Analisis Kemampuan Guru dalam Penggunaaan Teknologi untuk Pembelajaran di SMK

  • Muhammad Muliya Al-Amien Universitas Ahmad Dahlan
  • Enung Hasanah Universitas Ahmad Dahlan
Abstract views: 256 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 374
Keywords: proses pembelajaran; kemampuan guru; penggunaan teknologi

Abstract

Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan di era teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis secara lengkap tentang kemampuan guru dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran di SMK Muhammadiyah Imogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 95,1% guru pernah memanfaatkan teknologi saat melukakan pengajaran, 2) 71,1%   rata-rata guru sudah mengunakan LCD proyektor saat pengajaran dikelas, 3) 95,2% para guru pernah memanfaatkan gadget berupa laptop, komputer, atau smartphone di saat proses pembelajaran, 4) 86,7% guru telah memanfaatkan softwareatau aplikasi saat mengajar di kelas baik secara daring maupun luring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Hasanah and S. Supardi, “Effect of work environment and salary on private school teachers in Indonesia,” Utop. y Prax. Latinoam., vol. 25, no. Extra 6, 2020, doi: 10.5281/zenodo.3987643.

E. Hasanah, “Best practice penjaminan mutu lulusan berbasis iasp 2020 di sekolah menengah kejuruan,” JAMP J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 178–186, 2021.

A. Dudung, “Kompetensi Profesional Guru,” JKKP (Jurnal Kesejaht. Kel. dan Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 9–19, 2018, doi: 10.21009/jkkp.051.02.

E. Hasanah, S. Suyatno, T. Tugino, and S. Ali, “Work Satisfaction Level of Private School Teachers in Yogyakarta Indonesia,” Randwick Int. Soc. Sci. J., 2020, doi: 10.47175/rissj.v1i3.107.

A. Supandi, S. Sahrazad, A. N. Wibowo, and S. Widiyarto, “Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0,” Semin. Nas. Bhs. dan Sastra Indones. (Prosiding SAMASTA), pp. 1–6, 2019.

S. K. Berke and R. M. Clark, “Student-led field studies of herbivory: Hands-on experiences for remote (or in-person) learning,” Invertebr. Biol., vol. 140, no. 1, 2021, doi: 10.1111/ivb.12320.

F. Setyo, “Analisis Kemampuan Guru SD Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Elem. Sch. Educ. J., vol. 1, pp. 11–25, 2017.

S. Z. Adz Dzaky, B. Badarudin, and A. H. Muslim, “Analisis Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 2 Purbalingga Lor,” Sch. Educ. J. Pgsd Fip Unimed, vol. 10, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.24114/sejpgsd.v10i1.18036.

J. Suyamto, M. Masykuri, and S. Sarwanto, “Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 1, p. 46, 2020, doi: 10.20961/inkuiri.v9i1.41381.

A. L. Rodrigues, L. Cerdeira, M. de L. Machado-Taylor, and H. Alves, “Technological skills in higher education—different needs and different uses,” Educ. Sci., vol. 11, no. 7, 2021, doi: 10.3390/educsci11070326.

T. D. Matthews and K. T. Kostelis, “Quantitative Research Designs,” in Designing and Conducting Research in Health and Human Performance, 2019.

E. Ersanilli, J. Carling, and H. de Haas, “Methodology for quantitative data collection.,” EUMAGINE Proj. Pap. 6A., 2011.

R. Watson, “Quantitative research,” Nurs. Stand., vol. 29, no. 31, 2015, doi: 10.7748/ns.29.31.44.e8681.

M. Ally, “Competency profile of the digital and online teacher in future education,” Int. Rev. Res. Open Distance Learn., vol. 20, no. 2, 2019, doi: 10.19173/irrodl.v20i2.4206.

albert efendi Pohan, Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung, 2020.

G. Pascarella et al., “COVID-19 diagnosis and management: a comprehensive review,” Journal of Internal Medicine, vol. 288, no. 2. 2020, doi: 10.1111/joim.13091.

M. J. Sá and S. Serpa, “COVID-19 and the promotion of digital competences in education,” Univers. J. Educ. Res., vol. 8, no. 10, 2020, doi: 10.13189/ujer.2020.081020.

T. K. F. Chiu, “Student engagement in K-12 online learning amid COVID-19: A qualitative approach from a self-determination theory perspective,” Interact. Learn. Environ., 2021, doi: 10.1080/10494820.2021.1926289.

PlumX Metrics

Published
2023-02-09
How to Cite
Al-Amien , M. M., & Hasanah, E. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Penggunaaan Teknologi untuk Pembelajaran di SMK. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128-135. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2164