SISTEM INFORMASI KANTIN ELEKTRONIK (E-CANTEEN) POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT BERBASIS WEB MOBILE

  • Siti Purnama Siti Purnama
  • Khairul Anwar Hafizd Politeknik Negeri Tanah laut
  • Rabini Sayyidati Politeknik Negeri Tanah laut
Abstract views: 14 , PDF downloads: 7

Abstract

Kantin Politeknik Negeri Tanah Laut memang sudah memiliki prasarana yang memadai seperti fasilitas tempat duduk dan meja yang sudah disediakan, kantin ini adalah fasilitas yang diberikan Negera kepada Politeknik Negeri Tanah Laut sebagai salah satu penunjang aktivitas di kampus, kantin ini sendiri bukan hak milik pribadi anggota kantin yang mana setiap anggota kantin (penjual) melakukan penyewaan kantin dan setiap pembayaran sewa kantin dilakukan pertahun yang diserahkan kepada pengelola kantin yaitu koperasi yang ada di Politeknik Negeri Tanah Laut. Selain dalam hal penyewaan, dalam segi pemesanan makanan atau minuman masih belum efektif yaitu pada sistem yang berjalan masih manual, pembeli datang kekantin dan memesan makanan atau minuman, kendala dari sistem yang berjalan di kantin Politeknik Negeri Tanah Laut ini terkadang dalam pemesanan bisa memakan waktu yang lama dikarenakan penjual tidak ingat akan pesanan pembeli dan kantin penuh akan pembeli. Penelitian ini menggunakan Metode Waterfall sebagai metode pengembangan sistem dan Data Flow Diagram (DFD) sebagai perancangan model sistem. Sistem informasi ini dibangun menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman sistem. Hasil akhir dari sistem informasi ini mempunyai beberapa fitur diantaranya ketika masyarakat umum ingin bergabung menjadi anggota kantin dan melakukan penyewaan maka ada menu daftar anggota kantin, melihat daftar menu yang disedikan oleh anggota kantin, menampilkan harga menu, detail menu, menu proses checkout pesanan. Saran hendaknya sistem informasi kantin elektronik ini dapat diterapkan di Politeknik Negeri Tanah Laut

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. A. Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Bersaing, Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2007.

R. Asokawati, "Gambaran Higiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan dan Keberadaan Bakteri Escherichia coli pada Peralatan Makan di Lingkungan Kantin Universitas Sumatera Utara Tahun 2015," Universitas Sumatera Utara, 2015.

Kusrini, Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data, Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2007.

A. Munif, Basis Data Untuk SMK/MAK Kelas XI Semester 1, Malang: Buku Sekolah Elektronik (BSE), 2014.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorintasi Objek, Revisi ed., Bandung: Informatika, 2019.

M. M. Ranatarisza and M. A. Noor, Sistem Informasi Akuntansi Pada Aplikasi Administrasi Bisnis, Malang: UB Press, 2013.

R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

A. Solichin, "MySQL 5 : Dari Pemula Hingga Mahir," Achmatim.net, Jakarta, 2010.

Jubilee Enterprise, Pemrograman Boostrap Untuk Pemula, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Anhar, Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak, Jakarta Selatan: mediakita, 2010.

Published
2020-08-31
How to Cite
Siti Purnama, Hafizd, K. A., & Sayyidati, R. (2020). SISTEM INFORMASI KANTIN ELEKTRONIK (E-CANTEEN) POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT BERBASIS WEB MOBILE . Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(2), 63-75. https://doi.org/10.35457/antivirus.v14i1.1124