IMPLEMENTATION OF LEARNING VECTOR QUANTIZATION METHOD TOWARDS LEVEL DETERMINATION IN EDUCATION GAME SANG SANTRI
Abstract
Game edukasi lebih menarik jika diberi sebuah kecerdasan buatan. Salah satu algoritma kecedasasan buatan yang dapat diterapkan pada game ini adalah Learning Vector Quantization (LVQ). LVQ merupakan algoritma cerdas yang dapat diimplementasikan pada game karena LVQ dapat menghasilkan klasifikasi yang sesuai dengan yang diinginkan. Pada penelitian ini, penulis membuat game edukasi pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan algoritma LVQ. Algoritma ini digunakan untuk menentukan level bermain seorang pemain ketika memainkan permainan ini. Hal ini dilakukan agar seorang pemain dapat menyelesaikan permainan berdasarkan kemampuannya dalam bermain. Algoritma ini diterapkan pada game berdasarkan dari nilai Skill Point dan Health Point. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma LVQ dapat diterapkan dalam game pembelajaran kosakata Bahasa Arab untuk menentukan level permainan seorang pemain. Hasil pengujian menunjukkan nilai akurasi sebesar 80% dengan 12 data akurat dari 15 data uji coba. Berdasarkan hasil tersebut, algoritma LVQ dapat diterapkan dengan baik pada game Sang Santri.
Downloads
References
S. Karim, “Perubahan Perilaku Non-Player Character (NPC) pada Game Arabic Hunter menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Perceptron,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2017, doi: 10.26594/register.v3i1.622.
P. W. Atmaja, D. O. Siahaan, and I. Kuswardayan, “Game Design Document Format For Video Games With Passive Dynamic Difficulty Adjustment,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 02, no. 02, p. 86, 2016, doi: 10.26594/r.v2i2.551.
A. D. Dongare, R. R. Kharde, and A. D. Kachare, “Introduction to Artificial Neural Network ( ANN ) Methods,” Int. J. Eng. Innov. Technol., vol. 02, no. 01, pp. 189–194, 2012, [Online]. Available: https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1082.1323&rep=rep1&type=pdf.
M. S. Syarif, “Penerapan Algoritma Backprogation Untuk Menentukan Level Bonus Dan Score Bonus Pada Game Edukasi Nahwu Menggunakan Kartu Berbasis Android,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
W. Muhammad, C. Perdana, and A. Qoiriah, “Game Edukatif Simulasi Pembuatan SIM Menggunakan Neural Network Backpropagation Sebagai Rekomendasi Penentu Kelulusan,” JINACS J. Informatics Comput. Sci., vol. 01, no. 04, pp. 217–227, 2020.
R. H. Wijaya, “Penentuan Genre Game Berdasarkan Kepribadian menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Perceptron,” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2019.
S. Kusumadewi, Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
R. Hamidi, M. T. Furqon, and B. Rahayudi, “Implementasi Learning Vector Quantization ( LVQ ) untuk Klasifikasi Kualitas Air Sungai,” J-Ptiik, vol. 1, no. 12, pp. 1758–1763, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/635.
S. Tomia, Z. A. Leleury, and S. N. Aulele, “Perbandingan Metode Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Dan Learning Vector Quantization Dalam Deteksi Hama Pengerek Batang,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 11, no. 1, pp. 13–26, 2017, doi: 10.30598/barekengvol11iss1pp13-26.
K. T. Martono, “Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker,” J. Sist. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2015.
Copyright (c) 2022 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License