Reintegrasi Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pesantren (Studi Mengenai Pesantren Satu Atap)
Abstract
Tujuan penelitian difokuskan pada bagaimana proses reintegrasi lembaga pembelajaran Madrasah serta Pesantren terkhusus pada bidang kurikulum, akses pembelajaran yang berkembang di sekolah dan melibatkan adanya layanan dan yang mudah terjangkau, pertumbuhan peserta didik hingga tata kelola madrasah, tulisan ini adalah hasil menjadi suatu riset evaluatif tentang penyelenggaran Pesantren satu atap dan, permasalahan pada Madrasah serta Pesantren. Metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan library research adalah metode yang dipakai untuk melakukan riset ini. Hasil penelitian merumuskan kalau bahwasanya kurikulum integrasi Madrasah serta pesantren telah terkorelasi dengan baik, setelah itu fasilitas utama madrasah telah ada dan cukup memadai, namun fasilitas pembelajaran yang tidak sepenuhnya memadai. Pengelolaan madrasahnya sudah memenuhi standar sekolah dan pendidik sesuai standar kualifikasi akademik dan kompetensi.tidak hanya sekolahnya namun juga dengan pendidiknya dengan melihat dari standar kualifikasi akademik dan kompetensi. Perencanaan program kegiatan, skala prioritas dan juga rancangan kegiatan dalam jangka 5 tahunan sudah dimiliki madrasah yang memiliki segi manajemen terstruktur dan penyelenggaraan sarana program kegiatan sudah memiliki rancangan yang terstruktur serta dengan penjelasan, penilaian kegiatan telah terjadwal dengan baik. Untuk penjaminan keterbukaan serta keikutsertaan warga, kegiatan-kegiatan itu telah disusun sedemikian rupa untuk mengaitkan faktor pihak yang memiliki kepentingan atau disebut stakeholder.
Downloads
References
W. Nugroho, “Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Keberagamaan Remaja,” MUDARRISA J. Kaji. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 89–116, 2016, doi: 10.18326/mdr.v8i1.89-116.
M. Muclis Sholichin, “Modernisasi Pendidikan Pesantren,” Tadris, vol. 06, no. 1.
M. Munawiroh, “Evaluasi Penyelenggaran Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTS-SA) Sabilul Muttaqien Pamekasan Jawa Timur,” EDUKASI J. Penelit. Pendidik. Agama dan Keagamaan, vol. 11, no. 3, pp. 368–375, 2013, doi: 10.32729/edukasi.v11i3.420.
U. Fakhruddin, E. Bahrudin, and E. Mujahidin, “Konsep Integrasi dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Pesantren,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, p. 214, 2018, doi: 10.32832/tadibuna.v7i2.1394.
S. M. Munjiat, “Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Madrasah Pada Pondok Pesantren Manba’Ul ’Ulum Sindangmekar Dukupuntang Cirebon,” Al-Tarbawi Al-Haditsah J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 142–162, 2017, doi: 10.24235/tarbawi.v2i2.2065.
K. Kusnandi, “Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan,” J. Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 279–297, 2017, doi: 10.24090/jk.v5i2.2138.
Z. A. Ni’mah, “Formulasi Model Pengembangan Pendidikan Islam: Kajian Integrasi Madrasah, Sekolah dan Perguruan Tinggi dengan Pesantren,” Didakt. Relig., vol. 4, no. 1, pp. 209–240, 2016, doi: 10.30762/didaktika.v4.i1.p209-240.2016.
P. Saeful Rahmad, Penelitian Kualitatitf. Jakarta: Equilibrium, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2018.
N. A. Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras, 2012.
I. E.-S. Amin Haedari, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
D. Perawironegoro, “Manajemen Asrama di Pesantren,” Tadbir J. Stud. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 129, 2019, doi: 10.29240/jsmp.v3i2.944.
A. Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2011.
A. Maghfuri and R. Rasmuin, “Dinamika Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren Pada Abad Ke-20 (Analisis Historis Implementasi Kurikulum Madrasah),” Tadbir J. Stud. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.29240/jsmp.v3i1.794.
M. Nurcholiq, “Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah,” J. Piwulang, vol. I, no. 2, pp. 208–222, 2019, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=K8NoDwAAQBAJ.
R. Abawahida, Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
S. Masyud, Manajeman Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2003.
A. Ali, N. Ahmad EQ , and A. Suhartini, “Manajemen Kurikulum Terpadudi Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor,” J. Dirosah Islam., vol. 4, no. 1, pp. 59–77, 2021, doi: 10.47467/jdi.v4i1.677.
A. Aly, Pendidikan Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
M. Alam and F. Maulana, “Manajemen Kurikulum Pesantren Salaf Darul Falah ‘Amtsilati’ Jepara,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 02, pp. 199–220, 2021, doi: 10.37542/iq.v4i02.244.
M. Saihu, “Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang,” Al Amin J. Kaji. Ilmu dan Budaya Islam, vol. 5, no. 1, pp. 79–89, 2022.
Lucia Maduningtias, “Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 5, no. 4, pp. 323–331, 2022, doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.378.
M. Rouf, “Manajemen Kurikulum Integratif Madrasah - Pesantren,” Al-Hikmah; J. Stud. Keislam., vol. 6, no. September, pp. 1–21, 2016.
I. Ilham, “SINERGISITAS PENDIDIKAN ISLAM: Model Sinergisitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia,” TAJDID J. Pemikir. Keislam. dan Kemanus., vol. 3, no. 2, pp. 236–258, 2019, doi: 10.52266/tadjid.v3i2.298.
U. Husaini, Manajemen: Teori, Praktek & Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).