Persepsi Mahasiswa Pengguna Website Teori Belajar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap pengembangan media pembelajaran materi teori belajar berupa website. Penelitian ini melibatkan 10 orang pengguna website teori belajar. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna pada website “Teori Belajar” menunjukkan persepsi yang positif. Website cukup mudah diakses, warna dan font yang menarik, serta materi yang ringkas menarik pengguna untuk menggunakan website “Teori Belajar”.
Downloads
References
Budiyono, “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 300–309, Jul. 2020, doi: 10.33394/JK.V6I2.2475.
A. Mardhiah and S. A. Akbar, “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 16 BANDA ACEH,” Lantanida Journal, vol. 6, no. 1, pp. 49–58, Jul. 2018, doi: 10.22373/LJ.V6I1.3173.
W. N. Putri, “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah,” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, Jul. 2017, doi: 10.18326/LISANIA.V1I1.1-16.
R. Setyaningsih and H. E. Atmaja, “Pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi universitas tidar di masa pandemi covid-19,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 6, no. 2, pp. 191–203, Nov. 2021, doi: 10.17509/JPM.V6I2.40849.
P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi ,” Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. 3, no. 1, 2018, Accessed: Jun. 07, 2022. [Online]. Available: https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306
L. Amalia, S. Doriza, and T. Tarma, “The Learning Media Development in the Family for the Prevention of Drug Abuse in Children Aged 9–13 Years Old,” Bussiness, Management, Accounting, Taxation, and Economics Studies (BMATES), p. 383, 2016, Accessed: Jun. 07, 2022. [Online]. Available: https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/2782/6019
A. Faiz and F. Faridah, “PROGRAM GURU PENGGERAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR,” Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 14, no. 1, pp. 82–88, Jan. 2022, doi: 10.35457/KONSTRUK.V14I1.1876.
A. B. Yusuf, B. Kusumawardhana, and B. Kusuma, “Persepsi Siswa SMK Islamiyah Adiwerna Terhadap Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Penjas,” JURNAL SPIRIT EDUKASIA, vol. 1, no. 1, pp. 101–107, Nov. 2021, Accessed: Sep. 01, 2023. [Online]. Available: https://journal.upgris.ac.id/index.php/spiritedukasia/article/view/8661
R. K. Sari and N. Harjono, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 122–130, Apr. 2021, doi: 10.23887/JP2.V4I1.33356.
I. N. Halimah and F. Indriani, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Abad 21 bagi Siswa Sekolah Dasar,” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, vol. 30, no. 2, pp. 159–170, Nov. 2021, doi: 10.17977/UM009V30I22021P159.
D. N. Rachmawati, I. Kurnia, and A. Laila, “Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Karakteristik Geografis Indonesia di Sekolah Dasar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), vol. 11, no. 1, pp. 106–121, Apr. 2023, doi: 10.22219/JP2SD.V11I1.22316.
D. Oktavia, R. Wardani, and T. Muis, “MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII-I SMPN 1 TAMAN SIDOARJO,” HELPER : Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 38, no. 2, pp. 42–48, Sep. 2021, doi: 10.36456/HELPER.VOL38.NO2.A3586.
U. Hasanah, S. Doriza, and R. Rahmadhani, “The implication of Android-based mobile learning on housekeeping subject,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 1098, no. 2, p. 022100, Mar. 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1098/2/022100.
D. Alyahya and R. Nasser, “Message design: Color impact and its effectiveness on designing instructional infographic,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 18, no. 2, pp. 43–64, Feb. 2019, doi: 10.26803/IJLTER.18.2.4.
J. Zhou, X. Miao, F. He, and Y. Miao, “Effects of Font Style and Font Color in News on User Cognitive Load in Intelligent User Interfaces,” IEEE Access, vol. 10, pp. 10719–10730, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3151915.
S. Doriza, A. Sunawar, and A. Muhidin, “Inovasi Pembelajaran Ekonomi Keluarga Berbasis Website Di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,” Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, vol. 1, no. 0, Jan. 2018, doi: 10.20961/UVD.V1I0.6846.
S. M. Hindayati and D. Mayasari, “EFEKTIFITAS METODE REINFORCEMENT GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMKS AL KAAFFAH KEPANJEN,” HELPER : Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 36, no. 1, pp. 1–6, Mar. 2019, doi: 10.36456/HELPER.VOL36.NO1.A2816.
P. Peprizal and N. Syah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 3, pp. 455–467, Sep. 2020, doi: 10.23887/JIPP.V4I3.28217.
D. Setyadi and D. A. Qohar, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret,” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2017, doi: 10.15294/KREANO.V8I1.5964.
Z. Zaenullah, E. Yuniarto, and K. Efendiy, “PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID–19 DI FKIP UNIVERSITAS WISNUWARDHANA MALANG,” Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 14, no. 1, pp. 89–98, Feb. 2022, doi: 10.35457/KONSTRUK.V14I1.1933.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).