SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat)

  • Udkhiati Mawaddah
  • Muchtar Fauzi
Abstract views: 6593 , PDF downloads: 10249
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Runut Maju, Dosis Obat, Diagnosis Penyakit Anak.

Abstract

Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah perancangan dan pembuatan sistem
pendukung keputusan dengan metode forward chaining. Penelitian dalam skripsi ini
menggunakan subjek penyakit anak dan dosis obat anak karena penentuan jenis penyakit dan dosis obat pada anak yang dilakukan sebelumnya masih ditentukan oleh dokter sendiri.Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini adalah forward chaining untuk menentukan jenis penyakit pada pasien, di mana sistem digerakkan oleh fakta-fakta yang ada. Fakta tersebut diperoleh dari kondisi fisik pasien, atau disebut dengan gejala. Dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini diperlukan penggalian data yang bersumber pada pakar, dalam hal ini adalah dokter. Proses pengujian sistem pendukung keputusan ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil kuisioner, sistem pendukung keputusan ini memiliki prosentase kemudahan program untuk digunakan oleh pengguna adalah sebesar 48,8%. Selain itu kesesuaian program ini juga mendapatkan prosentase yang besar juga.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-05-31
How to Cite
[1]
U. Mawaddah and M. Fauzi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat)”, antivirus, vol. 12, no. 1, May 2018.
Section
Articles