558–564. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.394.

Eviyanti, C. Y., Rista, L., Hadijah, S., & Andriani, A. (2021). The Implementation of Group Investigation Learning Model Through Domino Mathematics Media on the Rank Number and Root Form Materials. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 28. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3118.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media.

Farida, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Mikro Media Teknologi.

Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin, A. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814

Mushoddik, Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik MAN 6 Jakarta (Vol. 5, Issue 2).

Eviyanti, Y.C., Rista, L., & Hadijah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Melalui Media Domino Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 999–1010.

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Peserta didik? Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905.

Agustiana, J., & Miterianifa. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Koloid. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91–98. https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi1i.80.

PlumX Metrics

Published
2024-02-02
How to Cite
Cahyadi, F., Widyawati, N., Sofianto, R., Zahro, A., & Anggraini, A. E. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Group Investigation pada Materi Lingkaran Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 201-207. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.2581