Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Chart Display and Information System Menggunakan Software Visual Basic 6
Abstract
Kegiatan pembelajaran untuk pelajaran tentang Navigasi selama pandemi Covid-19 mengalami kendala. Sebesar 85 persen responden Taruna Politeknik Maritim Negeri Indonesia mengalami kesulitan pada pembelajaran menggunakan aplikasi zoom meeting dikarenakan materi yang disampaikan kurang maksimal. Permasalahan tersebut kami menetapkan tujuan dari penelitian ini untuk membuat media pembelajaran dengan mengembangkan simulasi Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) menggunakan software visual basic 6. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan ADDIE dengan melalui beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implement dan evaluation. Perancangan modul software ini terdiri atas 42 slide teori dengan ditambahkan input suara diberi timer masing-masing 30 detik, 1 slide berisi video tutorial dan 1 slide praktikum. 90 persen responden Taruna Politeknik Maritim Negeri Indonesia untuk materi tentang Navigasi menyatakan terbantu dengan media pembelajaran ECDIS yang dikembangkan. Manfaat yang didapatkan adalah materi tersampaikan dengan jelas tanpa adanya gangguan sinyal internet serta tidak membutuhkan kuota internet terlalu besar. Software ini akan ditambahkan dengan proses evaluasi 50 soal pilihan ganda pada penelitian selanjutnya.
Downloads
References
. H. Halijah, A. Khaerah, and A. Y. Ulfa, ―Efektivitas Pembelajaran Daring Zoom, Google Classroom, Whatsapp Selama Pandemik di Universitas Muhammadiyah Bulukumba,‖ Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 10, no. 2, pp. 152-164, 2021.
. J. B. Hutauruk, ―Kendala Pembelajaran daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif,‖ Sepren, vol. 2, no. 1, pp. 45-51, 2020.
. N. D. Fajrin and S. Wulandari, ―Kendala Dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Se-Pulau Madura,‖ Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 6, no. 4, pp. 874-889, 2021.
. M.Sholichin, Z. Zulyusri, L. Lufri, and A. Razak, ―Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir,‖ BIODIK, vol. 7, no. 2, pp. 163–168, 2020.
. D. Rosmayanti and L. S. Zanthy, ―Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel,‖ JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 2, no. 6, p. 401, 2019.
. H.M. Sari. Nst, Y. Yahfizham, and S. Maysarah, ―Pengembangan Media Pembelajaran VBA (Visual Basic Application) for Powerpoint Pada Materi Segi empat di kelas VII Mts lab Ikip Umn al-Washliyah,‖ AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, vol. 9, no. 2, p. 145, 2020.
. A. Isroqmi. ―Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Visual Basic Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan‖. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang, 2021, pp. 87-95.
. Jhonson and H. Tambunan, ―Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic Dan Smoothboard Pada Matematika, ‖Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, ‖ vol. 1, no. 1, pp. 98-109, 2015.
. Purba, F. Novandi, and A. Arleny, ―Pengembangan Simulator Untuk Menentukan Jarak Tempuh Dan Arah Haluan Kapal Berbasis Peta Digital web,‖ Warta Penelitian Perhubungan, vol. 29, no. 2, pp. 159–164, 2018.
. H. B. Santoso and Noviarianto, ―Meningkatkan Kompetensi Navigasi Mahasiswa Politeknik Maritim Negeri Indonesia Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Chart And Display Information System (ECDIS) Simulator, ‖ Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, vol. 21, no. 2, p. 172, 2021.
. Sutini and I. Mahendro, "Pengenalan Teknologi Navigasi Melalui Pembelajaran Sistem Navigasi Elektronik Untuk Pemahaman Taruna,‖ Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, no. 1, 2018.
. C. F. B. Hartanto, ―Pemanfaatan Simulator dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bernavigasi Taruna Akademi Pelayaran Niaga Indonesia,‖ JMP Online, vol. 2, no. 4, pp. 404-415, 2018.
. J. S. Nanang, and R. Dwi Kurniawan, "Optimalisasi Pemanfaatan Full Mission Ship Handling Simulator dalam Meningkatkan Kompetensi Bernavigasi Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Barombong,‖ Majalah Ilmiah Gema Maritim, vol. 21, no. 2, pp. 79- 85, 2019.
. H. Handayani, Yetri, F. G. Putra. ―Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia flash,‖ Jurnal Tatsqif, vol. 16, no. 2, pp. 186-203, 2018.
. A. Rakhman Suharso, Purwanto, A. Putra Jaya, and A. Andhra Bustama, ―Rancang Bangun Media Pembelajaran Simulasi Generator Listrik Kapal Berbasis Software Visual Basic Untuk Pembelajaran Mahasiswa,‖ Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, vol. 8, no. 1, pp. 38-49, Feb. 2022.
. C. M. Hermawan, M. Shohibul Anwar, and E. Junius, ―Peningkatan Pemahaman para Mualim Terhadap Penggunaan ECDIS Guna Menunjang Keselamatan Pelayaran,‖ Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, vol. 2, no. 1, pp. 36–42, 2020.
. I. Amalsyah, W. Ada, ―Optimalisasi Penggunaan Electronic Chart Display And Information System (ECDIS) Sebagai Penunjang Keselamatan Pelayaran Di MT. GLOBAL M,‖ Jurnal Karya Ilmiah Taruna Andromeda, vol. 4, no. 1, pp. 149-162, 2020.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).